Start A Business

Tutorial Membuat Blog WordPress

 
  • 1
    Share

   

Tutorial Membuat Blog WordPress – Dari sekian banyaknya pengguna blog di Indonesia, pasti Anda sudah mengamati bahwa terdapat ciri khas dari setiap Blogger. Ya, ciri khas ini bisa berupa konten yang di bahas di blog, hingga tampilan khusus yang disuguhkan. Semakin unik blog-nya, maka pengunjung pun akan mudah untuk mengingat blog tersebut dan bahkan bookmark dan share konten ke media sosial mereka. Salah satu contoh blog yang unik adalah blog yang membahas tentang tips perawatan kucing dengan tampilan template yang ngena disertai foto-foto kucing Anggora hingga Persia yang begitu menggemaskan bagi pecinta kucing. Dan bagi Anda yang ingin membuat blog, Anda perlu memikirkan beberapa hal di atas yang membuat blog Anda semakin unik.

Yuk sekarang kita mulai tutorial membuat blog dengan platform wordpress, supaya Anda tidak semakin penasaran. WordPress merupakan salah satu platform blog yang menyediakan layanan hosted dan self hosted. Sederhananya, Hosted merupakan blog yang gratis atau Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk membeli domain dan hosting khusus untuk blog Anda. Sedangkan self hosted kebalikannya.

Inilah tutorial membuat blog WordPress yang gratis, mari ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik link ini https://wordpress.com/ dan Anda akan masuk di laman WordPress. Klik Get Started untuk memulai pembuatan blog Anda. Apabila Anda ingin mengganti tutorial pembuatan wordpress dengan bahasa Indonesia, Anda cukup scroll ke bawah dan cari panah sebelah ENG, lalu klik panah tersebut dan ganti dengan Bahasa Indonesia.
  2. Isilah kolom berikut dengan data yang sesuai. Tentang nama dari blog Anda, tentang konten yang akan Anda bahas di blog, dsb.
  3. Langkah selanjutnya adalah menentukan alamat blog Anda atau domain. Dalam proses pembuatan nama ini, pastikan bahwa Anda benar-benar memikirkannya. Bukan asal buat nama, karena nama juga menjadi prioritas utama agar website Anda mudah di temukan di mesin pencari sekaligus dapat di ingat pengunjung blog. Usahakan juga untuk membuat nama blog Anda singkat dan dapat menggambarkan konten apa yang akan Anda bahas di dalamnya. Nama blog WordPress yang gratis akan berakhiran wordpress.com seperti ini: blogsaya.wordpress.com.
  4. Langkah selanjutnya adalah bagian pricing. WordPress sedang memberikan Anda penawaran tentang harga yang Anda butuhkan untuk membuat blog yang berbayar. Namun, Anda bisa langsung klik Start with free, apabila Anda tetap membuat blog gratis.
  5. Langkah berikutnya adalah membuat akun di WordPress, akun yang akan Anda gunakan untuk login ke blog Anda. Isilah dengan akun Gmail yang benar dan buatlah password dengan gabungan huruf Kapital dan huruf kecil serta angka. Selanjutnya klik Finish untuk melanjutkan proses registrasi Anda dan tunggu email aktivasi blog dari Gmail di kotak masuk email Anda.
  6. Selanjutnya buka email Anda dan aktivasi blog dengan klik link yang tertera. Ya, dengan aktivasi tersebut, Anda sudah resmi memiliki blog sendiri.

Sangat mudah sekali bukan untuk membuat sebuah blog gratis di WordPress. Sekarang Anda hanya perlu konsisten untuk posting konten yang mengena di blog. Jadikan blog Anda sebagai blog yang ramai di minati pembaca serta memberikan inspirasi. Tulislah konten sesuai dengan keahlian Anda dan rajin-rajinlah membuat postingan, minimal satu artikel perhari. Gunakan juga pilihan Template dari WordPress yang menarik agar blog Anda keren dan cantik di lihat pengunjung. Googling-lah pilihan template menarik dari WordPress, sehingga Anda bisa tahu referensi yang tepat untuk di aplikasikan di blog Anda. Selamat berkarya dan nantikan tips menarik dari Mebiso esok hari.

 

Baca artikel menarik lainnya:

7 Template Blogger Keren Yang Bisa Langung Anda Aplikasikan di Blog Anda

5 Cara Membuat Tampilan Blog Lebih Keren

Langkah-langkah Membuat Blog Legendaris

           
  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *