KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ini Dia Penjelasan Terkait Logo Mills Garuda 

logo mills garuda

Tak hanya pada jersey, logo Mills Garuda ternyata juga menjadi perbincangan publik. Selengkapnya, akan diulas pada artikel di bawah ini. Baca sampai habis.

Tentang Logo Mills Garuda

Tahun 2020-2024 lalu, Mills ditunjuk PSSI buat jadi apparel resmi jersey Timnas. Bahkan kerjasama ini membuahkan desain jersey.

Menurut Head Apparel Designer Mills, Fajarrusalem Ramadhan, pembuatan logo jersey tersebut dilakukan pada tahun 2022. Dalam hal ini, pihak Mills melakukan research and development internal dengan kurun waktu yang tidak sebentar. 

Namun, seiring berjalannya waktu, sejak bulan Januari 2024, Erspo sebagai penyuplai jersey Timnas Indonesia menggantikan Mills. Dalam jersey tersebut, juga terdapat logo Garuda baru. Diketahui, logo tersebut saat ini  sedang didaftarkan PSSI. 

Fajar mengatakan, Mills tidak akan mempermasalahkan apabila PSSI mendaftarkan hak paten logo Garuda buatan mereka atas nama federasi. 

“Setahu kami, manajemen tidak mempermasalahkan. Ini logo Garuda Pancasila. Lambang negara Indonesia, seluruh rakyat Indonesia,” kata Fajar.

Fajar mengungkapkan, Mills tak mau hal itu jadi panjang dibahas. Dia berterima kasih bahwa Logo Garuda di jersey Timnas Indonesia Produk Mills dicintai dan disukai masyarakat.

”Kalau dari team creative Mills, kami ikhlas jika memang hasil karya kami berguna untuk federasi ke depannya, apalagi kalau disukai masyarakat. Kami tetap bangga,” ujar Fajar.

Permohonan Merek Kolektif

Saat melakukan kerjasama untuk membangun sebuah brand, bisa melakukan pendaftaran merek kolektif. Suatu merek yang pendaftarannya dilakukan bersama beberapa orang atau pihak, dengan ketentuan:

  • Didaftar untuk merek yang sama
  • Kelas Merek Sama

Karena dimiliki beberapa orang, jadi perlu ada perjanjian secara tertulis antara para pemiliknya. Tujuannya, dengan pendaftaran merek kolektif, maka semua pihak yang bekerjasama punya hak atas merek tersebut, dan bisa memanfaatkan mereknya sesuai dengan kesepakatan yang udah dibuat. 

Mills Rajin Daftar Merek pakai Protocol Madrid

Saat ini, Mills sudah melakukan ekspansi usaha di berbagai negara, termasuk Asia dan Eropa. Meski demikian, mereka tertib untuk melakukan pendaftaran merek melalui sistem protocol madrid.

Sistem daftar merek menggunakan Protokol Madrid adalah sebuah mekanisme internasional yang memungkinkan pemilik merek untuk mendaftarkan mereknya di berbagai negara anggota melalui satu aplikasi tunggal. 

Dikelola oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO), Protokol Madrid menyediakan kemudahan bagi perusahaan dan individu untuk memperoleh perlindungan merek di beberapa yurisdiksi tanpa harus melalui proses pendaftaran yang terpisah di setiap negara. 

Setelah mengajukan aplikasi melalui kantor merek nasional atau regional yang merupakan anggota sistem Madrid, permohonan akan diteruskan ke WIPO dan kemudian didistribusikan ke negara-negara yang dituju. 

Setiap negara tersebut kemudian akan memproses permohonan sesuai dengan hukum dan peraturan domestiknya. Keuntungan utama dari sistem ini adalah penghematan waktu dan biaya, serta kemudahan dalam manajemen portofolio merek internasional, termasuk perubahan dan pembaruan merek yang bisa dilakukan secara terpusat. 

Informasi tentang merek yang terdaftar di bawah Protokol Madrid bersifat rahasia dan tidak dapat diakses oleh publik. Hal ini untuk melindungi kepentingan komersial pemilik merek.

Namun, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah suatu merek terdaftar di bawah Protokol Madrid:

  • Mencari informasi di situs web WIPO: 

WIPO memiliki database online yang berisi informasi tentang merek yang terdaftar di bawah Protokol Madrid. Anda dapat mencari merek dengan nama, nomor pendaftaran, atau pemiliknya. https://www.wipo.int/madrid/en/

  • Melihat pemberitahuan publikasi: 

Ketika suatu merek terdaftar di bawah Protokol Madrid, WIPO akan menerbitkan pemberitahuan di Berita Merek Internasional. Pemberitahuan ini berisi informasi tentang merek, seperti nama, nomor pendaftaran, dan pemiliknya.

  • Menghubungi pemilik merek: 

Pemilik usaha dapat menghubungi pemilik merek secara langsung untuk menanyakan apakah merek mereka terdaftar di bawah Protokol Madrid.

Sistem ini memberikan solusi praktis bagi bisnis yang ingin mengembangkan kehadiran merek mereka di pasar global dengan cara yang lebih efisien dan terkoordinasi.
Itulah pembahasan singkat mengenai logo Mills Garuda. Baca selalu artikel kami

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah