Running A Business Tips Bisnis

Waspadai 5 Penyebab Kegagalan Bisnis Berikut Ini

 

Loading...

Kegagalan Bisnis Menjalankan bisnis memang penuh tantangan, tidak hati-hati bisnis pun bisa gagal. Yuk antisipasi! Simak deretan penyebab kegagalan dalam berbisnis berikut ini.

1. Bisnis tidak direncanakan secara matang

Perencanaan adalah hal yang terpenting dalam berbisnis. Tanpa rencana yang baik, bisnis pun tidak akan berjalan dengan baik.

Untuk berbianis, Anda perlu tujuan serta visi-misi yang jelas. Segala tindakan harus berpedoman pada hal-hal yang telah Anda tetapkan tersebut. Menyusun business plan atau rencana bisnis bisa memudahkan terwujudnya hal ini.

Tentukan model bisnis yang hendak dijalankan. Selain itu, lakukan riset pasar dengan cermat. Pelajarilah target pasar, agar bisa tepat sasaran. Riset pasar juga berguna untuk mematangkan model bisnis yang dikehendaki, apakah sudah cocok atau masih perlu penyesuaian.

2. Kemampuan kepemimpinan yang buruk

Tak jarang, para pebisnis membutuhkan bantuan karyawan untuk menjalankan bisnisnya. Dibutuhkan kepemimpinan yang baik untuk dapat membimbing karyawan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mendorong produktivitas. Ia juga mampu mendelegasikan tugas secara tepat. Selain itu, ia juga penuh strategi sehingga bisa membuat keputusan yang bijak.

Kepemimpinan yang buruk dapat menghambat produktivitas. Oleh karenanya, selalu perkaya wawasan akan bagaimana menjadi pemimpin yang baik.

3. Tidak berusaha untuk melek teknologi

Zaman sekarang, teknologi hadir di segala perikehidupan. Bisnis pun bisa berjalan dengan lebih mudah dengan bantuan teknologi. Bahkan, Anda bisa mengalami hambatan tertentu jika tidak memanfaatkan teknologi. 

Salah satu contoh dari pemanfaatan teknologi adalah promosi bisnis lewat medsos. Medsos sangat populer di berbagai kalangan. Bisnis kita akan mudah dikenal ketika dibuatkan medsosnya. Sebaliknya, akan lebih sulit membuat bisnis terkenal ketika kita tidak menggunakan medsos. 

Tak hanya medsos, masih banyak strategi berbisnis yang bisa dibantu dengan teknologi. Memanfaatkan website dan platform e-commerce untuk meningkatkan penjualan, membuat pembukuan dengan software akuntansi, dan masih banyak lagi. Hal yang perlu dilakukan adalah selalu belajar.

4. Minim akan inovasi

Menurut Rhenald Kasali seperti yang dilansir dari Elshinta.com, salah satu kegagalan dalam berbisnis bisa disebabkan karena tidak adanya inovasi dari leader. Perusahaan sebagus apapun bisa dikalahkan dengan hadirnya produk inovasi pihak lain. 

Beliau mencontohkan kasus Nokia, merek ponsel yang sangat legendaris pada zamannya. Nokia yang dipimpin orang-orang terbaik dan sempat merajai pasar ponsel harus rela takluk oleh hadirnya berbagai smartphone alias ponsel pintar dari perusahaan lain. 

Oleh karenanya, Anda harus siap untuk selalu mengikuti perkembangan tren dan menciptakan inovasi. Dengan demikian, bisnis Anda pun bisa bertahan.

5. Ingin sukses secara instan

Hal ini sering terjadi pada pebisnis. Memang, tak ada salahnya untuk menjadi sukses. Namun, tidak ada kesuksesan yang diraup dengan cepat. Semuanya butuh proses dan pengorbanan. 

Pemikiran tersebut harus tertanam jelas dalam benak,  ketika Anda memutuskan untuk mulai berbisnis. Kesuksesan besar tidak akan Anda raih secara instan, terkadang Anda harus siap untuk jatuh bangun terlebih dahulu.  

Ingin sukses itu baik, namun juga bisa menjadi bumerang jika pemikirannya salah. Banyak pebisnis yang ingin cepat-cepat sukses, sehingga tidak sabar dalam berbisnis serta mengambil keputusan yang kurang bijak. Akibatnya, mereka tidak tahan banting dalam mempertahankan bisnisnya.

Kegagalan bisnis bisa diantisipasi, asalkan…

Pada dasarnya, setiap bisnis pasti akan mengalami hambatan. Hambatan yang tidak dikendalikan dengan baik berpotensi menarik bisnis ke jurang kegagalan. Oleh karenanya, kenali hambatan Anda dalam berbisnis!

Dengan mengenali hambatan yang sedang dihadapi, Anda bisa mengambil solusi yang tepat untuk menanganinya. Jangan ragu berdiskusi dengan rekan sesama pebisnis serta memperkaya wawasan tentang berbisnis dari berbagai sumber.

Dapatkan berbagai referensi untuk bisnis hanya dari Mebiso. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *