KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Penjelasan Biaya Daftar Merek Dagang Terlengkap Disini!

Penjelasan Biaya Daftar Merek Dagang Terlengkap Disini!

MEBISO.COM – Biaya daftar merek dagang itu terdiri dari apa saja? Untuk bisa mendapatkan hak merek DJKI hanya meminta kamu membayarkan biaya pendaftaran. Sebesar Rp 1.800.000 untuk jenis umum dan Rp 500.000 saja untuk UMKM. 

Ini adalah biaya yang harus kamu siapkan ketika mengajukan pendaftaran secara mandiri dan langsung melalui website DJKI. Kamu bisa memastikannya dengan melihat websitenya, kalau langsung ke DJKI kamu pasti masuk melalui link dgip.merek.go.id. 

Selain itu, artinya kamu tidak memprosesnya langsung ke DJKI, atau melalui perantara. Perantara yang bisa membantu kamu bisa seorang konsultan KI atau juga biro jasa. Biasanya, untuk konsultan KI akan meminta kamu menandatangani surat kuasa lebih dulu. 

Dan surat kuasa ini akan dikirimkan juga kepada DJKI nantinya. Tapi tidak semua perantara selalu melalui konsultan KI, ada juga ahli-ahli merek lainnya yang bisa membantu pendaftaran merek kamu.

Kelebihan Biro Jasa

Kelebihan menggunakan bantuan perantara untuk mengajukan pendaftaran merek adalah:

1. Kamu bisa fokus dengan bisnis

Dengan menyerahkan seluruh urusan merek, kamu bisa terus fokus untuk menjalankan bisnis. Artinya, menjalankan usaha sekaligus mengamankan namanya itu bukan lagi hal yang mustahil. 

2. Bisa memberikan kamu saran terbaik

Dari mana kamu menentukan nama usaha? Dari istilah yang sedang viral? Atau justru sekedar mengambil namanya karena banyak juga yang menggunakan?

Tapi apakah nama-nama itu sudah sesuai dengan kaidah yang ada pada aturan hukum merek? Karena ternyata memilih nama itu tidak boleh sembarang. 

Dengan bantuan ahli merek, kamu bisa mendiskusikan nama yang bagus dan juga tetap memperhatikan kaidah hukum merek. Sekaligus, kamu pun juga bisa meminta saran terbaik untuk menghindari masalah selama pendaftaran merek. 

3. Menghemat waktu dan biaya

Siapa bilang kalau menggunakan bantuan biro jasa itu justru akan memaksamu mengeluarkan biaya yang lebih banyak?

Nyatanya, masing-masing biro jasa saat ini sudah semakin bersaing untuk memberikan jasanya. Bahkan dengan seluruh layanan yang ditawarkan, harga yang bisa kamu dapatkan pun sangat rasional. 

Artinya, kamu akan mendapatkan layanan ekstra hanya dengan menambahkan sedikit biaya. 

Jasa Merek

Misalnya seperti Jasamerek.com yang bisa membantu segala hal untuk pendaftaran merek kamu. Hanya dengan Rp 2.800.000 saja kamu sudah mendapatkan layanan ekstra sekaligus mendapatkan bukti pengajuan resmi dari DJKI. 

Kamu hanya perlu menambahkan sedikit biaya dari biaya daftar merek dagang dan sudah bisa mendapatkan konsultasi terbaik dari para ahli Jasamerek.com. Apa saja yang bisa dibantu oleh Jasamerek.com?

Mulai dari pengecekan merek sebelum pendaftaran, karena perlindungan merek itu dimulai sejak sebelum pengajuannya. Jadi, mengecek merek itu sangat penting dan tentunya kamu sudah mendapatkan paketnya. 

Yang paling penting adalah pendaftaran dengan segera. Kamu harus ingat kalau terlambat mendaftarkan merek bisa berakibat fatal. Perebutan merek itu sangat nyata, apalagi setiap hari selalu ada permohonan-permohonan pendaftaran merek baru.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah update status merek. Kunci keselamatan merek adalah adanya respon yang cepat dari permintaan DJKI. Karena setiap status membawa konsekuensinya masing-masing. 

Ada beberapa status yang mengharuskan kamu untuk mengirimkan balasan, ada juga yang perlu pengiriman ulang dokumen. Dan biasanya ada jangka waktu yang harus kamu perhatikan. 

Semua itu bisa diantisipasi dengan bantuan dari tim ahli Jasamerek.com.Biaya daftar merek dagang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu dalam mendaftarkan merek. Sekarang kamu bisa menghemat biaya pengecekan dengan menggunakan fitur Cek Merek dari Mebiso.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah