Interviews

Bagaimana Zein Ramadhan Membawa Tas Lokal Go Internasional Lewat TasmuTasku.com

 

   

Zein Azhar Ramadhan punya jadwal yang sangat padat. Dia kelihatan sibuk memasarkan produk TasmuTasku.com. Maka ketika suatu hari dia singgah ke kantor Jagoan Hosting Indonesia, kesempatan ini dimanfaatkan teman-teman Mebiso untuk mengajak Zein berbagi pengalamannya selama mengembangkan bisnis TasmuTasku.com. Fakta baru yang kami dapatkan ketika ngobrol dengan Zein adalah di samping penampilannya yang terlihat lebih dewasa, rupanya Zein masih berusia 19 tahun.

Halo mas Zein. Bisa diceritakan kesibukan sekarang ini?

Sambil membesarkan tasmutasku.com, saat ini saya masih kuliah semester 3 di Universitas Airlangga Surabaya jurusan Ilmu Sejarah.

Wah. Studinya benar-benar bertolak belakang ya mas. Sepertinya akan menarik kalau obrolan ini kita mulai dengan cerita pertama kalinya Anda masuk dunia enterpreneur.

Siapapun bisa jadi enterpreneur asalkan berani. Latar belakang saya terjun ke dunia enterpreneur adalah dari kebutuhan. Saya adalah pendatang di Surabaya. Asal saya dari Jakarta. Di sana, saya hidup dengan orang tua saya. Dan semuanya terpenuhi. Begitu kuliah di sini, muncul keinginan saya untuk memenuhi kebutuhan saya sendiri dan merubah nasib. Cara yang saya lakukan pertama kali adalah dengan berjualan kaos distro secara online. Sudah jalan sekitar 6 bulan. Kemudian saya ketemu dengan produsen tas-tas keren. Saya melihat adanya peluang di sini. Maka, saya mempunyai ide untuk membuat online store yang khusus menjual tas-tas lokal yang berkualitas. Jadilah tasmutasku.com.

Kesibukan pasti mendatangkan tantangan. Apa tantangan terbesar anda dan bagaimana anda mengatasinya?

Aktivitas sehari-hari saya yang cukup padat. Sekitar jam 1-4 malam, saya ada latihan bahasa inggris untuk TOEFL. Karena rencananya sekitar 2014, saya ingin melanjutkan studi ke Belanda. Pagi harinya saya kuliah, dan siang harinya saya jualan. Cukup ruwet juga ketika bisnis dijalani sendiri. Namun saya merasa jika saya ingin sukses, maka saya harus disiplin tanpa mengabaikan salah satu dari aktivitas saya. Alhamdulillah, sekarang saya sudah ada tenaga bantuan.

Di tengah kesibukan tersebut, apa yang anda lakukan untuk refreshing?

Sekitar pukul 6-9 malam saya gunakan untuk beristirahat. Apabila tidak ada tugas, biasanya saya gunakan untuk nonton film agar tidak jenuh.

Pengorbanan sebagai enterpreneur?

Saya rela meluangkan pikiran, waktu, dan tenaga ekstra demi mengenalkan tasmutasku.com. Mulai harus berjam-jam di depan laptop, antri barang, hingga mengantar dari pintu ke pintu.

Apa yang ingin anda raih bersama tasmutasku.com?

Visi saya di tasmutasku.com adalah memasarkan brand lokal ke pasar internasional.

Kalau boleh tahu sekarang sudah sampai mana perjalanan tasmutasku.com mencapai visi tersebut?

Sekarang kita sudah shipping produk kita ke berbagai wilayah di Indonesia, kecuali Papua. Sampai saat ini saya belum menerima order dari Papua. Selain itu sekitar bulan Juni kemarin, kita telah ekspor 1 lusin tas ke Inggris. Belakangan pula, contact BBM kita telah di-invite oleh orang-orang Nigeria dan di Google Analytic kita kemarin terakhir kali  saya cek ada sekitar 55 pengunjung dari Amerika Serikat. Alhamdulillah mas, saya menilai diri saya termasuk orang yang beruntung.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang?

Saya rasa pengunjung merasa tertarik dengan produk yang dijual di tasmutasku.com meski mereka ingin harga yang lebih murah. Namun saya ingin konsisten dengan visi saya untuk memasarkan brand lokal ke pasar internasional. Sehingga saya butuh menjual dengan berorientasi pada kualitas.

Apa rencana tasmutasku.com di masa depan?

Jangka pendeknya, saya ingin coba bawa beberapa tas ke Australia untuk melihat penerimaan mereka. Saya punya seorang teman yang studi di Australia. Dia mengajak saya untuk liburan ke sana. Peluang ini mungkin bisa saya manfaatkan. Sedangkan jangka panjangnya, saya ingin membuka store di Jakarta dan Bandung. Karena pengunjung web kami paling banyak berasal dari sana, dan mereka juga seringkali tanya lokasi store kita. Selain itu, kita ingin kerjasama dengan lebih banyak brand. Sekarang sudah ada 4 brand dengan 50 produk.

Apa yang membedakan produk yang dijual di website tasmutasku.com dengan yang lain?

Saya rasa untuk tas belum banyak jumlah kompetitor. Kalaupun ada, kebanyakan menjual brand asing KW. Sedangkan kita menjual produk lokal yang original. Bagi produsen kami pun, saya tidak pernah memposisikan diri sebagai pesaing. Karena saya mengumpulkan brand-brand mereka untuk dipasarkan ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Jadi kalau dibilang pesaing, justru kita mengajak mereka kerjasama. Apabila mereka ingin minta tolong menjualkan tas mereka di tasmutasku.com, dengan senang hati akan kami terima. Website kami kini sudah ada di halaman pertama Google. Sekarang sudah mulai merangkak ke nomor satu. Semoga ini jadi nilai plus bagi partner kami.

Apa rahasia marketing tasmutasku.com?

Kalau dinamakan strategi marketing *rahasia*, kita tidak punya :-) Saya cukup memanfaatkan semua sumber daya secara maksimal. Misalnya sosial media. Kalau kita sering main sosial media, kenapa tidak kita manfaatkan. Kemudian saya juga beriklan ke berbagai macam marketplace. Ada yang merespon iklan saya melalui email. Dari situlah orderan saya masuk. Kita juga harus follow up customer sampai mereka closing. Salah satunya dengan memeriksa database Mailchimp kita. Beberapa berhasil.

Anda sepertinya paham betul dengan teknologi terbaru. Bagaimana anda mempelajarinya? Sebelum atau sesudah bisnis?

Saya mempelajarinya sesudah bisnis jalan. Begitu saya merasa ada kebutuhannya untuk menguasai pengetahuan ini untuk mengembangkan tasmutasku.com. Saya merasa saya harus banyak belajar. Maka saya mengambil kesempatan untuk mengikuti berbagai macam workshop.

Anda luar biasa. Karena biasanya mereka yang ingin jadi enterpreneur merasa harus merasa siap dulu sebelum mereka berani ‘nyemplung’. Bagaimana menurut Anda?

Saya merasa bahwa kita bisa belajar apapun sambil jalan, ketika kita terjun langsung. Nyatanya, kita tidak perlu tahu berbagai macam hal untuk merasa siap memulai sebuah bisnis. Kita tidak akan pernah merasa siap. Kesiapan bagi saya didapatkan di perjalanan.

Menurut anda, Apa keterampilan yang paling dibutuhkan oleh enterpreneur untuk sukses?

Kegigihan, jangan pernah menyerah. Peluang selalu terbuka lebar untuk mereka yang ingin sukses.

Siapa tokoh yang paling menginspirasi perjalanan anda sebagai enterpreneur?

Bob Sadino. Beliau besar berkat pengalaman. Beliau selalu belajar dari pengalaman dan kesalahan hari ini untuk menciptakan hal-hal besar berikutnya.

Saran bagi mereka yang ingin menjajaki dunia enterpreneur?

Saya merasa perjalanan saya masih panjang. Jadi saya belum punya kualifikasi untuk memberi saran terbaik. Namun saya sekedar ingin berpesan saja quote yang selama ini selalu saya pegang: Now or Never, Do or Die. Jangan takut untuk mencoba. Jangan terlalu banyak mikir. Di masa depan, mungkin muncul kesalahan-kesalahan dan kegagalan-kegagalan. Namun itu bukan semata-mata penghalang anda, melainkan pembelajaran bagi Anda.

Saya lihat anda menggunakan Jagoan Store untuk website anda. Boleh dong mas, berbagi pengalaman selama menggunakan layanan Jagoan Store :-)

Saya suka tampilan toko online yang dibangun dengan Jagoan Store. Karena dengan pilihan paket paling murah sekalipun, menurut saya sudah seperti bikin web dengan harga puluhan juta. Semoga Jagoan Store semakin berkembang lagi di masa depan.

Terimakasih mas Zein. Semoga kedisiplinan anda akan senantiasa membawa anda untuk sukses di studi, di bisnis, dan di kehidupan. Sukses selalu untuk TasmuTasku.com.

Quote of the day: “Kita tidak perlu tahu berbagai macam hal untuk merasa siap memulai sebuah bisnis. Kita tidak akan pernah merasa siap. Kesiapan akan tiba di tengah perjalanan.”

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *