KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Daftar UMKM Secara Online untuk Memulai Usaha!

Cara Daftar UMKM Secara Online untuk Memulai Usaha!

MEBISO.COM – Baru mulai usaha dan butuh cara daftar UMKM secara online? Karena semua prosesnya sudah melalui sistem, kamu tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah panduan untuk kamu mendapatkan legalitas usaha barumu secara mudah. 

Cara Mendaftar UMKM Secara Mudah

Kalau bisnismu sekarang masuk ke dalam kategori usaha kecil, maka kamu akan mendapatkan banyak kemudahan dari pemerintah. Tapi, siapkan dulu langkah-langkah di bawah ini, ya!

1. Persyaratan UMKM

Karena akan banyak sekali kemudahan yang kamu dapatkan, maka pemerintah menetapkan beberapa ketentuan mulai dari jumlah modal dan juga jumlah penjualan dalam satu tahun. 

Untuk bisa terus memanfaatkan fasilitas usaha dengan bentuk UMKM, pemerintah akan terus memantau perkembangan modal dan juga penjualan tahunan ini secara rutin. Sebagai pengusaha baru, kamu perlu melaporkan perkembangan usaha setiap 6 bulannya. 

Selanjutnya kalau kamu sudah yakin mengenai skala modal dan juga penjualan tahunan yang masuk dalam kategori UMKM, maka selanjutnya kamu perlu menyiapkan dokumen. 

Sebagai sebuah bisnis, kamu akan memerlukan identitas diri, kemudian identitas perpajakan dan bahkan keterangan mengenai kepemilikan lokasi usaha. Misalnya apakah lokasi usaha kamu merupakan milik sendiri ataukah justru sewa kepada orang lain. 

Pastikan dokumen pendukungnya sudah lengkap lalu lanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Proses Legalitas

Cara daftar UMKM secara online tidak lepas dari sebuah proses melengkapi legalitas usaha. Melengkapi legalitas usaha ini terdapat beberapa tahapan sebagai berikut. 

Mendirikan badan usaha

Pertama, kamu perlu memutuskan jenis badan usaha yang akan mendukung bisnismu. Saat ini, usaha-usaha kecil pun sudah bisa menggunakan badan usaha. 

Bahkan pilihannya juga beragam. Mulai dari usaha perorangan hingga usaha-usaha yang populer digunakan usaha besar seperti PT. 

Proses perizinan

Setelah berhasil menentukan bentuk badan usaha pilihan, maka selanjutnya adalah melengkapi perizinan. Biasanya, proses ini berjalan secara paralel setelah kamu berhasil membentuk badan usaha. 

Apalagi, kalau pembentukan badan usaha milikmu perlu bantuan dari notaris. Proses perizinan ini nantinya akan menyesuaikan dari kegiatan usaha yang kamu jalankan. 

Jadi, kamu bisa membicarakannya dengan notaris yang membantu pendirian badan usaha milikmu, atau dengan seorang ahli yang berpengalaman. 

Lengkapi dokumen perpajakan

Pada dasarnya, siapapun yang memiliki pendapatan akan memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Bukan hanya untuk pengusaha, tapi badan usaha atau perusahaannya juga memiliki kewajiban perpajakan yang berbeda. 

Untuk itu, setelah kamu berhasil melengkapi seluruh dokumen perizinan, maka selanjutnya perhatikan juga dokumen perpajakan dari perusahaan atau badan usahamu. 

Lindungi bisnis

Setelah menjalankan 2 cara daftar UMKM secara online di atas, selanjutnya jangan lupa untuk melindungi bisnismu. Cara melindungi bisnis ini memang bermacam-macam. 

Tapi, cara yang paling umum adalah dengan mendaftarkan merek. Sekarang ini, siapa yang melewatkan pendaftaran merek dalam cara daftar UMKM secara online?

Rasanya, hampir tidak mungkin seorang pengusaha tidak memberikan nama pada produknya. Nah, agar nama pilihan itu semakin aman, maka jangan lewatkan pendaftarannya ke DJKI. 

Cara ini bisa melindungimu dari tindakan kompetitor maupun seorang mafia merek yang mengincar keberhasilan bisnis. Tentunya, sampai pada tahap ini kamu tidak perlu khawatir karena semuanya bisa diproses secara online. 

3. Proses Dokumen Pendukung

Dari seluruh rangkaian cara daftar online UMKM di atas, ada satu tahapan yang perlu kamu lakukan secara manual. Cara ini adalah meminta satu dokumen pendukung yang menyatakan kalau bisnismu memang benar-benar berskala UMKM. 

Biasanya, untuk penerbitan dokumen ini tidak termasuk ke dalam cara daftar UMKM secara online. Karena beberapa instansi akan memintamu datang langsung ke kantor instansi tersebut lalu memberikan dokumen surat keterangan UMKM ini secara langsung. 

Dokumen ini akan sangat bermanfaat ketika kamu berusaha untuk mendaftarkan merek ke dalam jenis UMKM. Hal ini karena kamu akan mendapatkan potongan harga lebih dari 50% karena tergolong ke dalam usaha UMKM. 

Keuntungan Menerapkan Cara Daftar UMKM Secara Online

Lalu, apa yang bisa kamu dapatkan apabila menaati cara di atas? Berikut adalah jawabannya. 

1. Mendapatkan Keringanan Harga

Pertama, sebagai usaha yang baru merintis, pasti kamu akan memerlukan banyak bantuan khususnya dalam urusan pembayaran. Contohnya seperti pada saat pengurusan merek di atas. 

Sebagai usaha UMKM kamu hanya perlu membayar separuh harga dari harga normal. Hal ini akan sangat membantu untuk mendapatkan legalitas sekaligus pengaman bisnis. 

2. Mendapatkan Keringanan Pajak 

Tahukah kamu? Kalau bisnis UMKM dapat membayarkan pajak yang lebih ringan daripada usaha berskala besar. Kamu bisa mengajukan keringanan pajak sebagai usaha kecil secara online kepada kantor pajak langsung. 

Alhasil, kamu bisa fokus menjalankan bisnis tanpa perlu khawatir dengan tanggungan pajak setiap tahunnya. 

3. Mendapatkan Kesempatan Berbagai Fasilitas

Khusus untuk usaha UMKM, pemerintah juga akan memberikan banyak sekali fasilitas kelas-kelas bisnis agar usahamu bisa berkembang secara pesat. Tentunya, selain mendapatkan ilmu kamu bisa membangun bisnis secara tepat hingga menjadi usaha besar. 

Cara Ampuh Perlindungan Bisnis UMKM

Sempat disinggung pada pembahasan di atas, selain memperhatikan cara daftar UMKM secara online, jangan lupa juga untuk melindungi bisnisnya. Kalau saat ini kamu sudah berhasil mendaftarkan merek, lakukan langkah lanjutan Perlindungan Merek dengan menghubungi ahlinya dari Mebiso sekarang juga!

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi