Technology

WebP: Format Gambar Baru yang Relatif Lebih Baik Dibanding JPEG, GIF dan PNG

 
  • 3
    Shares

   

Gambar adalah bagian utama, main actor dari konten halaman web. Begitu pula dengan ukurannya. Dia bisa jadi sangat besar, dan berat. Maka sangat penting bagi pengembang web untuk melakukan kompresi pada kualitas dan ukuran gambar agar memberikan waktu load yang cepat. Anda harus dapat memilih metode kompresi yang tepat untuk menghasilkan gambar dengan ukuran kecil dengan kualitas bagus. 3 pertimbangan ketika memilih format gambar bagi web developer adalah:

  1. Apakah perlu transparansi?
  2. Apakah perlu animasi?
  3. Apakah membutuhkan kualitas tinggi?

PNG adalah format sederhana yang mendukung transparansi dan kompresi lossless. Hal ini memungkinkan anda untuk menentukan alpha channel untuk gambar anda, untuk daerah transparan, serta pilihan untuk mengaktifkan lossless. Kualitas gambar tetap identik dengan gambar aslinya, hal ini menyebabkan ukuran file cenderung agak lebih besar.

GIF adalah format lain yang mendukung transparansi dan animasi. Format GIF berisi dua tahap kompresi, lossy palletization (membatasi seluruh gambar hanya 256 warna) diikuti oleh lossless LZW kompresor, Proses kuantisasi warna gambar hanya 256 memberikan pengurangan kualitas gambar yang sangat signifikan dan untuk kompresi akan lebih baik.

JPG adalah format terbaik untuk anda jika anda tidak perlu transparansi dan animasi. Hal ini umumnya dirancang untuk menangani kompresi data foto berkualitas tinggi, tetapi menyediakan satu set dikonfigurasu opsi kompresi Lossy, memungkinkan anda untuk mengurangi kualitas kompresi dengan  ukuran gambar.

Atau, anda bisa gunakan format baru. Namanya WebP. Format baru dari Google ini tidak hanya unggul dalam hal kompresi, tetapi juga transparansi dan animasi. Serta  menggunakan kedua kombinasi kompresor, lossy dan lossless dan banyak seperti pada format JPG. Anda jadi bisa menentukan tingkat kualitas dan ukuran file gambar. Format WebP dapat  menghemat hingga 30% dibanding format JPG. Namun sayangnya, format gambar baru ini belum diadopsi pada semua web browser. sehingga para pengembang web yang akan mengadopsi format ini harus menyesuaikan juga dengan web browser pengguna.

Kompresi

Lossless

Lossy

Transparansi

Animasi

PNG

Good

Yes

No

Full

No

GIF

Ok

Yes

Yes

Binary

Yes

JPG

Good

Yes

Yes

No

No

WebP

Great

Yes

Yes

Full

Yes

Berikut ini video dari Google Webmaster yang menguji kualitas gambar dengan WebP.

           
  • 3
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *