Event

Workshop Blog & SEO di Surabaya bareng @tseljawabali

 

Setelah sukses dilaksanakan di Purwokerto dan Jember, Workshop Ngeblog & SEO Jagoan Hosting Indonesia dan Telkomsel lanjut lagi di kota pahlawan, Surabaya.  Berikut adalah catatan perjalanan saya dan Ditra yang kemarin mewakili rekan-rekan Jagoan Hosting Indonesia.

Sobat #MudaItuWOW Surabaya

Remaja Surabaya adalah generasi yang melek IT. Mungkin karena sejak dini mereka telah terpapar teknologi. Makanya workshop kemarin pun bisa dikatakan berlangsung dengan cukup lancar. Meski sempat terkendala dari sisi teknis, luar biasanya teman-teman Surabaya bisa dengan mudah mengikuti.

Mereka cenderung inovatif. Buktinya mereka berani bermain-main dengan pilihan theme dan plugin-plugin WordPress yang kurang familiar sekalipun. Selain itu, mereka punya sense yang cukup terasah. Misalnya menulis ala keyword-oriented hingga jurnalistik, pemrograman HTML, dan jago ngeblog. Makanya, saya tidak akan terkejut jika dalam 5 tahun mendatang, dari sini akan muncul orang-orang hebat.

Tantangan bagi orang-orang hebat seperti ini justru lebih klasik lagi. Yaitu jika suatu hari mereka mulai mempertanyakan motivasinya. Pertanyaan seperti “Kenapa harus lanjutkan blog saya?” suatu saat akan muncul. Hal ini berlaku pula bagi semua sobat muda, tidak hanya di Surabaya.

Maka melalui laporan kali ini, ijinkan saya menjawabnya dengan ajakan untuk mengejar kesempatan.

Menurut saya, agenda workshop yang telah diselenggarakan secara apik oleh rekan-rekan Telkomsel merupakan  kesempatan yang baik. Bukan hanya bagi peningkatan kemampuan sobat #MudaItuWOW sendiri, melainkan juga kesempatan untuk meninggalkan kesan di sekolah. Misalnya nanti ketika sobat #MudaItuWOW telah lulus sekolah. Kalian bisa berkaca pada kenangan masa lalu dan dengan bangga bilang, “Eh website sekolahku yang bagus dan sekarang ber-pagerank tinggi itu, aku lo yang usahakan”.

Sambil ketika dalam proses itu, sobat #MudaItuWOW dapat menggunakan kesempatan yang sudah didapat untuk belajar bagaimana membangun dan menjalankan sebuah blog.

Ingat! seorang ahli juga berawal dari newbie. Dia menjadi ahli begitu menghabiskan 1000 jam untuk melakukan sebuah kegiatan.

Siapa tahu kemudian akan muncul penulis buku, penggiat startup online, dan enterpreneur dari sini. Kuncinya satu. Yakni Stay hungry, stay learning.

Telkomsel Surabaya

Grapari Surabaya adalah kantor yang apik. Kabar gembiranya, saat ini Grapari dibuka sebagai Telkomsel Playground. Yakni sebuah program di mana teman-teman pelajar bisa memanfaatkan kantor Telkomsel secara gratis untuk kegiatan sosial seperti rapat OSIS, technical meeting, dlsb. Syaratnya cukup dengan mengajukan proposal.

telkomsel-school-surabaya

Pak Rama dan Pak Agung adalah rekan Telkomsel yang sudah sejak awal membantu pelaksanaan workshop ngeblog dan SEO Jagoan Hosting dan Telkomsel. Maka melalui laporan ini, kami sampaikan pula  terima kasih yang sebesar-besarnya.

Sekian laporan saya. Perhentian selanjutnya adalah Mataram. Sampai jumpa di Nusa Tenggara ;-)


1 komentar

  • 9 April 2013 - pukul 1:37

    hehehew… kanda…kanda…kanda…

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *