Start A Business

Tutorial Membuat Blog di Blogger V.2

 
  • 1
    Share

   

Tutorial Membuat Blog di Blogger V.2 – Membuat blog di blogspot atau biasa juga disebut blogger merupakan langkah yang tepat bagi Anda untuk memulai karir sebagai penulis maupun berbagai agenda lainnya, seperti blog untuk berbisnis online dan blog profil komunitas. Membuat blog di blogspot memiliki sisi keamanan yang tidak kalah dengan platform penyedia blog yang lain, karena blogger sendiri merupakan milik Google yang diberikan secara gratis untuk penggunanya. Banyak keuntungan ketika kita memiliki blog dan aktif mengisi kontennya. Karena blog yang rajin di kelola pemilik dan di pikirkan secara matang tentang konsep tulisan hingga SEO-nya dapat di jadikan lahan untuk mendapatkan penghasilan.

Mengapa Blogspot juga kerap di sebut Blogger? Blogspot maupun Blogger merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah. Keduanya memiliki korelasi, karena blogger merupakan nama CMS (Content Management System) sedangkan blogspot merupakan subdomain atau nama identitas dari blog yang dibuat menggunakan blogger. Jadi apabila Anda membuat blog di blogger maka akan mendapat subdomain [alamat blog].blogspot.com.

Blogspot ini memiliki kelebihan antara lain:

  1. Merupakan produk dari Google sehingga dapat diintegrasikan dengan layanan Google yang lain.
  2. Karena milik Google jadi blog ini ramah SEO dan Anda pun akan lebih mudah mengoptimasi SEO blog sendiri.
  3. Blogspot cukup mudah untuk dibuat sehingga Anda tidak perlu membayar jasa pembuat blog.
  4. Anda bisa dengan mudah kustomisasi tampilan blog personal Anda
  5. Dan kelebihan Blogspot di banding WordPress gratis adalah Anda bisa mendaftarkan blog Anda di Google Adsense.

Sudah tahu kan, bahwa fungsi Google Adsense adalah untuk pasang iklan blog Anda di search engine-nya Google. Sehingga ini cocok sekali bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog Anda. Dan bagi Anda yang mempunyai bisnis online, jangan ragu untuk memakai blogger, karena dengan layanan Google Adsense ini, Anda akan dengan mudah mengiklankan produk Anda di Google.

Yuk ikuti langkah-langkah membuat blog di blogspot sebagai berikut:

  1. Siapkan akun email di Gmail. Kenapa harus Gmail? Seperti penjelasan kami di atas, bahwa blogger merupakan milik Google sehingga email untuk mendaftarnya pun harus memakai akun email Google Mail/Gmail.
  2. Buka https://www.blogger.com dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Anda bisa memulai membuat blog dengan langkah pertama yaitu klik Create your blog.
  3. Langkah selanjutnya setelah kita “Create your blog” adalah akan muncul menu di bawah dan klik Lanjutkan ke Blogger, seperti tampilan di bawah ini:
  4. Apabila sudah muncul seperti tampilan di bawah ini, maka klik Buat Blog Baru
  5. Pada menu berikutnya, Anda diminta untuk mengisi perihal blog yang akan Anda buat. Isilah judul, nama blog atau nama domain, dan tentukan tema. Perlu diingat apabila Anda menggunakan blogspot gratis, maka Anda tidak bisa custom nama domain. Nama yang tertera berupa subdomain, dengan adanya blogspot.com di belakang nama domain. Contoh: blogsaya.blogspot.com
  6. Langkah berikutnya adalah membuat postingan dengan klik Entri Baru, seperti di bawah ini:

Sekarang blog Anda pun sudah selesai. Namun, untuk menjadikan blog Anda sebagai blog yang cantik, Anda perlu menghiasnya. Pilihlah template yang sesuai dengan isi konten di dalamnya dan beri tambahan fitur di widget serta atur warna blog sedemikian rupa. Selamat berkarya dengan hati dan jadikan blog Anda untuk menginspirasi banyak orang lewat tulisan Anda. Dan bantulah orang untuk lebih mudah mendapatkan barang yang mereka cari dengan cara Anda berjualan online lewat blogger. Menarik bukan? Yuk nantikan artikel seru yang membahas tips atau tutorial lainnya, hanya di mebiso.com.

 

Baca artikel menarik lainnya:

Tutorial Membuat Blog WordPress

7 Template Blogger Keren Yang Bisa Langung Anda Aplikasikan di Blog Anda

5 Cara Membuat Tampilan Blog Lebih Keren


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *