Berita

Wajah Baru Facebook Segera Hadir – Strategi Ampuh Kah?

 

Loading...

2018 tampaknya menjadi tahun sial bagi Facebook.

Bagaimana tidak, platform yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini terlibat skandal privasi besar-besaran sehingga membuat kepercayaan publik terhadap platform media sosial ini terjun bebas.

Pengalaman pahit tersebut membuat Facebook berbenah diri. Zuckerberg memberikan pengumuman rencana besar Facebook di tahun 2019 ini di konferensi tahunan developer mereka F8, 30 April 2019 lalu.

Dalam pengumuman resmi tersebut, Zuckerberg mengklaim bahwa tampilan baru Facebook ini, dengan kode nama “FB5” akan menjadi perubahan terbesar Facebook sejak bertahun-tahun silam. Hampir segala aspek dari Facebook berubah total.

Untuk memudahkan Anda memahami perubahan besar Facebook ini, Mebiso telah merangkumkan 3 poin penting untuk Anda ketahui.

1. Desain tampilan web dan mobile yang baru

fitur baru facebook
Sumber gambar: Facebook

Desain baru ini tercatat sebagai redesain major kelima yang pernah Facebook lakukan. Fokus dari desain anyar ini terletak pada komunitas (fitur grup Facebook).

Desain baru ini ditujukan untuk mempermudah pengguna menemukan apa yang mereka cari. Selain itu, Facebook juga mengklaim bahwa dengan desain seperti ini pengguna akan menjadi lebih aman.

2. Fokus membangun komunitas

kabar terbaru facebook
Sumber gambar: Facebook

Desain baru ini diklaim menonjolkan komunitas sejalan dengan fokus Facebook untuk mempererat komunikasi manusia lewat komunitas baik itu publik atau privat.

Artinya, fitur Group akan menjadi poin utama dan fitu ini sendiri sudah banyak digunakan oleh para pengguna. Terbukti ada puluhan juga group aktif di Facebook.

Menggunakan fitur Group Facebook akan jadi lebih mudah. Pengguna akan lebih mudah menemukan group yang mereka inginkan, lebih mudah juga untuk berpartisipasi.

Tampilan feed pengguna juga akan disesuaikan dengan group yang mereka ikuti. Semua pembaruan mengenai group yang pengguna ikuti bisa langsung muncul dalam satu tampilan.

3. Mendekatkan pengguna lewat fitur jodoh dan kopi darat

desain baru facebook
Sumber gambar: Facebook

Selain berfokus pada komunitas, Facebook rupanya juga mempedulikan urusan jodoh penggunanya.

Lewat fitur yang bernama Secret Crush, pengguna bisa mencari tahu perasaan gebetannya.

Idenya sederhana. Pengguna (yang bersedia) diminta untuk memasukkan sembilan nama teman yang disukai oleh si pengguna.

Lalu, jika teman yang dimasukkan juga memasukkan nama pengguna, mereka berdua akan “matched”. Jadi mereka berdua akan tahu kalau mereka saling menuliskan nama masing-masing.

Jika hanya satu yang menuliskan nama, maka orang yang ditulis namanya tidak akan mengetahui.

Selain fitur jodoh ini, Facebook juga sedang mempersiapkan fitur “kopi darat”.

Di pengaturan Facebook pengguna, ada opsi untuk bertemu teman baru yang bisa dipilih. Jika diaktifkan, pengguna bisa menemukan teman baru yang bersedia untuk ditemui. Dalam hal ini, pengguna juga bersedia untuk ditemui.

4. Perubahan lain

Facebook 2019
Sumber gambar: Facebook

Selain redesain dan penambahan fitur baru, Facebook juga memperbarui fitur Marketplace. Di Amerika Serikat, pengguna bisa mengirim produk ke luar negeri. Jadi tidak terbatas di dalam negeri saja.

Pengguna juga bisa membayar produk yang dipesan secara aman lewat aplikasi Facebook.

Selain itu, ada juga fitur Events yang sekarang lebih mudah digunakan. Pengguna bisa dengan mudah mengeksplorasi kota, berkoordinasi dengan teman, menemukan bisnis lokal, hingga menemukan restoran baru sesuai dengan kesukaan personal pengguna.

Penutup

Langkah Facebook dalam melakukan redesain tidak bertujuan untuk mempercantik semata. Terbukti, mereka juga memperbarui fitur-fitur unggulan dan lebih memfokuskan pengguna untuk saling terhubung dalam komunitas.

Menurut penulis, langkah Facebook ini dilakukan untuk menyelesaikan persoalan penurunan pengguna yang sedang menimpa Facebook saat ini.

Apakah langkah ini akan sukses?

Kita tunggu saja nanti.

Baca juga artikel menarik lainnya:

5 Langkah Mudah Memulai Email Marketing Untuk Pemula

4 Pelajaran Marketing yang Bisa Anda Dapatkan dari Waralaba Avenger

6 Tantangan Bisnis yang Membuat Nyali Pebisnis Baru Ciut

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *