Inspirasi Karir

10 Tips Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga yang Sukses

 

Loading...

Tips Wanita Karir – Memilih untuk berkarir sekaligus menjadi ibu rumah tangga bukanlah perkara yang mudah. Ada tanggung jawab peran dan waktu yang harus seimbang dijaga. Meskipun banyak tantangannya, namun tidak sedikit ibu rumah tangga yang sukses jadi wanita karir.

Apa saja tips wanita karir sukses yang juga tetap menjaga perannya sebagai ibu rumah tangga? Intip selengkapnya di artikel Mebiso berikut!

1. Dapat mengatur waktu

Tips wanita karir sekaligus ibu rumah tangga yang baik dimulai dari pintar mengatur dan membagi waktu antara keperluan kerjaan dan urusan rumah.

Misalnya saja, Anda selalu meluangkan waktu untuk mengantarkan anak pergi sekolah atau kegiatan lainnya sebelum pergi bekerja. Bisa juga dengan tetap menyiapkan makan atau sekedar mengobrol hangat bersama keluarga sebelum waktu tidur.

2. Minta dukungan keluarga

Langkah yang tak kalah penting untuk sukses dalam berkarir ialah meminta dukungan dan restu dari keluarga. Keluarga yang suportif dengan karir yang Anda jalani akan membuat Anda merasa lebih baik karena sudah diberi kepercayaan untuk mengemban kedua tugas tersebut.

3. Mampu melakukan peran ganda

tips wanita karir
Sumber: https://unsplash.com/

Lakukan pekerjaan Anda sebagaimana mestinya saat waktu bekerja dan di tempat kerja. Sebaliknya, jangan bawa-bawa urusan pekerjaan jika sudah sampai di rumah. Biarkan Anda kembali menjadi istri yang baik untuk suami dan ibu yang hebat untuk anak.

4. Mengalokasikan waktu akhir pekan untuk keluarga

Sesenang apapun Anda bekerja dan meniti karir, jangan sampai lupa meluangkan waktu untuk keluarga. Tips wanita karir untuk menjaga hubungan yang baik dengan keluarga yaitu dengan meluangkan waktu untuk mereka.

Dedikasikan waktu di akhir pekan untuk family time tanpa menyentuh atau memikirkan tentang pekerjaan. Sesibuk apapun Anda bekerja di hari kerja, meluangkan waktu di akhir pean bersama keluarga akan tetap merekatkan hubungan Anda. Intip tips meluangkan waktu saat akhir pekan di sini!

5. Membagi tugas dengan keluarga

Agar Anda tidak merasa terbebani sendiri, Anda bisa membagi tugas mengerjakan pekerjaan rumah dengan anggota keluarga lain. Terlebih lagi jika Anda tidak memiliki asisten rumah tangga, tips ini akan membantu Anda menjalani hari-hari dengan lebih mudah.

Contohnya saja, Anda bisa membagi tugas membersihkan rumah kepada suami atau anak-anak yang dilakukan secara bergilir. Membagi tugas seperti ini juga mampu mengajarkan kepada anak-anak bahwa pekerjaan rumah akan lebih enteng jika dilakukan bersama.

6. Jangan menunda-nunda pekerjaan

Sumber: https://www.freepik.com/

Sikap menunda-nunda pekerjaan hanya akan membuat manajemen waktu yang sudah Anda rancang dengan baik menjadi hancur begitu saja.

Usahakan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan kantor tepat waktu agar Anda tidak perlu lagi mengambil lembur dan mengorbankan waktu bersama keluarga.

Begitu pula sebaliknya saat Anda sedang bersama keluarga di rumah, jangan sampai membuang waktu untuk mengurus rumah yang akhirnya harus diselesaikan esok hari.

7. Menetapkan aturan yang fleksibel

Yang tak kalah penting untuk tips wanita karir adalah dengan menerapkan aturan yang fleksibel. Fleksibilitas membuat Anda dan keluarga tidak terpatok pada suatu hal yang monoton karena Anda bisa selalu melakukan adaptasi jika dibutuhkan.

Berpatok pada hal yang baku hanya akan menghambat dan membatasi ruang gerak Anda. Jadi, pastikan untuk menerapkan fleksibilitas dalam aturan rumah Anda.

8. Menjaga kesehatan

Kesehatan diri sendiri adalah hal yang paling berharga, apalagi di posisi Anda yang mengemban peran ganda. Untuk, selalu jaga kesehatan fisik dan jiwa Anda.

Perhatikan asupan yang dikonsumsi juga pola hidup. Sempatkan untuk berolahraga seminggu tiga atau dua kali. Anda juga mungkin perlu belajar meredam emosi dengan latihan meditasi.

Kesehatan fisik dan mental yang kuat dapat melancarkan urusan karir dan rumah tangga Anda.

9. Luangkan pula waktu untuk diri sendiri

tips wanita karir

Dengan kesibukan yang segudang, jangan sampai Anda lupa untuk memperhatikan dan memberi waktu untuk diri Anda sendiri. Jika sudah merasa penat, Anda bisa melakukan me time seperti shopping, ke salon, atau melakukan perawatan diri lainnya.

10. Berikan pengertian pada anak atas pilihan Anda

Biasanya, anak paling sulit mengerti keadaan yang dialami orang tua. Untuk menghindari anak yang ngambek karena ibunya selalu sibuk bekerja, komunikasikan alasan mengapa Anda mengambil pilihan yang Anda jalani.

Komunikasi yang baik ditambah dengan kasih sayang yang cukup pada anak akan membantu mereka mengerti keadaan orang tuanya.

Itulah tips wanita karir yang juga mengemban tugas sebagai ibu rumah tangga. Anda juga bisa sukses dan tetap bahagia apabila mampu mengkomunikasikan kebutuhan Anda dengan anggota keluarga yang lain. Semoga tips kali ini membantu, temukan tips mengenai bisnis lain di website Mebiso!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *