Technology

Trik Desain Souvenir Kreatif dengan Line Art Vector

 
  • 3
    Shares

Loading...

Ketika membuat souvenir untuk customer anda, kadang anda mungkin merasa kehabisan ide. Padahal banyak sekali kreativitas yang bisa anda terapkan. Misalnya kaos sablon yang unik dengan Line Art Vector.

Line Art Vector adalah menggambar bentuk object menggunakan line (garis) yang biasanya berwarna gelap, dan tanpa shading (perbedaan warna gelap terang). Shading pada line art biasanya diganti dengan garis-garis kecil dengan warna serupa pada daerah yang dianggap lebih gelap daripada daerah yang lain, line art tidak diharuskan memiliki lebar yang sama. Line Art dengan 1 warna dan line yang besar akan memudahkan kita untuk diaplikasikan ke dalam sablon kaos.

Mari kita mulai prakteknya.

1. Pilihlah foto wajah (High Resolution) untuk memudahkan anda membuat guratan dalam Line Art foto tersebut. Misalnya kali ini, kita akan menggunakan foto hitam putih.

1-corel-line-art-vector

2. Gunakan Software berbasis Vector, seperti Coreldraw atau Adobe Ilustrator.

3. Misalnya dengan Coreldraw, Kita bisa mulai dengan membuat garis mengikuti area pipi dengan Bezier tools. Baru kemudian membuat komponen wajah lainnya. Line dapat diubah menjadi shape dengan menekan “ctrl+shift+Q”

2-corel-line-art-vector

Line di atas akan kita ubah menjadi shape. Hasilnya menjadi gambar berikut:

3-corel-line-art-vector

Kita bisa mengedit lebar bidangnya sesuai kebutuhan kita. Karena dengan menggunakan line secara langsung object yang akan kita buat akan terlihat kaku. Dengan Bezier tools, anda tinggal ikuti garis garis hitam yang sudah ada di dalam foto. Ulang garis yang telah kita buat tadi, hal ini dimaksudkan agar garis-garis yang kita buat menjadi sebuah shape “bidang”.

4-corel-line-art-vector

Setelah dibuat dua kali secara berulang, hasilnya seperti ini:

5-corel-line-art-vector

4. Sekarang dengan cara yang sama, bikin mata, hidung, serta bibir dari object.

6-corel-line-art-vector

5. Kemudian, buat juga detail-detail kerutan wajah dari object.

7-corel-line-art-vector

6. Sekarang anda bisa mulai mengkreasikan gambar wajah yang telah kita trace sesuai imajinasi Anda.

8-corel-line-art-vector

7. Coba aplikasikan design kita ke bidang kaos.

9-corel-line-art-vector

Dengan satu warna saja kita bisa mendapatkan design yang bagus. Hemat ongkos cetak dengan hasil yang maksimal. Selain itu, design line art yang baik dapat diaplikasikan ke dalam banyak variasi warna kaos tanpa banyak mengubah warna hasil design kita. Selamat mencoba :-)

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *