Running A Business

Variasi Halaman Under Construction ala @dantonp

 

Loading...

Gunakan.com adalah sebuah project rahasia dari @dantonp. Website ini belum rilis. Katanya, saat ini masih dalam tahap pengembangan. Jika saat ini anda akses Gunakan.com, akan muncul sebuah tampilan halaman Under Construction, atau yang mungkin lebih dikenal dengan Coming Soon Page.

Pertanyaannya adalah: kenapa perlu memasang halaman Under Construction? Di sini, @dantonp angkat bicara. Pada dasarnya, online marketer akan menggunakan setiap kesempatan untuk grab pasar sedini mungkin. Apalagi jika saat ini anda sedang dalam suatu acara offline yang menuntut untuk memberi tahu informasi website anda kepada pengunjung. Saat-saat seperti inilah antusiasme pasar ada di puncaknya, dan tugas anda adalah menjaga keberlangsungan antusiasme tersebut.

Ada banyak cara untuk menjaga halaman Coming Soon anda lebih interaktif. Inilah beberapa tips ala @dantonp:

1. Berikan Timer jika anda bekerja sesuai timeline yang jelas

Mungkin anda sering menemukan sebuah halaman under construction yang memasang waktu yang berputar mundur (countdown). Strategi ini sangat pas diterapkan jika anda bekerja sesuai timeline. Dengan demikian, visitor bisa mengantisipasi kapan mereka bisa menikmati website anda.

under-construction-2

2. Collect email

Sedangkan jika anda tidak bekerja sesuai timeline, anda bisa memasang permintaan collect email. Dengan demikian anda bisa mengumpulkan email2 pengunjung yang nantinya bisa dihubungi begitu pembangunan website anda selesai.

under-construction-12

3. Pasang update status Twitter

Alternatif terakhir adalah memasang update status Twitter. Sama seperti halnya collect email, di sini tujuan akhir anda adalah mengumpulkan follower, yaitu pengunjung anda. Jadinya, broadcast mengenai update status website tidak perlu lagi dikirimkan melalui email, melainkan bisa secara langsung melalui akun Twitter anda.

4. Berikan kontak yang bisa dihubungi

Alternatif lain adalah memberikan kontak yang bisa dihubungi. Artinya anda meminta inisiatif pengunjung untuk menghubungi anda. Jika anda menggunakan metode ini, maka sebelumnya, anda harus menjelaskan dulu maksud website anda. Metode ini mungkin cocok bagi anda yang mengikuti pameran ketika website anda belum jadi.

5. Membangkitkan kesan liburan

Jika bicara tentang suasana, liburan adalah suasana yang paling tepat untuk menciptakan rasa santai pada pengunjung anda. Maka, jika website anda memiliki rentang waktu yang cukup lama hingga selesai, tidak ada salahnya untuk memberikan kesan liburan pada halaman Coming Soon anda.

under-construction-13

6. Ciptakan permainan

Selain suasana liburan, permainan cukup efektif untuk mengusir kebosanan, sekaligus meninggalkan kesan yang mendalam pada pengunjung anda.

Mana yang harus saya gunakan?

Anda boleh mengkombinasikan semuanya atau cukup Gunakan salah satu dari trik di atas. Personally, saya Gunakan pendekatan nomor 5 pada Gunakan.com agar lebih sesuai dengan tujuan pembuatan website.

gunakan-com

Tampilan “Coming Soon” Gunakan.com, anda bisa coba ;-)

Anda punya suggestion lain? Mari bagikan insight anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *