Interviews

TKP Menggapai Sukses dengan Kebahagiaan Memuaskan Pelanggan ala Dinar Dirmanto

 

   

Dinar Dirmanto(35) adalah seseorang dengan latar pendidikan SMU yang mampu menjadi seorang enterpreneur sukses saat ini. TKP atau Tas Kulit Polos yang menjadi usahanya memang bukan satu – satunya produsen dan penjual tas kulit di Indonesia. Namun prestasi yang ia miliki mungkin belum tentu dimiliki oleh yang lainnya. Mampu membuat sebuah produk yang mampu diekspor ke luar negeri, merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Pria yang sangat mengidolakan Nabi Muhammad S.A.W ini mengaku akan terus menggunakan bahan asli untuk bisa memberikan kepuasan bagi para pelanggannya, sekalipun harus menaikkan harga barang menjadi sedikit lebih mahal dari biasanya. Lalu bagaimana cerita sukses Bapak Dinar Dirmanto? Berikut ini ulasannya:

3

Halo Bapak Dinar, bisa diceritakan bagaimana awal mula Bapak masuk ke dunia enterprenuer ini?

Berawal dari ketidakmampuan keluarga untuk membiayai kuliah, hingga akhirnya mencoba untuk bekerja selepas SMU, Berawal dari bekerja sebagai operator warung internet (warnet), dan mulai banyak mempelajari tentang peluang bisnis online dari sana. Baik jasa maupun produk pernah saya jalani, namun pada akhirnya lebih tertarik untuk berjualan produk secara online hingga saat ini. Saya juga sempat bekerja sebagai seorang karyawan sebelum pada akhirnya memilih untuk menekuni bisnis ini.

Taskulitpolos ini bisnis yang bagaimana Pak?

Bisnis kerajinan kulit saya memiliki konsep yang sederhana namun dapat diterima di semua kalangan secara berkesinambungan, untuk itu nama bisnis saya (untuk produk kerajinan kulit) saya beri nama TKP Leather, yang berarti Tas Kulit Polos (produk dengan model utama tas kulit polos). Dari sisi bahan baku yang pernah kami coba adalah mulai dari kulit kambing, domba, yang pada akhirnya jatuh pilihan terakhir pada kulit sapi, karena jenis bahan kulit sapi ini memiliki kualitas yang baik, tahan lama dan sisi pengolahan yang lebih dinamis untuk dapat dikembangkan menjadi produk kerajinan kulit asli. Produk yang paling populer di TKP ini, seperti model tas tablet, laptop, tas kerja dan pouch dengan desain model dari pelanggan sendiri.

Apa saja yang Anda gunakan dalam memasarkan TKP ini?

Saya mencoba memasarkan bisnis ini melalui Website dan Sosial Media. Dan menjadi prestasi tersendiri bagi saya, karena produk TKP yang kami ciptakan sudah bisa menembus pasar Internasional, yaitu dieksport ke Spanyol.

Memproduksi barang dengan bahan baku yang tidak murah, bagaimana cara Anda menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang dijual?

Tetap melakukan produksi dengan bahan kulit asli, jika memang sedang kesulitan atau harga mahal dari sisi bahan, kami memilih menaikan harga atau berhenti produksi untuk sementara waktu tanpa mengganti bahan baku untuk produksi.

Apa yang membuat bisnis Anda ini berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa dengan TKP?

Karena kami membuat/memproduksi sendiri, jadi pelanggan dapat menentukan model sendiri dengan biaya produksi yang terjangkau di kelasnya, serta service perbaikan gratis. Itu yang membedakan kami dengan yang lainnya.

Apa sih pengalaman berkesan bagi Anda selama menjalankan bisnis ini?

Ketika pelanggan puas dengan produksi kami, itulah yang akan selalu menjadi pengalaman yang paling berkesan buat saya. Kami juga berniat ingin memiliki agen dan distributor di seluruh kota di Indonesia, untuk lebih memuaskan para pelanggan kami dari seluruh Indonesia.

Tantangan atau kendala apa yang pernah Anda hadapi selama membesarkan TKP?

Kenaikan bahan baku, menaikan harga atau berhenti produksi untuk sementara agar kualitas produk kami tetap terjaga.

Saran terbaik apa yang dapat Bapak sampaikan kepada pemilik bisnis lain di luar sana?

Keuntungan adalah sekedarnya saja, kepercayaan dan kepuasan pelanggan adalah segalanya. Karena keuntungan hanya dapat menghasilkan GEMBIRA, sementara kepercayaan dan kepuasan pelanggan merupakan sebuah KEBAHAGIAAN yang bersifat hakiki.

Wah, benar sekali Pak. Bagaimanapun pelanggan adalah nyawa dari sebuah bisnis. Terimakasih Pak untuk kesempatannya berbagai cerita bersama kami. Semoga Tas Kulit Polos selalu dan semakin sukses :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *