Produktivitas

Tips Sukses Budidaya Sayur di Rumah Bagi Pemula

 

Loading...

Tips Sukses Budidaya Sayur di Rumah Selama pandemi, kita diharuskan untuk tinggal di rumah untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Masyarakat pun mencari berbagai kegiatan untuk membunuh rasa bosan selama di rumah saja. Salah satu kegiatan yang cukup booming adalah budidaya atau menanam sayur di rumah.

Yap, budidaya sayur di rumah bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Tidak perlu kuatir masalah kekurangan lahan, ada beberapa teknik menanam yang tidak membutuhkan lahan luas.

Kita juga tidak perlu kuatir tidak bisa melakukannya. Menanam sayur ternyata bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan mau belajar caranya. Simak berbagai tips berikut agar budidaya sayur di rumah berjalan sukses!

1. Pilih jenis sayur yang perawatannya mudah

Jika Anda belum pernah menanam sayur sebelumnya, ada baiknya untuk memilih jenis sayur yang terhitung mudah ditanam. Contoh sayur yang perawatannya cukup mudah di antaranya bawang daun, selada, kangkung, bayam, dan sawi.

Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mengenali karakteristik dari jenis sayur yang akan ditanam. Setiap jenis sayur memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, oleh karenanya perlakuannya pun berbeda-beda pula. Jika Anda ingin lebih fokus belajar, Anda bisa mencoba satu atau dua jenis sayur terlebih dahulu. Kemudian, Anda menambah jenis lain ketika sudah lebih terampil.

2. Pelajari teknik menanam sayur dengan baik

Ada beberapa teknik menanam sayur yang bisa dilakukan untuk budidaya sayur di rumah. Pertama, Anda bisa menanam sayur dengan media tanah di pot atau di pekarangan. Kedua, Anda juga bisa menggunakan polybag. Selain itu, Anda juga bisa menanam sayur secara hidroponik, dengan memanfaatkan air sebagai media tanam.

Masing-masing teknik menanam memiliki metodenya tersendiri. Anda bisa memilih teknik apa saja, yang terpenting Anda mempelajari teknik tersebut dengan baik.

3. Cukupi kebutuhan nutrisi tanaman

Tanaman sayur membutuhkan nutrisi dari asupan zat hara, selain membutuhkan air. Selain itu, tanaman sayur juga membutuhkan pasokan sinar matahari. Ketika nutrisi tanaman sayur kita terpenuhi, tanaman sayur pun dapat tumbuh dengan optimal.

Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis tanaman sayur memiliki kebutuhan yang berbeda. Selain itu, teknik menanam sayur pun berpengaruh terhadap cara pemenuhan nutrisi sayur. Oleh karenanya, pelajari baik-baik karakteristik tanaman sayur serta teknik menanam yang Anda terapkan

4. Jaga tanaman dari hama dan gulma

Hati-hati, tanaman sayur Anda dapat terganggu pertumbuhannya akibat hama dan gulma. Hama adalah organisme yang mengganggu tanaman, sedangkan gulma adalah tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya. Kedua hal ini dapat menghambat pertumbuhan sayur Anda.

Oleh karenanya, penting sekali untuk memeriksa keadaan tanaman sayur secara rutin. Dengan demikian, jika terdapat hama atau gulma pada tanaman sayur, hal tersebut dapat diketahui dengan cepat. Pastikan juga bahwa Anda mempelajari dengan baik cara untuk mengatasi hama dan gulma, ya!

5. Tekun dan sabar

Bisa dibilang, hal ini merupakan kunci agar sukses menanam sayur. Menanam sayur atau jenis tanaman lainnya cukup memakan waktu dan energi, dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk dapat melaluinya.

Walau penuh dengan tantangan, don’t forget to have fun! Nikmati segala prosesnya, Anda pun akan merasakan kepuasan tersendiri ketika masa panen telah tiba.

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik seputar produktivitas dan bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat beraktivitas, salam sukses!

Photo by Skitterphoto from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *