Featured

Ubah Sampah Jadi Usaha, Hasilkan Jutaan

 

Loading...

Sampah, sampah, dan sampah. Menjadi permasalahan yang umum dan dihadapai oleh semua kota. Sampah menumpuk tidak bisa dimanfaatkan bisa berbahaya dan jadi masalah besar. Diolah dengan dihancurkan atau dibakar mungkin tidak cukup untuk mengatasinya.

Salah satu cara agar sampah bermanfaat adalah mengubahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi. Sampah diolah untuk menjadi barang-barang yang bermanfaat. Beragam barang bisa diciptakan dari sampah.

Ubah sampah menjadi usaha sudah seharusnya mulai dilakukan oleh masyarakat. Untuk itu tim mebiso telah memberikan beberapa inspirasi bisnis yang berbahan baku sampah dan berhasil mendapatkan puluhan juta dari bisnis sampah. Simak poin-poin berikut.

Tas Serbaguna

Untuk mengurangi sampah plastik memang kita disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakan plastik, terutama kantong plastik. Ketika kita dipasar, kita bisa membawa tas serbaguna untuk membawa barang yang kita beli. Dan pasti tas yang kita pakai adalah tas yang berasal dari daur ulang sampah juga.

Alas Tikar

Jika sebelumnya alas atau tikar yang kita pakai terbuat dari kain. Kini untuk lebih menyelamatkan lingkungan kita bisa menggunakan alas yang terbuat dari plastik daur ulang. Dengan harga yang bisa lebih hemat dan lebih tahan air.

Sandal Jepit

Jumlah sampah bekas setiap tahun tergolong besar. Hal ini dikarenakan jumlah kendaraan, baik roda empat atau roda dua yang ada di Indonesia tergolong tinggi. Sebanyak lebih dari 100 juta kendaraan bermotor. Yang pasti mereka memakai ban dan setiap kendaraan pasti pernah melakukan pergantian ban. Nah, ban sudah tak terpakai ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi sandal daur ulang serbaguna.

Hiasan Rumah

Beberpa sampah bekas bisa kita manfaatkan juga untuk membuat produk-produk hiasan rumah. Kita bisa memanfaatkan sampah botol, kaleng, dan sebagainya untuk mebuat vas bunga, kotak tisu, atau beragam hiasan dinding lainnya yang berbahan baku dari sampah-sampah bekas.

Pupuk

Ini sangat umum sekali untuk memanfaatkan sampah organik untuk menjadi pupuk kompos yang bisa bermanfaat bagi tanaman. Untuk menjadikan sampah menjadi pupuk kompos maka masyarakat sudah harus bisa menggolongkan sampah organik dan non-organik sehingga proses pembuatan pupuk kompo semakin mudah.

Biji Plastik

Mengolah sampah plastik menjadi plastik lagi dengan biji plastik. Biji ini bisa dimanfaatkan untuk bahan baku membuat produk-produk plastik lagi seperti kursi, meja, lemari, beberapa peralatan rumah tangga dan sebagiannya.

Nah itu dia keenam inspirasi untuk ubah sampah jadi usaha. Plilihlah mana yang memungkinkan untuk kamu jalan maksimal. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel Menarik ini

Menghasilkan Uang dari Youtube

Industri Kreatif Semakin Masif

Bisnis Kulinermu Stagnan Lakukan Ini


Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *