Technology

Alasan Mengapa Tampilan Website E-Commerce Wajib Diperhatikan

 

Website E-commerce – Menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh customer pada website e-commerce yang Anda miliki tidaklah cukup. Salah satu faktor utama yang tidak boleh terlupakan yaitu tampilan visual atau desain dari website bisnis. Tampilan website bukan hanya menjadi halaman depan dari toko online saja, tetapi juga memegang pengaruh penting dalam banyak aspek bisnis Anda.

Mebiso dan Sirclo telah berkolaborasi dalam merangkum sejumlah alasan mengapa tampilan website bisnis penting untuk diperhatikan.

Website e-commerce Anda menentukan kesan pertama

Calon customer akan mendapatkan kesan pertama tentang bisnis Anda salah satunya dari tampilan website. Para calon customer bisa menentukan opini mereka terhadap brand dalam hitungan detik. Apabila tampilan website tidak menarik, brand tidak akan diingat oleh para calon customer dan mereka akan meninggalkan website Anda begitu saja. Maka dari itu, penting untuk memiliki tampilan website yang dapat memberikan kesan positif dari tampilan, tingkat responsif, kecepatan, dan kemudahan penggunaannya.

Website e-commerce merupakan bagian dari branding

Desain merupakan bagian dari branding, termasuk juga desain website. Tampilan website yang konsisten dan harmonis dengan keseluruhan desain brand akan menunjukkan identitas bisnis Anda dan membuatnya lebih mudah diingat oleh konsumen. Selain itu, branding yang baik juga membantu bisnis lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor bisnis Anda.

Membangun kepercayaan

Calon customer tidak mempercayai website dengan desain yang buruk. Apabila mereka melihat tampilan yang kurang menarik atau kurang informatif, kepercayaan mereka terhadap bisnis tersebut akan menurun. Bahkan mereka mungkin menjadi curiga terhadap bisnis tersebut karena tidak diupdate dengan tampilan yang baik. 

Sebaliknya, website yang terlihat profesional akan membuat costumer lebih percaya dan merasa aman untuk melakukan transaksi di website tersebut. Tampilan website menjadi salah satu cara untuk membangun kepercayaan customer. Semakin lama customer bertahan di website Anda, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan leads dan meningkatkan penjualan.

Memengaruhi ranking SEO

Website yang tidak didesain dengan baik dapat mempengaruhi kecepatan website. Apabila website membutuhkan waktu lama untuk dibuka, pelanggan akan malas dan akhirnya meninggalkan website. 

Ini akan meningkatkan bounce rate Anda menjadi tinggi dan akhirnya membuat peringkat SEO website turun. Hal ini penting untuk diperhatikan juga dalam mendesain tampilan website, agar peringkat SEO Anda tetap konsisten sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon customer.

Memudahkan pengunjung menemukan informasi

Website yang dibanjiri dengan informasi dan desain yang rumit akan menghambat customer mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Bahkan, hal ini bisa saja membuat mereka batal melakukan transaksi. 

Sebaliknya, tampilan website yang baik dapat memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan efisien. Selain itu, hal ini dapat memudahkan tim layanan pelanggan agar mereka tidak mendapatkan pertanyaan berulang yang sebenarnya dapat ditemukan di website.

Tampilan website bisa menentukan perkembangan suatu bisnis. Maka itu, pebisnis sebaiknya menyediakan anggaran untuk mengoptimalkan tampilan website agar lebih menarik, ramah bagi pengguna, dan dapat diakses melalui mobile akan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda.

Konten ini telah dipublikasikan di Sirclo. Kunjungi Sirclo untuk tips dan strategi pemasaran serta e-commerce lainnya!
(dok. Pexels)


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *