KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Merek Dagang Paling Mudah

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Merek Dagang Paling Mudah

MEBISO.COM – Apakah ada cara pengisian formulir pendaftaran merek dagang yang paling sederhana? Kunci mengisi isian formulir adalah kamu harus bisa mengetahui identitas merek lebih dulu. 

Tips Mengisi Formulir 

1. Menentukan jenis pengajuan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan jenis pengajuannya lebih dulu. Dalam sistem merek ada beberapa jenis pengajuan. Jenis umum, jenis umkm, dan juga permohonan berdasarkan madrid protokol.

Setiap jenis ini akan menentukan dokumen formulir yang kamu isi nantinya. Termasuk juga isian yang ada dalam formulir itu. 

2. Pisahkan isian yang wajib kamu isi dan yang tidak wajib

Dalam satu dokumen itu ada beberapa jenis isian yang tidak wajib kamu isi. Jadi, untuk mempersingkat waktu kamu boleh mengisi beberapa hal yang diwajibkan saja. Untuk isian-isian yang bersifat opsional itu bisa kamu lengkapi untuk menambahkan kekuatan merek. 

3. Isi sesuai merek

Terakhir, kamu bisa mengisi sesuai dengan ciri-ciri dari merek kamu. Mulai dari susunan kata, sampai susunan warnanya. Ciri-ciri yang lebih lanjut bisa dilihat jenis dan barang yang akan kamu produksi. 

Tambahkan kategori jenis barang ini pada bagian yang sudah disediakan. Bahasa yang digunakan pada sistem adalah “Kelas Merek”. Jadi, jangan sampai kamu salah melengkapi isiannya. 

Isian ini yang disebut sebagai identitas merek. Mulai dari nama, gambar, dan juga jenis barangnya yang diisikan pada isian ini akan dilindungi oleh DJKI. 

Jenis Formulir Pendaftaran Merek Dagang

Untuk bisa melindungi merek dagang, kamu perlu mengetahui ada beberapa jenis formulir sebagai berikut:

1. Formulir umum

Ini adalah jenis formulir yang selalu digunakan dalam pengajuan merek. Setiap pendaftarannya, selalu menggunakan isian standar dari formulir ini. 

2. Formulir UMKM

Sama dengan formulir pada jenis sebelumnya, namun untuk jenis UMKM ini kamu perlu memastikan sudah memasukkan jenisnya pada bagian jenis permohonan. Pemilihan jenis permohonan ini nantinya yang juga menentukan biaya yang harus kamu bayarkan nanti. 

3. Formulir protokol madrid

Pada jenis ini, kamu masih tetap perlu menggunakan jenis formulir umum. Tapi, ada dokumen tambahan lainnya. Dokumen ini adalah untuk permohonan perlindungan merek di negara tujuan selain Indonesia. 

Jenis pengajuan yang terakhir ini sangat berguna untuk kamu yang berencana menjalankan bisnis di negara-negara lain juga. 

Adakah cara lain yang lebih mudah untuk membantu kamu mendaftarkan merek dagang? Sekarang kamu bisa menggunakan jasa dari ahli merek pada Jasamerek.com. Urusan formulir pendaftaran merek dagang akan menjadi tugas dari Jasamerek.com.

Selain akan membantu kamu menyiapkan dan juga memastikan isian formulir sudah lengkap, kamu juga akan mendapatkan layanan super lengkap dalam perlindungan merek. Mulai dari pengecekan permulaan yang berfungsi untuk menentukan kekuatan pembeda merek.

Selanjutnya ada layanan pengajuan merek kepada DJKI hanya dalam satu hari saja sehingga perlindungan merekmu terjamin dan terlindungi dari aksi penjiplak. Sampai kemudahan untuk melihat perkembangan pemeriksaan merek. 

Hal ini yang nantinya akan sangat membantu kamu dalam menentukan langkah selanjutnya. Apakah itu mengirimkan kelengkapan dokumen maupun mengirimkan surat tanggapan. Hasil pengecekan merek juga bisa kamu masukkan ke dalam surat tanggapan sebagai dasar mempertahankan merek yang sangat kuat. 

Formulir pendaftaran merek dagang adalah dokumen awal untuk bisa mendapatkan hak merek. Jadi, kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal untuk seluruh rangkaian proses pemeriksaannya. Untuk menghindari kesalahannya, mudahkan pemilihan barang dan jasa melalui fitur Cek Kelas Merek dari Mebiso.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah