Running A Business Start A Business Tips Bisnis

Bisnis Online: 5 Tips Mutlak untuk Membuat Bisnismu Go Online

 

Loading...

Tak dipungkiri lagi adanya bisnis online menjadi tren yang semakin bergerak naik. Banyak orang berlomba-lomba untuk memulai bisnis online.

Tak jarang pula ada pemilik bisnis konvensional yang ingin menjadikan bisnisnya “go online”.

Tapi, memulai usaha online tidak semudah yang dibayangkan orang. Banyak hal yang harus disiapkan.

Untuk membuat bisnismu go online, mebiso merangkumkan 5 tips praktis untukmu.

menguasai media sosial
Sumber gambar: Pexels

1. Bisnis online mengharuskan kamu menguasai sosial media

Media sosial menjadi saluran pemasaran yang banyak digunakan bisnis-bisnis online untuk memasarkan produknya.

Melalui media sosial, usaha online dapat menemukan pelanggan baru, membalas keluh kesah pelanggan, hingga membuat pelanggan menjadi loyal.

Bisnis yang tidak memiliki strategi media sosial yang bagus seringkali tidak mendapat perhatian dari calon pelanggan dibanding bisnis yang memiliki strategi media sosial yang menarik.

mempelajari trend
Sumber gambar: Pexels

2. Kenali calon pelangganmu dengan mempelajari tren

Calon pelanggan yang mau membeli suatu produk usaha online banyak menghabiskan waktunya untuk mengonsumsi konten-konten yang sedang viral.

Mempelajari tren yang sedang viral di sosial media akan membuatmu memiliki inspirasi untuk membuat materi pemasaran yang menarik perhatian calon pelangganmu.

Jika materi pemasaranmu, baik itu konten atau iklan relevan dengan tren yang sedang viral, materi pemasaran tersebut akan relevan dengan calon pelanggan yang berusaha kamu raih.

usaha online, membuat blog
Sumber gambar: Pexels

3. Membuat blog atau website adalah sebuah keharusan

Bisnis onlinemu butuh blog atau website untuk tetap eksis. Blog atau website ini nantinya menjadi tempat dimana kamu bisa memposting artikel-artikel untuk menarik orang agar mau berkunjung.

Jika diibaratkan, blog atau website adalah kantor yang kamu miliki sendiri lahannya sehingga kamu bebas menentukan pengelolaannya.

Sementara jika kamu tetap mengandalkan media sosial, kamu tidak memiliki banyak kuasa karena program pemasaran yang kamu lakukan akan sangat dibatasi oleh algoritma media sosial.

bisnis online, produktif membuat konten
Sumber gambar: Pexels

4. Kamu harus produktif dalam membuat konten

Usaha online memerlukan konsistensi. Salah satunya adalah konsisten dalam membuat konten baik itu untuk keperluan sosial media atau blog.

Banyak usaha online yang gagal dikarenakan mereka tidak bisa konsisten dalam membuat konten.

Apabila anda konsisten dalam membuat konten niscaya akan banyak pengunjung yang mengunjungi sosial media atau blog anda yang nantinya akan menjadi pelanggan bisnis anda.

laporan kpi usaha online
Sumber gambar: Unsplash

5. Mempelajari KPI (key performance indicator) bisnis online

Hal yang tak kalah penting di dunia bisnis online adalah mempelajari KPI (Key Performance Indicator) dari bisnis online sendiri.

KPI merujuk kepada ukuran keberhasilan dari suatu usaha online. KPI ini ada banyak macamnya. Salah satunya adalah jumlah pengunjung web, follower di sosial media, dll.

Masing-masing KPI ini perlu selalu dimonitor dan ditingkatkan performanya. Apabila usaha online anda tidak mencapai KPI yang diharapkan, tentunya Anda harus mengevaluasi strategi yang anda terapkan dan membuat strategi baru agar bisnis Anda semakin berkembang.

Sebaliknya, bila usaha online anda mencapai KPI yang anda terapkan, tentunya anda tinggal melipatgandakan usaha dan modal yang anda keluarkan. Hal tersebut nantinya akan menghasilkan laba yang lebih tinggi.

Itulah 5 tips praktis yang bisa anda terapkan untuk membuat bisnis anda go online. Selalu ingat kalau usaha online membutuhkan konsistensi dan ketekunan.

Anda harus memiliki mindset untuk selalu belajar membangun usaha online karena dunia bisnis akan selalu berubah. Apa yang berhasil di tahun 2017 misalkan bisa jadi sudah tidak relevan lagi di tahun 2019.

Oleh karenanya, tetap belajar terus ya.

Baca artikel menarik lainnya

Jet Commerce Ekspansi Solusi End-to-End E-commerce ke Vietnam dan Thailand

Workshop Google Ads Surabaya – Advanced Class

Belajar Bisnis dari 3 Film Ini!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *