Interviews

Wawancara Bareng Bapak Dedy Kurniadi, Owner Goolali.com

 

   

Goolali.com merupakan sebuah toko online yang menjual berbagai macam product dalam porsi retail. Nama yang sangat unik ini membuat Bapak Dedy Kurniadi(33) yang sekaligus owner dari Fiorjilbab.com ini terus menekuni dan berusaha membesarka Goolali.com, agar mampu menjadi toko yang serba ada. Beberapa waktu yang lalu, tim Mebiso berhasil mewawancarai beliau. Dan berikut ini adalah ulasannya:

Halo Pak Dedy, Bisa diceritakan bagaimana cerita awal ketika Anda masuk ke dunia enterpreneur?

Sejak jaman kuliah memang saya suka diskusi dengan teman-teman kalau nanti sudah lulus mau usaha atau kerja. Akhirnya kita bersama – sama memutuskan untuk mencoba membuka usaha. Awalnya karena saudara saya memiliki pabrik boneka, maka saya mencoba untuk menjual boneka. Lalu lama kelamaan saya belajar untuk mengimpor barang sendiri dan menambah jenis item barang yang saya pasarkan.

Pengorbanan terbesar apa yang sudah pernah Anda lakukan untuk menjadi seorang enterpreneur?

Pengorbanan tentu dari waktu dan tenaga baik secara fisik maupun pikiran. Karena untuk menjadikan usaha lebih besar maka butuh investasi selain uang yaitu waktu dan tenaga.

Bisa diceritakan tentang bisnis Anda dan jenis produk apa yang ditawarkan?

Bisnis saya bergerak dibidang retail online dengan variasi produk yang mayoritas lebih tertuju untuk market wanita berumur 40 tahun kebawah. Contoh produk berupa boneka, tas, collectible items, sepatu, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana latar belakang berdirinya bisnis Anda ini?

Goolali.com berdiri Tahun 2011, awalnya dengan berjualan 1 macam produk yakni boneka. Namun dengan seiring pertumbuhan bisnisnya, maka jenis produk yang sekarang ditawarkan sudah bervariasi, seperti sepatu, tas, dan lain sebagainya.

Ceritakan bagaimana Anda memasarkan bisnis Anda ini?

Sebagai bisnis online tentu cara pemasaran berbeda dengan bisnis offline. Jadi cara pemasaran untuk Goolali.com adalah melalui social media dan iklan di website – website terkenal. Kami lebih memanfaatkan promosi melalui sosial media.

Sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Agar berbeda dengan bisnis lain,Goolali.com berusaha untuk selalu memuaskan pembeli dengan layanan yang cepat dan resi pengiriman yang cepat juga. Ini yang menurut kami membedakan dari toko online lain yang konsepnya serupa dengan kami.

Apa pengalaman paling berkesan selama menjalankan bisnis ini?

Pengalaman yang mengesankan adalah berupa interaksi dengan pembeli via online, karena sangat berbeda dengan offline. Kalau via online, karena kita tidak bertatap muka, kadang suka terjadi kesalahpahaman. Oleh karena itu kita harus pandai  memilih kata-kata dalam berinteraksi. Kepuasan didapatkan berupa testimonial buyer apabila puas dan senang dengan produk yang telah dia beli.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Ruang lingkup market Indonesia untuk online sebenarnya sangat potential sekali, sayang infrastruktur belum terlalu siap. Dari segi kecepatan dan penyebaran internet. Ke depannya apabila infrastruktur sudah memadai, maka Indonesia akan menjadi salah satu market online terbesar di Asia Tenggara.

Lalu, bagaimana dnegan tantangan dan kendala yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan yang dihadapi adalah infrastruktur internet yang masih belum memadai. Untuk mengatasinya Goolali.com menggunakan beberapa provider internet sekaligus.

Apa rencana kedepannya untuk mengembangkan bisnis Anda ini?

Ke depannya Goolali.com berencana untuk menyediakan range jenis barang yang lebih bervariasi lagi dan apabila orang hendak mencari barang yang dibutuhkan maka Goolali.com adalah salah satu yang terlintas dipikirannya.

Siapa tokoh yang jadi motivasi Anda atau apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai seorang enterpreneur?

Quote yang paling berkesan bagi saya “Whenever there’s a will, there’s a way”. Quote yang sudah lama dan umum, tapi memang benar. Kalau kita berusaha mencari jalan, sabar dan tekun, pasti akan ada selalu jalannya.

Saran terbaik yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Jangan menyerah untuk berusaha, dan jangan menunda pekerjaan. Dunia usaha sangat beragam, untuk menjadi sukses ada berbagai macam bidang dan cara. Tinggal ditekuni dan dijalani dengan semangat yang konstan dan kesuksesan akan tercapai.

Terimakasih Pak atas waktu dan kesempatannya berbagi cerita bersama pembaca Mebiso. Semoga Goolali semakin dan selalu sukses ;-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnis mediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *