Technology

Tips, Tools dan Resource yang Akan Buat Website Anda Lebih Cepat

 
  • 1
    Share

Loading...

Siapapun orangnya yang berbisnis dengan menggunakan website pasti berharap dan terus mengupayakan memiliki website yang memiliki load tinggi. Artinya website mereka tidak akan pernah mengalami kendala kecepatan akses atupun serangan virus. Sebab Anda tahu jika hal itu terjadi maka kelangsungan website atau blog Anda yang tadinya populer dan ramai menjadi terancam.

Sebuah survey yang diadakan oleh Akmai mengatakan bahwa 40% dari pengunjung website akan meninggalkan beban di website Anda lebih dari 3 detik. Jumlah yang jauh lebih besar ternyata ada pada website toko online yaitu 52% dari pengunjung yang menunggu loading website lebih dari 3 detik. Selain itu, 79% dari pembeli mereka tdak akan pernah kembali lagi ke toko online karena mengalami akses website yang lama.

Lalu bayangkan jika itu terjadi pada website toko online Anda. Bukankah Anda akan kehilangan banyak pengunjung dan bahkan kehilangan kesempatan untuk menjual lebih banyak lagi penjualan?

Inilah yang membuat Anda HARUS SEGERA BERTINDAK mengatasi kurangnya kecepatan akses website Anda. Bahkan jika Anda ingin meningkatkan keuntungan berbisnis melalui website, maka INILAH SAATNYA.

Dengan tools, tips dan juga resource berikut ini, DIJAMIN usaha Anda untuk mempercepat akses website dan mendapatkan banyak keuntungan dari website akan SEMAKIN MUDAH.

1. Analisis website Anda terlebih dulu

Sebelum mulai meningkatkan kecepatan loading website, ada baiknya kita benar-benar tahu bagaimana kinerja website kita. Mulai dari memperkirakan berapa banyak kunjungan, menemukan hambatan sampai dengan melihat pesaing kita juga. Kita bisa menganalisanya dengan menggunakan tools dari Google, yaitu Google Analytics, Google PageSpeed Tools dan Google Webmaster. Selain itu juga masih ada banyak alat yang ditawarkan untuk meningkatkan kecepatan website kita.

Seperti……..

a. YSlow

YSlow adalah sebuah ekstensi yang dapat diinstal ke dalam browser kita. Dengan alat ini, kita bisa tahu mengapa website kita menjadi lambat.

b. Dotcom

Alat ini akan membantu Anda untuk memonitor kecepatan akses website Anda. Selain itu juga mengumpulkan hasil dari seluruh dunia untuk dibandingkan. Anda daat melihat bagaimana website Anda bekerja di berbagai browser seperti Firefox, Chrome dan juga web browser lainnya. Alat ini juga akan menampilkan data secara menarik, seperti grafik.

c. Web Page Test

Tools ini juga akan menguji kinerja website kita di berbagai browser, seperti Chrome atau IE. Selain itu juga menguji kecepatan koneksi pengunjung website kita. Kita juga bisa mendapatkan laporan lengkap tentang kecepatan halaman, seperti grafik.

d. Pingdom

Dengan Pindom, Anda bisa menguji kecepatan loading website Anda dari lokasi yang berbeda, seperti di Indonesia dan di Amerika. Pingdom menawarkan data statistik grafis bersama dengan tips yang akan berguna untuk meningkatkan kinerja website.

e. GTMetrics

GTMetrics memiliki dua versi yaitu GRATIS dan BERBAYAR yang memiliki fitur lebih lengkap. Namun, ketika menggunakan akun gratis pun kita bisa menggunakan fitur yang dapat membantu. Mulai dari memantau traffic dan load website, sampai pada memberikan data berupa grafik dll.

Nah, setelah memeriksa kinerja website dan kecepatan loadingnya, kita akan lebih tahu kenapa website kita berjalan lambat dan apakah itu yang mempengaruhi sepinya kunjungan website kita. Setelah itu baru kita bisa memberikan solusi atau perbaikan untuk kinerja website yang lebih cepat dan user friendly.

2. Cari solusi terbaik

Untuk mendapatkan dan memiliki website dengan akses yang cepat, perlu didukung dengan infrastruktur yang baik juga, seperti provider hosting. Sebab lambatnya respon server akan membuat kecepatan akses menjadi semakin memburuk. Jika kita menggunakan website dengan web server sendiri, ada baiknya kita memilih yang benar-benar khusus diciptakan untuk meningkatkan performa dan kecepatan akses website.

Seperti …..

a. Hosting khusus

Ketika Anda menggunakan WordPress, maka hosting yang digunakan adalah Hosting Khusus WordPress. Seperti yang disediakan oleh Beon.co.id, WordPress Hosting bukan hanya sekedar produk biasa, hosting pertama dan mungkin satu-satunya di Indonesia yang memang khusus disediakan untuk WordPress ini memang membuat Website WordPress menjadi lebih ringan dan akses pun menjadi lebih cepat.

b. WPEngine

Tools yang satu ini juga membuat website menjadi lebih cepat dan aman ketika WordPress kita bekerja di dalam sebuah layanan hosting.

3. Tanamkan teknologi CDN di dalam website Anda

Seiring dengan hosting yang Anda gunakan untuk menopang dan menunjang kebutuhan akses website, Anda juga harus tahu fitur apa saja yang disediakan provider hosting tersebut. Hosting yang Anda gunakan harus menyediakan fitur CDN.

Apa itu CDN? CDN(Content Delivery Network) adalah fitur yang membantu mendistribusikan konten kepada pengunjung website kita berdasarkan lokasinya. Konten website kita akan disimpan pada beberapa server di seluruh dunia dan ketika pengguna meminta halaman website tersebut, maka CDN akan menyalurkan konten dari server terdekat dari pengunjung tersebut, dengan merespon dan mengirimkan versi cache halaman tersebut. Banyak jenis CDN yang biasa digunakan oleh provider hosting.

Seperti….

a. MaxCDN

CDN yang satu ini menawarkan berbagai paket solusi dan harga sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan website. MAxCDN memiliki server di AS, Eropa, Australia dan juga Jepang, yang membuatnya menjadi perusahaan CDN paling cepat saat ini.

b. CloudFlare

CloudFlare telah menguasai hampir 25% total internet di dunia. CloudFlare menyebarkan semua konten statis dari web (css, gambar, js, dll), dan menyebarkannya ke seluruh data center CloudFlare. Dengan begitu, pengguna CloudFlare dapat merasakan loading website semakin cepat. Sebab website akan memberikan file statis yang berada di datacenter terdekat. Dengan CDN ini juga Anda bisa MENGHEMAT BANDWITH hosting website Anda.

c. Incapsula

Tahukah Anda jika Incapsula juga menjadi salah satu layanan CDN(Content Delivery Network) yang akan membantu mengurangi beban kerja web hosting website Anda? Ia juga akan mengurangi penggunaan bandwith, menahan serangan DDoS dan juga meningkatkan keamanan website dengan cara memblokir boot tidak dikenal, virus atau bahkan spammer yang sedang mengganggu website Anda.

d. jdDelivr

jsDelivr adalah salah satu CDN gratis yang menawarkan layanan untuk pengembangan website. Di sini Anda bisa menyimpan segala jenis file termasuk CSS, JavaScript ataupun plugin jQuery, serta konten bentuk gambar dan juga font.

Menggunakan layanan hosting dengan fitur CDN memang harus dilakukan, terlebih ketika ingin mendapatkan website dengan akses yang cepat. Ketika Anda menggunakan WordPress, maka Hosting khusus WordPress dari Beon sangatlah cocok untuk Anda. Hosting ini telah disesuaikan dengan kebutuhan website Anda, mulai dari jumlah pengunjung setiap harinya sampai proteksi keamanan dari serangan virus maupun spaming. Selain itu, Hosting khusus WordPress ini juga dilengkapi dengan fitur CDN yang akan menambah kecepatan website Anda.

4. Manfaatkan fitur caching untuk website

Dalam sebuah website, caching sangatlah membantu kita untuk meringankan kerja website saat pengunjung mengakses konten atau halaman website kita. Dengan caching, browser akan menampilkan konten atau browser yang sudah pernah dikunjungi sebelumnya. Kita dapat menginstal sebuah program caching di browser kita. Ada banyak jenis program caching yang akan membantu mempercepat akses website kita.

Seperti…..

a. Redis

Redis adalah sebuah program open source yang memunkginkan digunakan untuk menyempurnakan kinerja website Anda. Ia bekerja sempurna dengan linux, tapi jika Anda menggunakan Microsoft, maka juga disediakan versinya sendiri.  Microsoft Azure Redis Cache menawarkan cache sampai 53GB.

b. Memcached

Memcached juga program open source yang bebas digunakan untuk membantu memecahkan banyak maslaah yang muncul dalam akses website Anda. API ini sangat ramah untuk banyak bahasa pemrograman.

Tapi perlu Anda ingat! Jika program dan plugin caching tidak terinstal dengan benar, dapat menyebabkan berbagai masalah dengan memuat data Anda. Anda perlu mencari profesional dalam mengelola berbagai macam plugin seperti plugin caching untuk website Anda. Seperti pada WordPress, maka layanan Hosting untuk WordPress yang menyediakan pelayanan pengelolaan plugin caching sangatlah cocok untuk Anda.

5. Meminimalkan putaran waktu akses

Tahukah Anda website yang baik akan memisahkan berbagai elemen di dalamnya, mulai dari gambar, CSS, ataupun file JavaScript diminta secara terpisah. Ini akan mengacu pada jumlah permintaan browser pada server untuk mengambil data di website Anda.

Nah, untuk mengurangi beban pada website kita perlu melakukan hal-hal di bawah ini, seperti…..

a. Meminimalkan pencarian DNS. Gunakan jumlah minimal hostname ketika loading website.
b. Mengurangi jumlah pengalihan dari website Anda. Jika perlu, gunakan http redirect bukan yang menggunakan javascript.
c. Menghapus atau memperbaiki semua link yang rusak.
d. Menggabungkan file ke dalam batch untuk meminimalkan jumlah permintaan.

Alangkah baiknya seorang developer untuk membantu Anda dalam menggabungkan file website. Namun jika Anda ingin melakukannya sendiri, Anda bisa menggunakan tools berikut ini:

a. Google Closure Complier

Tools dari Google Analisis ini akan membantu menulis ulang dan meningkatkan Javascript untuk meminimalkan dan membuat pembaca bisa mengakses dengan lebih cepat.

b. SpriteMe

Tools sederhana ini sangat memungkinkan kita untuk membuat gambar sprite dengan 1 kali klik. Alat yang digunakan juga dapat menggabungkan gambar yang ada.

c. Compass

Tools CSS ini memungkinkan membuat sprite CSS. Tentu saja dengan menggabungkan gambar dalam sprite CSS, Anda akan mengurangi jumlah permintaan untuk setiap gambar dan membuat loading website menjadi lebih cepat. Anda hanya perlu mengimport folder dengan gambar ke stylesheet dan kemudian bisa menggunakannya dengan nyaman. Tools ini hanya berjalan dengan fungsi gambar PNG.

d. SpritePad

SpritePad adalah perangkat gratis yang membantu Anda untuk membuat sprite gambar dengan Drag and Drop yang sederhana hanya dalam hitungan detik. Seperti Compass, tools ini hanya bekerja pada gambar dengan ekstensi PNG.

Nah, jika sudah begini apakah Anda masih ingin menyia-nyiakan sumber daya yang ada untuk mendapatkan performa website yang SEMPURNA? Saya sarankan untuk segera melakukan perbaikan dan upgrade layanan yang Anda gunakan. Sebab demi website dan bisnis Anda, uang bukanlah segalanya kan?

1

Jika Anda ingin lebih mudah lagi dan tentu saja murah, Anda bisa menggunakan layanan web Accelerator untuk website Anda. Dengan layanan ini website Anda bisa bekerja dengan lebih ringan dan tentu saja akses website akan jauh lebih cepat. Tanpa buang biaya yang banyak, 50 ribu/bulan akan membuat website Anda menjadi lebih cepat dan tentu saja digemar pembaca.  :)

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *