Technology

Top Level Domain Indonesia (ID) akan Go Public. Bagaimana Pendapat Anda?

 

Loading...

Pemilik bisnis, bagi anda yang sudah lama berdoa agar domain .id segera go public, maka bersiaplah. Forum Diskusi Umum Terbuka yang digelar oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) tanggal 1 Oktober 2013 kemarin menghasilkan keputusan bahwa:

Top Level Domain .id akan dijual dengan kisaran harga Rp 500 ribu per tahun.

Biaya Rp 500 ribu didapatkan dari aklamasi atas sejumlah usulan harga yang dikemukakan oleh para peserta dalam Diskusi Umum Terbuka.

Peserta DUT juga menyetujui beberapa hal terkait persyaratan pendaftaran domain .ID. Salah satunya adalah nama domain yang boleh didaftarkan nantinya harus terdiri dari minimal 5 (lima) karakter sebagai pembeda dengan DTD (Domain Tingkat Dua) yang ada sekarang, yaitu co.id, biz.id, web.id, my.id, or.id, sch.id, ac.id, desa.id, net.id, go.id, dan mil.id. Dan satu lagi adalah TLD .id hanya dapat digunakan oleh Warga Negara Indonesia, institusi maupun personal.

Andi Budimansyah, Ketua Umum PANDI menyatakan bahwa PANDI sepenuhnya menyadari jika kehadiran TLD .id akan membawa pengaruh pada DTD lain yang selama ini sudah lebih dulu beredar di pasaran. Namun dia optimis bahwa diferensiasi harga dan sejumlah batasan dalam pendaftaran akan membuat posisi TLD ini tidak terlalu berdampak signifikan.

“Jadi, seperti Toyota. Dia punya beberapa tipe mobil untuk segmen yang berbeda,” kata Andi Budimansyah seperti yang dikutip dari tekno.liputan6.com.

Kapan domain baru .id ini go public, waktunya masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari PANDI.

Dengan rilisnya TLD .id ini, bisnis anda bisa menggunakan nama domain yang singkat seperti jagoanhosting.id, mebiso.id, dan lain sebagainya. Cukup keren bukan? Bagaimana pendapat anda? Anda geregetan, anda excited, atau justru anda jengkel? Mari ungkapkan semuanya di sini :-)

PS: Menurut kami, langkah ini sangat bisa dimaklumi mengingat ICANN sendiri bahkan sudah melepas nama domain .anything di pasaran meskipun saat ini masih dengan harga yang luar biasa tidak masuk akal. Namun di masa depan dengan jangka waktu yang tidak terduga, kita bisa mengantisipasi adanya kiamat bagi Top Level Domain. 

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *