Headline Jagoan Hosting Manajemen Running A Business

Yuk, Lebih Mengenal Apa Itu Lean Project Management!

 

Sob, kalian udah tahu apa itu Lean Project Management belum? Atau malah baru mendengar istilah ini?

Lean Project Management adalah salah satu metode populer yang seringkali digunakan oleh suatu perusahan. Metode ini diklaim mampu membuat perusahaan meningkatkan kualitas produknya dan menjalankannya dengan efisien. 

Lalu, sebenarnya apa sih itu Lean Project Management? Jika kalian penasaran, nih Jagoan Hosting udah punya ulasannya. Yuk, disimak! 

Pengertian Lean Project Management

lean project management
Photo by cottonbro from Pexels

Seperti yang sudah dikatakan di atas, metode ini dilakukan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitas produksi, memperbesar value dan mengurangi terjadinya pemborosan. 

Selain itu, metode ini lebih berfokus untuk meluangkan waktu dan meningkatkan hasil produksi. Metode ini sangat berguna untuk kemajuan suatu perusahan. 

Metode ini mengidentifikasi beberapa jenis pemborosan, yaitu pemborosan sumber daya yang tidak memberi nilai untung bagi perusahaan, penggunaan alat atau perekrutan karyawan yang berlebihan, dan operasional yang tidak rata serta berpotensi menurunkan produktivitas jangka panjang.

5 Prinsip Lean Project Management

Nah, metode ini awalnya muncul dengan tujuan untuk mengurangi 3 masalah utama yang sudah disebutkan. Tapi selain itu, ada beberapa manfaat lain seperti untuk meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kepuasan pelanggan, menghemat biaya, juga demi mendapat profit yang lebih tinggi.

Namun, untuk mencapai semua manfaat tersebut, ada 5 prinisip Lean Project Management yang perlu diterapkan. Ada apa aja ya? Berikut ulasannya!

1. Memahami nilai

Yaitu mencari nilai apa yang ada di dalam produk sehingga pelanggan mau membelinya dengan harga yang sudah ditetapkan. Ketika sudah menemukannya, otomatis kamu bisa menentukan berapa harga yang efektif.

2. Menggunakan value stream mapping

Value stream mapping adalah salah satu teknik untuk mengidentifikasi apa saja yang harus dihilangkan untuk mengurangi pengeluaran. Jadi, ini akan membantumu dalam mengoptimalkan sumber daya.

3. Mengurangi pemborosan

Setelah mengidentifikasi apa saja yang menyebabkan pemborosan, selanjutnya adalah mengurangi pemborosan dengan membuang langkah-langkah tidak perlu.

4. Meningkatkan daya tarik pelanggan

Kamu harus tetap membuat produk sesuai dengan permintaan pelanggan. Karena hal tersebut dapat mengurangi inventaris dan menghemat sumber daya. 

5. Melakukan perkembangan jadi prinsip Lean Project Management yang terakhir

lean project management
Photo by cottonbro from Pexels

Yang terakhir adalah tetap melakukan perkembangan. Produk yang baik adalah produk yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. 

Nah, setelah mengetahui 5 prinsip tersebut, pastikan kamu terus melakukan perbaikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bicara soal metode Lean Project Management yang diterapkan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan usahanya, kamu juga bisa Sob melakukannya meski dimulai dari bisnis kecil. 

Sebenarnya metode ini bisa kamu terapkan di bisnismu dengan mengurangi pengeluaran dan memperbesar pemasukan. Dengan melakukan go online atau digitalisasi, kamu sudah memangkas biaya-biaya yang seharusnya kamu keluarkan untuk proses konvensional. Misal, menyewa toko offline yang harganya bisa puluhan juta. 

Dengan go online, kamu hanya perlu menyiapkan platform yang menarik untuk berjualan. Seperti media sosial, aplikasi, dan website toko online yang berisikan katalog produkmu.Untuk membuat toko online yang keren, kamu juga perlu menggunakan layanan hosting yang berkualitas demi mendukung website toko onlinemu.

Mengapa begitu? Agar para pelanggan kamu puas saat menelusuri toko online kamu dong, seperti tidak perlu nunggu loading produk yang lama, tidak khawatir proses pembelian terhenti ditengah jalan, dsb.

Kalau urusan hosting untuk website atau toko online kamu sih percayakan aja sama Jagoan Hosting, penyedia layanan Cloud Hosting Terbaik dan dengan paket terlengkap seperti Toko Online siap pakai di Indonesia dengan harga dan performa yang luar biasa. 

Yuk, go online bersama Jagoan Hosting untuk menerapkan metode Lean Project Management!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *