Leadership

Tumbuhkan jiwa “Remaja” Dalam Setiap Usaha Bisnis

 
  • 3
    Shares

Kita tahu bahwa sifat seorang remaja adalah sifat yang banyak menimbulkan masalah. Karena remaja identik dengan rasa ingin tahu, mencoba banyak hal dan juga salah dalam bergaul. Tapi tidakkah kita sadari bahwa ada banyak nilai positif yang bisa kita ambil dari sifat remaja yang dinilai banyak menimbulkan masalah itu. Bahkan saat kita berbisnis kita bisa menumbuhkan jiwa “Remaja” dalam setiap upaya kita membangun bisnis. Bagaimana bisa? Karena para remaja memiliki 5 sifat ini dalam membuat banyak perubahan dalam diri mereka.

1. Selalu ingin tahu

I want to know

Jika kita tahu bahwa anak muda zaman sekarang selalu ingin tahu tentang hal baru yang mereka temui. Mereka tidak segan bertanya dan mencari tahu apa yang mereka lihat, bagaimana itu bisa terjadi dan bagaimana bisa memilikinya. Anak muda dikenal sebagai masa dimana seseorang akan banyak menjumpai dan mengenal hal baru yang membuat mereka penasaran dan akhirnya ikut mencoba. Keingintahuan akan hal baru inilah yang juga harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Mereka harus selalu ingin tahu tentang ilmu atau pengetahuan yang baru mereka temui. Mereka harus mau bertanya kepada siapapun tentang hal yang membuat mereka penasaran. Rasa ingin tahu ini nantinya akan dengan mudah membawa seorang pebisnis menemukan apa yang belum mereka miliki sebelumnya.

2. Mencoba banyak hal baru

try something new

Sudah banyak yang membenarkan hal ini. Anak muda atau masa remaja adalah masa dimana kita dikenalkan dengan banyak hal baru yang memaksa kita untuk mencobanya. Ada hal yang baik untuk dicoba tapi tidak sedikit yang terjerumus dalam kesalahan saat pertama kali mencoba. Berani mencoba hal baru memang bukanlah hal yang salah, tapi kita juga harus mampu memisahkan mana yang bisa dicoba dan tidak boleh dicoba. Begitupula dalam bisnis, ada banyak hal yang harus kita coba untuk pertama kalinya. Tapi ada juga yang tidak dianjurkan untuk dicoba. Ini tergantung dari kebutuhan masing – masing bisnis untuk mencoba apa yang membuat mereka tertarik untuk mencobanya. Yang jelas, seorang pebisnis harus mau mencoba hal baru sekalipun ada ancaman gagal atau rugi.

3. Mengikuti trend

following trend

Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa jiwa muda adalah jiwa dimana mereka akan terus mencari tahu tentang hal baru dan mengikutinya. Dari zaman ke zaman, dari tahun ke tahun selama ada trend baru di masyarakat atau kalangan mereka, mereka akan dengan mudah merubah gaya dan mengikutinya. Anak muda memang dikenal pandai mengadaptasi diri mereka ke dalam trend yang baru mereka temui. Alasan bukan tidak lain untuk mengimbangi lingkungan mereka dan juga agar terlihat trendy. Ini juga yang bisa dilakukan oleh sebuah bisnis. Anda harus tahu apa yang sedang menjadi trend di masyarakat atau kalangan target pasar Anda. Ini penting ketika Anda sedang ingin menciptakan sebuah produk baru. Anda bisa mengikuti trend yang ada tanpa menghilangkan identitas bisnis Anda. Dengan begitu Anda akan mudah diterima dan bertahan di pasar yang Anda miliki.

4. Memiliki banyak relasi/mudah bergaul

group-of-teens

Jika bisnis Anda ingin dikenal dan memiliki banyak relasi, jelas Anda harus mampu bergaul dengan siapapun. Anda harus menghilangkan jauh – jauh rasa malu saat berhadapan dengan orang baru. Anda juga harus berkomunikasi dengan baik entah itu dengan pelanggan, relasi bisnis, partner kerja dan masyarkat umum lainnya. Inilah yang diajarkan oleh jiwa muda para remaja. Mereka tidak akan mudah melewatkan moment untuk mendapatkan teman atau kawan baru. Dimanapun mereka berada, mereka akan dengan mudah berkumpul dan berkenalan dengan orang lain. Terlebih saat mereka terbilang aktif baik di sekolah, kampus ataupun organisasi formal ataupun informal. Mereka akan aktif mencari teman baru bahkan sekedar untuk teman bermain nantinya.

5. Selalu bersemangat

Never_Give_Up1

Jiwa muda adalah jiwa yang penuh dengan semangat. Begitupula yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Apapun yang mereka lakukan dan mereka rencanakan harus benar – benar dilakukan dengan penuh semangat. Seperti yang dimiliki oleh jiwa remaja, bahwa mereka penuh dengan ambisi untuk bisa menang, menjadi nomor satu di kalangan mereka, dan juga menjadi lebih dipercaya oleh sekitarnya. Ini yang juga bisa dilakukan oleh para pebisnis. Mereka harus selalu bersemangat dan tentu saja pantang menyerah saat menjalankan bisnisnya. Halangan dan rintangan tentu akan datang dan menggoda iman mereka untuk menyerah. Tapi ketika semangat, ambisi dan keyakinan sudah dimiliki maka bisnis yang dibangun tentu tidak akan mudah goyah.

Baca juga:

Belajar Menghargai Sebuah Ide Bisnis Layaknya Amazon

Belajar Bernegosiasi dari Seorang Anak Kecil

5 Pembelajaran Sales dari Seorang Albert Einstein


  • 3
    Shares

1 komentar

  • 1 Oktober 2014 - pukul 9:03

    Ide bisnis bisa berasal dari mana saja. saat melamun, saat lagi jatuh dari usaha, bahkan ide bisnis bisa dari hobi. Jika Anda hobi memasak, maka Anda bisa mengembangkan hobi Anda dan bisa menghasilkan uang yang tentu ini menjadi peluang usaha baru.

    Kreatif dalam membuat masakan akan sangat digemari oleh banyak orang. Seperti masakan “kerikik belut hijau” yang bikin ketagihan jika sudah menyantapnya. Keripik ini sehat dan tidak kolesterol.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *