Biografi Inspirasi

7 Tokoh Startup Wanita yang Sukses di Indonesia

 

Tokoh Startup Wanita – Siapapun bisa menciptakan ide startup, namun tidak semua orang bisa berhasil membangunnya. Selain gagasan yang brilian harus ada tekad dan usaha gigih untuk mengeksekusinya.

Seiring berkembangnya dunia startup, muncul tokoh-tokoh Indonesia yang berhasil menembus pasar nasional dan internasional. Tak terkecuali wanita-wanita tangguh berikut ini yang membuktikan karya mereka tak kalah cemerlang. 

Penasaran? yuk berkenalan dengan mereka yang tak hanya cantik namun juga cerdas berikut ini!

Inspiratif! 7 Tokoh Startup Wanita yang Membanggakan Indonesia

1. Christie Tjong

Image result for christie tjong
Sumber: Beritasatu

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa berkarya hingga sukses? Perkenalkan Christie Tjong, ibu dua anak yang kini memiliki pendapatan ratusan juta. Ia merupakan Co Founder dan COO Travelio sebuah startup penyewaan apartemen terbesar di Indonesia. 

Ia membuktikan sendiri bahwa menjadi pengusaha setelah menikah tidak serta membuat kewajibannya sebagai istri dan ibu terabaikan begitu saja. Sungguh inspiratif sekali, ya!

2. Diajeng Lestari

Tokoh startup wanita yang satu in berhasil mendobrak pasar internasional dengan menjual busana muslimah. Ia yang kerap disapa CEO muda ini mendirikan marketplace fashion muslimah bernama HIJUP.

Melenggang di London Fashion Week sampai memiliki mitra di Asia Tenggara, ia menggarap usahanya mulai dari nol. Menurutnya menjadi pengusaha bisa dilakukan kapanpun asal memiliki tekad dan kejujuran.

3. Alamanda Shantika

Alamanda Shantika dulunya merupakan partner dari Nadim Makarim dalam membangun Gojek dari nol. Alih-alih menikmati kesuksesannya, ia memilih untuk tak berhenti berkarya.

Melepaskan jabatannya, wanita 32 tahun ini kemudian membangun Binar Academy, sebuah sekolah tempat anak-anak bisa belajar coding secara gratis. Alamanda memegang teguh prinsipnya bahwa membangun startup harus didasari oleh kesadaran sosial.

4. Shinta Nurfauzia

Image result for shinta nurfauzia
Sumber: Kumparan

Apakah Anda familiar dengan Lemonilo? Sebuah produk makanan sehat yang kini sedang berkembang pesat. Dibalik kesuksesan Lemonilo beberapa tahun belakangan ini terdapat seorang CEO tangguh Shinta Nurfauzia.

Dulunya ia sama seperti anak muda 20-an yang sedang mengalami quarter life crisis. Namun, berkat ide-ide brilian dan partner yang tepat ia berhasil membangun startup e-commerce makanan kesehatan sampai bisa membuat produk yang dipasarkan di seluruh Indonesia

5. Cynthia Tenggara

Ide berwirausaha bisa muncul dari mana saja. Sama halnya yang dialami oleh Cynthia Tenggara. Saat itu ia tidak puas dengan makanan catering yang ada di kantornya. Hingga ia bertekad membuka usaha catering dengan rasa yang nikmat.

Halangan dan rintangan selalu menghadang. Namun tekadnya membuat catering online, berhasil ia wujudkan dengan Berry Kitchen. Hingga saat ini ia memiliki 100 karyawan dan menjadi catering online terbesar di Jakarta.

6. Sarita Sutedja

Apakah Anda termasuk orang-orang yang suka menghabiskan waktu bersama kolega di tempat-tempat kece? Jika iya, maka pasti tidak asing dengan Warunk Upnormal. Tempat tongkrongan yang lagi ngehits ini didirikan oleh tujuh sekawan, salah satunya adalah Sarita Sutedja.

Tak hanya itu, PT Citarasa Prima Group juga memprakarsai Bakso Boedjangan, Ayam Bersih Berkah, Fish Wow Chesee, dan MeeBox. Berkat prinsip yang kuat dan keuletannya dalam membangun strategi, kini usahanya sudah memiliki cabang di mana-mana!

7. Nabilah Alsagoff

Di jaman yang serba online ini, dompet digital menjadi salah satu teknologi yang paling marak digunakan. Siapa sangka, salah satu pelopor e-payment di Indonesia adalah wanita cerdas bernama Nabilah Alsagof.

Dengan melihat peluang yang ada, Nabilah menciptakan Doku, sebuah dompet digital yang memudahkan pengguna membayar transaksi tanpa harus mengeluarkan uang cash. Bahkan teknologi miliknya sudah dipakai di Garuda Indonesia, Air Asia, Oppo, dan VIVA.

Demikian deretan tokoh startup wanita yang buktikan kalau kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja. Yang terpenting harus berpikir cerdas, berhati sosial dan gigih.

Baca juga artikel menarik lainnya


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *