KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Aplikasi Bisnis Online untuk Mempermudah Menjalankan Usaha

Aplikasi Bisnis Online untuk Mempermudah Menjalankan Usaha

MEBISO.COM – Menjalankan bisnis sekarang ini sudah semakin mudah. Apalagi banyak aplikasi bisnis online yang siap membantu meringankan kegiatan usahamu. Mau tahu apa saja aplikasi yang akan bermanfaat dalam bisnis? Berikut ini adalah penjelasan mengenai alat-alat canggih tersebut. 

Beberapa Aplikasi untuk Bisnis

Aplikasi bisnis online adalah bantuan berupa perangkat khusus yang berfungsi untuk mendukung kegiatan bisnis setiap pengusaha. Alhasil, karena masing-masing pengusaha akan memerlukan perangkat yang berbeda dalam menjalankan bisnis yang berbeda, maka ada beberapa jenis perangkat seperti yang ada di bawah ini. 

1. Evernote

Ketika kamu membutuhkan perangkat untuk mencatat hal-hal penting secara online, maka Evernote bisa menjadi opsi bantuan yang sangat mumpuni. Pasalnya, selain bisa membantumu untuk mencatat hal-hal penting, dalam aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur yang bisa mendukung keperluanmu. 

2. Teamgate

Berikutnya adalah aplikasi ketika kamu memerlukan asisten untuk mendukung proses menjalankan bisnis. Teamgate adalah sebuah terobosan untuk membantumu dalam melakukan perencanaan penjualan. 

Aplikasi ini bisa memberikan wawasan terkait alur penjualan, kemudian laporan sebagai dasar analisis yang bisa kamu lakukan, hingga prediksi mengenai proses penjualan yang paling tepat untuk bisnismu. 

Tentunya dalam aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur canggih untuk mendukung keputusan bisnis secara tepat. 

3. Google Spreadsheet

Aplikasi bisnis online dari google juga tidak mau kalah. Aplikasi dari Google ini memiliki kelebihan yang canggih karena penyimpanannya menggunakan sistem cloud. Alhasil, kamu bisa menggunakannya seperti Microsoft Excel secara bersama-sama dengan rekan satu tim. 

Tentunya, Google Spreadsheet juga tidak ingin kalah dalam menyediakan fitur-fitur pendukungnya. Tidak hanya dapat sebagai bantuan dalam mengolah data, bahkan aplikasi ini juga bisa membantumu untuk melakukan penjadwalan proyek atau agenda lainnya. 

Menjadi layanan unggulannya, Google Spreadsheet juga terbukti mampu untuk melakukan analisis data dan bahkan sudah terintegrasi dengan layanan yang lain. Alhasil, kamu hanya perlu menghubungkannya dengan aplikasi Google lainnya ketika akan membuat laporan perusahaan. 

4. OneNote

Selanjutnya untuk kamu yang memerlukan media untuk mencatat poin penting, ada aplikasi OneNote dengan keunggulannya yang bisa membantumu untuk merancang catatan secara bebas. 

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur canggihnya juga seperti penyusunan daftar prioritas, dan bahkan voice note. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi melupakan hal-hal penting karena sudah ada aplikasi canggih ini. 

5. Microsoft Planner

Atau, ketika usaha yang kamu jalankan sudah melibatkan banyak orang dengan tugas masing-masing. Mungkin akan sedikit merepotkan kalau kamu harus melakukannya sendiri secara manual.

Tapi jangan khawatir, karena Microsoft Planner bisa membantu meringankan beban tersebut. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memantau perkembangan tugas oleh timmu. 

6. Workplace

Aplikasi bisnis online berikutnya adalah Workplace, yaitu sebuah aplikasi yang akan membantu pengusaha dalam melakukan kolaborasi antar divisi. Aplikasi semacam ini akan sangat memudahkan untuk bisnis skala besar yang telah memperkerjakan banyak orang. 

Tentunya, dengan menggunakan aplikasi seperti Workplace, koordinasi antar divisi bisa lebih cepat dan tentunya lebih mudah. Tidak ada lagi pekerjaan yang terhambat karena masalah komunikasi. 

7. Mobile Banking

Kamu pasti sudah familiar dengan aplikasi bisnis online satu ini. Bahkan bukan hanya untuk pebisnis saja, tapi untuk karyawan dan perorangan biasa juga sangat mengandalkan aplikasi mobile banking dalam kehidupan sehari-hari. 

Khusus untuk pebisnis, memiliki aplikasi mobile banking akan sangat membantu kelancaran usaha. Apalagi kalau kamu mengandalkan transaksi secara online. Bukan hanya sekedar mengirimkan bukti-bukti transfer saja, tapi kamu bisa langsung melakukan pengecekan pada aplikasi masing-masing. 

Bahkan, beberapa aplikasi dari bank tertentu juga sudah menyediakan notifikasi ketika terjadi  transaksi pada akunmu. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari adanya penipuan. 

8. Whatsapp Business

Khusus untuk berkomunikasi dengan pelanggan, saat ini pun sudah ada aplikasi khusus yang bisa kamu gunakan untuk berbisnis. Adalah Whatsapp Business yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu keberlangsungan bisnis para pengusaha.

Dalam aplikasi bisnis online ini, kamu akan menemukan berbagai fitur pendukung seperti pengaturan chat otomatis dan juga katalog bisnis untuk memudahkan pelanggan mengenali produkmu. 

Kamu juga bisa memberikan bermacam-macam label terhadap seluruh pesan yang masuk, sebagai kategorisasi pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa secara mudah mengirimkan respon yang tepat sesuai kategorisasinya. 

9. Slack

Ada lagi satu aplikasi yang bisa menunjang proses komunikasi antar tim dalam bisnis onlinemu. Slack merupakan sebuah aplikasi yang mengandalkan kemudahan dalam proses customer service

Hal ini nampak pada fitur-fitur pendukungnya seperti mempercepat respon agen dengan menyatukan berbagai sistem. Kemudian juga aplikasi ini juga bisa membantu membuka wawasan yang lebih luas untuk pelanggan. 

10. Proteksi Merek Mebiso

Kemudian kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi bisnis online terbaik khususnya untuk menjamin keamanan merek. Aplikasi ini akan sangat membantumu yang tidak memiliki banyak waktu untuk memantau perkembangan merek setiap harinya. 

Fitur andalannya adalah dengan menyampaikan update informasi mengenai pendaftaran merek terbaru setiap harinya. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan waktu yang cukup untuk menyiapkan langkah pencegahan bisnis tiruan melalui aplikasi bisnis online satu ini. 

Kemudahan Melindungi Bisnis

Karena semua sudah serba canggih, dengan memanfaatkan aplikasi bisnis online kamu sudah tidak perlu khawatir untuk berbisnis. Jadi, jangan lupa juga untuk menggunakan fitur Proteksi Merek dari Mebiso agar bisnismu semakin aman.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu
Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi