Insider

Tips Sukses Berbisnis dari Andanu Prasetyo Founder Kopi Tuku

 

Loading...

Dari Andanu Prasetyo Founder Kopi Tuku – Bagaimana cara mengelola bisnis agar dapat berkembang pesat? Anda perlu belajar dari Andanu Prasetyo, founder Kopi Tuku yang populer. Simak kiat-kiat sukses dalam berbisnis ala Andanu Prasetyo dalam artikel berikut ini.

Kopi Tuku: Pionir es kopi kekinian yang pernah dicicipi Presiden Jokowi

Penikmat minuman kopi dahulu mungkin tidak seramai sekarang. Tidak banyak orang yang bisa menikmati kopi, apalagi minuman olahan kopi belum terlalu beragam seperti sekarang ini.

Beberapa tahun terakhir, minuman kopi kekinian menjadi salah satu tren bisnis kuliner terbesar. Kopi yang terkenal pahit kini banyak diracik menjadi es kopi dengan rasa yang creamy dan manis.

Bisnis kopi pun menjamur. Kita bisa mengamati sekitar, banyak sekali bisnis kopi bertebaran. Mulai dari gerai kecil hingga cafe, es kopi begitu dinikmati oleh berbagai kalangan.

Konon, pionir dari tren es kopi kekinian tersebut adalah Kopi Tuku. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, pasti mengenal kedai kopi yang satu ini. Kedai Kopi Tuku tersohor akan racikan kopinya yang khas.

Banyak orang yang menyukai cita rasa khas racikan Kopi Tuku. Bahkan, Presiden Jokowi pun pernah berkunjung untuk bisa langsung mencicipi minuman Kopi Tuku, lho.

Inspirasi yang bisa didapat dari Andanu Prasetyo founder Kopi Tuku

Adalah Andanu Prasetyo, figur di balik kesuksesan kedai Kopi Tuku. Pria yang biasa dipanggil Tyo ini telah mendirikan Kopi Tuku pada tahun 2015. Setiap harinya, masing-masing gerai Kopi Tuku bisa memproduksi minuman kopi hingga 1000 gelas! Eksistensi Kopi Tuku pun masih bertahan hingga sekarang. Kopi Tuku selalu dicari oleh banyak orang.

Tentunya, diperlukan strategi cermat untuk dapat mengelola bisnis hingga berkembang baik. Lantas, seperti apakah kiat-kiat sukses dalam berbisnis ala sang founder?

1. Cermat dalam memberdayakan potensi di sekitar

Sebagai pebisnis, kita harus jeli dalam melihat berbagai peluang dan potensi yang dapat dikembangkan. Hal tersebut yang persis dilakukan oleh Tyo. Ia melihat potensi pada industri kopi lokal.

Namun, budaya konsumsi kopi di Indonesia sendiri masih rendah sehingga daya beli kopi pun rendah. Tyo sendiri telah melakukan riset mendalam mengenai industri kopi selama 2012-2013 di Jogja, Bali, hingga Melbourne.

Ketika daya beli kopi meningkat, taraf kesejahteraan petani kopi pun turut meningkat. Ia pun berusaha mencari solusi agar bisa konsisten membeli kopi dari para petani dalam jumlah banyak. Akhirnya, terciptalah solusi dengan membuat bisnis minuman kopi yang disukai masyarakat. Kopi Tuku adalah cara Tyo untuk memberdayakan petani kopi lokal agar lebih sejahtera.

2. Membuat inovasi dalam berbisnis

Inspirasi lainnya yang bisa kita dapatkan dari Tyo dan Kopi Tuku adalah berani untuk berinovasi. Tyo melihat bahwa banyak yang tidak menyukai kopi karena rasanya yang pahit. Hal tersebut juga berpengaruh kepada budaya konsumsi kopi yang rendah. Oleh karenanya, Tyo berpikir perlu untuk menciptakan inovasi kopi yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas, tak hanya pecinta kopi saja.

Ia pun mengkreasikan es kopi yang diracik dengan susu, krimer, serta gula aren yang memberikan rasa manis khas. Tak disangka, kreasi es kopi susu tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat. Menu tersebut, tepatnya Es Kopi Susu Tetangga, menjadi menu andalan favorit pembeli.

Inovasi es kopi susu dengan gula aren berdampak dahsyat. Animo masyarakat yang tinggi terhadap es kopi susu ini membuat menu tersebut banyak direplikasi oleh bisnis-bisnis sejenis.

Selain itu, inovasi dilakukan dalam segi harga. Berbeda dengan kopi artisan yang cukup mahal, Tyo membanderol harga yang cukup terjangkau untuk kopinya. Dengan demikian, semakin banyak kalangan yang bisa menikmati Kopi Tuku.

Es Kopi Susu Tetangga sendiri bisa didapatkan dengan harga 18 ribu rupiah saja. Menu lainnya pun serupa, harganya kurang dari 50 ribu rupiah.

3. Mewujudkan bisnis yang membawa dampak luar biasa

Hal yang tak kalah mengesankan dari Tyo adalah visinya dalam membangun bisnis. Seperti dilansir dari Femina, Tyo ingin membangun bisnis yang memberi impact alias memberi dampak terhadap sekitarnya.

Agaknya, visi tersebut tercapai melalui Kopi Tuku. Melalui Kopi Tuku, Tyo berhasil memberdayakan petani kopi. Kita juga dapat melihat banyak bisnis serupa Kopi Tuku berkembang di berbagai tempat. Minuman es kopi dengan gula aren bisa berkembang menjadi tren kuliner besar, bahkan minum kopi pun kini menjadi lifestyle. Luar biasa sekali, bukan?

Jangan lewatkan berbagai artikel lainnya seputar bisnis yang tak kalah inspiratif dan menarik, hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Dhanny Indiarto from Femina

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *