KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Berapa Lama Proses Pendaftaran Merek? Cari Jawabannya Disini

Berapa lama proses pendaftaran merek

MEBISO.COM – Berapa lama proses pendaftaran merek? Hanya butuh waktu 5 menit saja untuk kamu bisa mendaftarkan merek. Artinya, kamu bisa menyelesaikan proses pendaftarannya hanya dalam satu kali duduk saja. 

Nyatanya, untuk memproses satu merek memang hanya perlu beberapa menit saja. Tentunya, dalam satu hari kamu bisa menyelesaikan banyak pendaftaran merek. Hal itu adalah jawaban dari pertanyaan kamu mengenai berapa lama proses pendaftaran merek. 

Proses Pendaftaran Merek

Kalau proses pendaftarannya bisa selesai hanya dalam beberapa menit, untuk bisa mendapatkan sertifikat itu hal yang berbeda. Jadi, setelah kamu mengirimkan permohonan yang hanya beberapa menit tadi, kamu tidak akan langsung mendapatkan sertifikat. 

Yang akan kamu dapatkan setelah mengajukan pendaftaran hanya sebuah bukti pendaftaran merek. Apakah bedanya dokumen tersebut dengan sertifikat? Bukti pendaftaran adalah bukti dimulainya perlindungan.

Kamu sudah mendapatkan hak sekaligus mendapatkan perlindungan walaupun sertifikatnya belum terbit. Setelah sertifikat terbit apakah akan ada yang berbeda? Ya, tentu akan ada yang berbeda setelah sertifikat merek terbit. 

Sebelum mendapatkan sertifikat, masih ada kemungkinan hak kepemilikan atas merek kamu bisa hilang atau berhenti perlindungannya. Hal ini tergantung dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Ditjen KI.

Sedangkan setelah kamu mendapatkan sertifikat merek, artinya pemeriksa sudah selesai melakukan pemeriksaan dan dalam keadaan normal hak kepemilikan kamu atas suatu merek sudah tidak bisa hilang atau berhenti. 

Disinilah yang harus kamu pahami. Proses pendaftaran merek bisa selesai dalam beberapa menit saja, tapi proses pemeriksaannya akan selesai dalam waktu berbulan-bulan bahkan tahun kalau ada masalah dengan hasil pemeriksaan kamu. 

“Selesai dalam waktu berbulan-bulan bahkan tahun kalau ada masalah dengan hasil pemeriksaan kamu”. Artinya, berapa lama proses pendaftaran merek itu tergantung dari kekuatan merekmu sendiri. 

Kalau mereknya aman, tanpa ada gangguan, dan juga memiliki daya pembeda yang kuat. Kamu bisa dengan mulus mendapatkan bukti pengajuan dan juga sertifikat merek kurang dari satu tahun.

Tapi, tentu ada kondisi berbeda ketika merek yang kamu ajukan ternyata mendapatkan gangguan, karena bisa jadi kamu berhasil mendapatkan sertifikat merek setelah lebih dari 1 tahun waktu pengajuannya. 

Kalau kamu mau merekmu aman dan juga lancar tanpa perlu drama gangguan dari pihak lain, ada trik khususnya. Kamu bisa mencoba mempertimbangkan menggunakan jasa perlindungan merek yang sudah ahli.

Jasa Pendaftaran Merek

Dimana kamu bisa mendapatkan jasa yang sudah ahli tersebut? Salah satunya adalah Jasamerek.com yang bisa memberikanmu perlindungan ekstra! Apa saja yang dibutuhkan oleh pemilik merek sudah tersedia dalam satu paket. 

Mulai dari pengecekan nama merek, untuk menilai kekuatan perbedaan pada merekmu. Kemudian, konsultasi pemilihan kelas untuk menyesuaikan dengan barang atau jasa yang paling sesuai dengan bisnis kamu. 

Bahkan kamu juga sudah mendapatkan layanan untuk memantau perkembangan merek secara realtime. Artinya, kamu sudah tidak perlu lagi melihat melalui aplikasi data merek secara berkala karena semua updatenya sudah langsung masuk ke aplikasi whatsapp kamu. 

Dengan begitu, kamu bisa melindungi nama usaha dengan tenang lalu mendapatkan sertifikat sekaligus lancar menjalankan bisnis. Pelayanan ekstra dari Jasamerek.com sangat membantu pengusaha untuk investasi pada nama usaha. 

Berapa lama proses pendaftaran merek bisa sangat cepat sesuai dengan kualitas dari merek kamu. Dan untuk membantu meningkatkan kualitas merek, segera Cek Merek dengan fitur dari Mebiso.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah