KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Mebiso Berpartisipasi Edukasi Pentingnya Merek Buat Emak-Emak

Mebiso Berpartisipasi Dalam Edukasi Pentingnya Merek Buat Emak-Emak

Mebiso berpartisipasi dalam edukasi pentingnya merek buat emak-emak. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 12 Mei 2024 di Taman Flora, Kota Surabaya. Disini, CEO Mebiso, Hesti Rosa memberikan pengetahuan baru tentang merek kepada Komunitas Langsung Enak.

Sebagai informasi, komunitas tersebut memiliki lebih dari satu juta member di grup facebook. Di Kota Pahlawan tersebut, member komunitas dikenal dengan Lebonita yang berjumlah hampir 200 orang yang ada di Surabaya.

Secara lengkap, kegiatan tersebut akan diulas secara mendalam pada artikel ini.

Beri Edukasi Pentingnya Merek

Komunitas yang berisi emak-emak tersebut sedang gencar untuk mengajak membernya daftar sertifikasi halal. Namun, sebagian besar dari mereka belum mendaftarkan mereknya. Padahal, hal tersebut juga cukup krusial bagi kalangan pengusaha.

Tips yang bisa dilakukan adalah pastikan merekmu merupakan ide orisinil. Merek yang merupakan ide orisinil adalah merek yang bisa membuktikan bahwa merek benar – benar hasil dari ide kita dan tidak menjiplak, meniru atau membonceng merek orang lain.

Kemudian, pastikan sebelum melakukan pendaftaran merek untuk wajib cek merek terlebih dahulu agar tau apakah merek yang akan kita mohonkan adalah unik atau sama dengan merek milik orang lain. 

Kemiripan yang dimaksud adalah bukan hanya sama persis secara tulisan tapi yang dimaksud kemiripan juga adalah secara fonetik atau pelafalan, seperti Fillo, Feelo, Fhiloo, Peelo, dsb.  

Sebagai informasi, prinsip perlindungan merek di Indonesia adalah bersifat first to file yang artinya siapa cepat dia berhak. Sehingga setelah yakin merek merupakan ide orisinil dan sudah melakukan pengecekan merek, maka segera untuk mendaftarkan merek bisnis masing-masing.

Merek Harus Disiapkan Sedini Mungkin

Merek bisnis harus disiapkan lebih lama dan didaftarkan karena merek merupakan aset penting yang melindungi identitas dan reputasi perusahaan di pasar. Proses persiapan yang matang memastikan bahwa merek yang dipilih unik, relevan, dan tidak melanggar hak cipta atau hak merek lain yang sudah ada. 

Pendaftaran merek memberikan perlindungan hukum yang kuat terhadap penggunaan atau peniruan oleh pihak lain, yang dapat menghindarkan perusahaan dari potensi sengketa hukum yang mahal dan merusak reputasi. 

Selain itu, merek yang terdaftar menambah nilai bagi perusahaan, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan mempermudah ekspansi bisnis baik secara nasional maupun internasional. 

Dengan kata lain, waktu dan usaha yang diinvestasikan dalam menyiapkan dan mendaftarkan merek adalah langkah strategis yang penting untuk keamanan dan pertumbuhan jangka panjang bisnis.

Saat mendaftarkan merek, harus sesuai dengan kelas bidang usaha yang dijalankan. Sehingga, tidak menutup kemungkinan, bisa didaftarkan lebih dari satu kelas. Klasifikasi kelas merek terbagi dua, bisa kelas barang maupun jasa.

Setelah merek berhasil didaftarkan, perlindungan merek memiliki masa 10 tahun sejak mulai didaftarkan. 

Tips Nama Merek Unik

Ada beberapa cara untuk membuat nama merek tetap unik. Salah satunya, bisa memberikan nama sesuai dengan bidang usaha yang sedang dijalankan. Kemudian, memberikan nama unik tambahan agar tetap berbeda.

Tak hanya itu, nama juga harus disertai dengan logo merek. Hal ini bisa digunakan sebagai representasi visual yang khas, juga memberikan identifikasi yang kuat. Identitas visual, seperti warna, jenis huruf, dan elemen desain lainnya, membantu membangun konsistensi dalam citra merek. 

Selain itu, slogan merek dapat menangkap esensi merek dan memperkuat kesan di benak konsumen. Unsur-unsur merek merupakan komponen penting yang membentuk identitas, citra, dan reputasi suatu merek di mata konsumen. Nama merek memainkan peran krusial sebagai representasi verbal yang membedakan merek dari yang lain.

Itulah ringkasan kegiatan Mebiso berpartisipasi dalam edukasi pentingnya merek buat emak-emak. Untuk kegiatan lain, selalu baca artikel kami, yah!