KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ide Nama Bisnis Fashion yang Anti-Mainstream dan Pasti Aman!

Ide Nama Bisnis Fashion yang Anti-Mainstream dan Pasti Aman!

MEBISO.COM – Sedang membangun bisnis fashion dan bingung mencari ide nama bisnis fashion milikmu? Artikel ini bisa menjadi rujukan yang tepat dalam menentukan nama bisnis yang unik dan pastinya aman untuk pendaftaran. 

Ide Nama Bisnis Fashion

Meskipun kamu sudah membuat produk yang sangat berkualitas, kamu masih perlu nama bisnis unik. Fungsinya, agar pelanggan bisa mudah mendapatkan produk milikmu. 

Berikut ini adalah contoh-contoh nama merek yang bisa kamu gunakan. 

1. Ide Nama Fashion Produk Wanita

Kalau kamu fokus pada produk untuk wanita, kamu bisa menggunakan beberapa pertimbangan ini agar nama pilihanmu aman. Pertama, gunakan istilah yang identik dengan wanita. Misalnya, kata-kata seperti “Cantik”, “Female”, “Wanita”. Hal ini agar nama itu bisa menarik perhatian target pasarmu. 

Menggunakan kata-kata yang umum memang baik karena mudah diingat oleh pelanggan. Tapi, apabila kamu sudah memilih satu kata yang umum, usahakan untuk menambahkannya dengan kata yang lebih khusus lagi. 

Inilah yang menjadi tips kedua untuk pembuatan nama bisnis. Selain menggunakan kata yang identik dengan wanita, coba gunakan kata-kata tambahan yang mendukung identitas bisnis. Misalnya, seperti “Clothing”, “Wear”, atau “Fashion”. 

Tapi tahukah kamu? Kalau kombinasi dari kedua tips di atas masih menunjukkan pilihan nama yang terlalu umum. Maka, kamu bisa menggunakan tips berikutnya sebagai tambahan agar nama pilihanmu bisa terdaftar. 

Ketiga, kamu bisa menggunakan kata-kata unik yang bahkan tidak memiliki arti! Kalau kamu sudah menentukan satu kata yang umum dan identik dengan kaum wanita, usahakan menggunakan kata unik ini di depan.

2. Ide Nama Fashion Produk Pria

Selanjutnya, adalah ide nama bisnis fashion yang fokus pada pakaian pria. Pada jenis ini, kamu bisa menggunakan tips yang sama dengan jenis bisnis fashion wanita di atas. Tapi, pastikan kamu memilih nama yang tepat. 

Perbedaannya, ada pada minat pria dan wanita. Kalau seorang wanita biasanya ingin terlihat lebih cantik dan menawan melalui pakaian yang dikenakan, tentunya pria tidak. Biasanya, pria lebih ingin terlihat lebih maskulin dari penggunaan pakaiannya. 

Nah, untuk itu, kamu bisa menggunakan kata-kata yang sesuai. Misalnya seperti, “Captain”, “Leader”, atau “Boss”. Nama-nama ini cocok untuk mengenalkan produk-produk pakaian formal pria. 

Atau, kamu juga bisa menambahkan singkatan atau gabungan dari namamu bersama partner untuk menjadi panggilan yang unik. 

Tips lainnya, adalah kamu bisa juga menggunakan kata yang lebih santai seperti “Casual” atau “Denim”. Sehingga nama-nama ini lebih sesuai dengan konsep produkmu yang semi formal. 

Bahkan untuk kamu yang menonjolkan satu jenis bahan tertentu juga bisa menjadikan nama bahan itu menjadi nama merek yang menarik. Kombinasikan dengan namamu atau nama pendiri lainnya agar menjadi lebih unik. 

3. Ide Nama Fashion Produk Muslim

Selanjutnya, yang tidak kalah diminati adalah produk pakaian muslim. Baik untuk pria maupun wanita. Kalau kamu berminat menjajaki jenis bisnis satu ini, maka perhatikan tips dalam pembuatan nama yang tepat. 

Biasanya, para pebisnis yang bergerak di bidang ini akan menggunakan istilah-istilah islami sebagai mereknya. Hal ini merupakan sebuah pendekatan yang menarik. Tapi kamu perlu memperhatikan arti dari istilah tersebut.

Hal ini karena, dalam pendaftaran merek yang menggunakan istilah-istilah asing, nantinya perlu memasukkan arti atau terjemahan dari istilah tersebut. Lalu pastikan juga kalau istilah tersebut memiliki arti yang baik. Bahkan penyebutannya dalam bahasa Indonesia pun haruslah baik juga. 

Tentunya, sebelum kamu menentukan ide nama bisnis fashion muslim milikmu, pastikan kamu sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai penggunaan kata dalam bahasa-bahasa yang nantinya kamu gunakan. 

4. Ide Nama Fashion Butik

Kalau bisnismu berkembang pesat sampai akhirnya kamu memiliki butik sendiri, hal ini pastinya adalah hal yang baik. Tapi jangan lupa juga untuk menentukan nama yang baik khusus butik milikmu. 

Tentunya, kalau bisnis butik ini berawal dari produksi pakaian secara eceran, kamu bisa menggunakan nama yang sama dengan nama produk fashionmu. Tapi, kalau sejak awal kamu sudah membangun butik dengan pasokan produknya dari berbagai produsen, maka sesuaikanlah nama butik milikmu. 

Caranya, pertama kamu perlu menyesuaikan nama butik itu dengan konsep butiknya. Bisa saja, dibandingkan menonjolkan kualitas dari produk, kamu lebih memilih menonjolkan kenyamanan pelayanan dari butik. 

Gunakanlah kata-kata yang menunjukkan hal itu agar pelanggan bisa langsung memahami konsep dari butikmu. Begitupun dengan konsep-konsep lainnya, kamu bisa langsung menerapkan tips dalam menentukan nama bisnis di atas. 

Perlindungan Nama Bisnis

Ada satu hal yang harus dipahami oleh para pebisnis, apalagi setelah kamu mendapatkan ide nama bisnis fashion. Salah satu cara perlindungan nama bisnis adalah dengan memproses pendaftarannya. 

Walaupun tentunya pendaftaran saja tidak cukup. Setelah berhasil mendapatkan bukti pendaftaran, kamu masih harus melihat perkembangan pendaftaran merek pebisnis lainnya setiap hari. Fungsinya, agar kamu bisa menghindari penjiplakan merek secara efektif. 

Alternatif Melindungi Merek

Agar proses pencarian ide nama bisnis fashion milikmu tidak sia-sia, segera manfaatkan kemudahan pencegahan aksi penjiplak merek dengan fitur Perlindungan Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda