KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital Supaya Sukses

Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital

MEBISO.COM – Menguasai cara mengembangkan bisnis di era digital menjadi sebuah hal yang wajib untuk seluruh pelaku usaha. Pasalnya, menjajakan barang secara langsung ternyata kurang memberikan efek pada usaha. 

Untuk itu, berikut ini adalah tips yang bisa kamu terapkan untuk dapat terus mengembangkan usaha. 

4 Strategi Bisnis di Era Digital

Meskipun perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha, tapi pebisnis handal adalah yang berhasil mengubah tantangan itu menjadi peluang. Nah, untuk kamu yang juga ingin menjadi pebisnis handal, berikut adalah tipsnya.

1. Buat Brand Story

Cara mengembangkan bisnis di era digital yang pertama adalah dengan membuat cerita tentang usahamu. Hal ini karena persaingan bisnis di era digital sudah semakin ketat. Sehingga kamu perlu cara unik yang bisa menarik perhatian pelanggan. 

Salah satunya adalah dengan menceritakan bisnismu. Bisa berupa cerita tentang perjalanan bisnis atau cerita menarik yang akhirnya menjadi inspirasi produk. Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa menarik pelanggan, tapi juga memberikan inspirasi kepada para pelanggan. 

2. Amati Tren Digital

Selanjutnya, kamu juga harus update dengan tren digital. Perkembangan bisnis di era digital sangat terlihat dari adanya tren-tren baru yang muncul. Kamu bisa mengikuti tren baru ini dari beberapa channel sosial media. 

Tapi akan lebih baik lagi kamu menyesuaikan tren yang paling cocok dengan karakter bisnismu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencapai target yang kamu mau. 

3. Digital Marketing

Seperti pada penjelasan di atas, proses menjajakan barang secara langsung saat ini kurang memberikan efek pada bisnis. Justru dengan digital marketing produk yang kamu tawarkan akan lebih cepat menjangkau pasar yang lebih luas. 

Digital marketing ini sangat beragam, mulai dari pemanfaatan website, search engine optimization (SEO), content marketing, iklan online, dan bisa juga email marketing. Karena sudah banyak opsi untuk melakukan pemasaran secara digital, kamu perlu menyesuaikannya dengan media yang paling cocok untuk bisnismu. 

Apalagi saat ini semua orang pasti memiliki media sosial, jadi menawarkan produk secara online akan lebih tepat sasaran. 

4. Memanfaatkan Teknologi Terbaru

Cara mengembangkan bisnis di era digital yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi terbaru. Contohnya adalah teknologi AI seperti yang sedang tren saat ini. Cara ini nantinya bisa meningkatkan ketertarikan pelanggan karena menganggap bisnismu sesuai dengan perkembangan teknologi. 

Setelah menerapkan 4 langkah di atas, apa yang akan kamu dapatkan dalam bisnismu? Berikut adalah penjelasannya. 

Manfaat Pengembangan Bisnis di Era Digital

Dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu pasti mengharapkan adanya peningkatan penjualan terhadap hasil produksimu. Tapi lebih jauh dari itu, ternyata kamu pun bisa merasakan beberapa manfaat di bawah ini setelah menjalankan cara mengembangkan bisnis di era digital. 

1. Meningkatkan Kemampuan Adaptasi

Dengan memanfaatkan teknologi, kamu sebenarnya sedang melatih perusahaan untuk meningkatkan kemampuan adaptasi. Kedepannya, kamu akan lebih mudah melakukan kolaborasi dan juga inovasi terhadap produkmu. 

2. Meningkatkan Produktivitas

Bahkan dengan pemanfaatan teknologi ini, perusahaan kecil dan menengah bisa dengan mudah melakukan pemasaran sekaligus produksi. Dengan begitu, tujuan perusahaan akan lebih mudah tercapai. 

Seperti yang sempat tren beberapa waktu lalu, beberapa pengusaha menjadikan proses produksinya sebagai sebuah konten. Ternyata, hal ini berhasil menarik perhatian banyak pelanggan. 

Alhasil, kamu pun bisa melakukan dua hal yang sangat menguntungkan dalam satu waktu yang bersamaan. 

3. Menghemat Pengeluaran

Ini dia yang selalu menjadi fokus utama para pengusaha. Tentang bagaimana cara mengembangkan bisnis di era digital dengan biaya seminimal mungkin. Satu hal yang menarik adalah kamu bisa bebas dari kekhawatiran mengenai pengeluaran untuk proses pemasaran secara tradisional. 

Karena proses pemasaran dengan memanfaatkan teknologi ini jauh lebih hemat dibandingkan cara-cara tradisional. 

Nah, agar kamu bisa segera memanfaatkan keuntungan di atas, kamu perlu memperhatikan syarat penting dalam proses pengembangan bisnis di era digital ini. Ini dia penjelasan mengenai syarat penting untuk usahamu. 

Persyaratan Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Saat ini, pastinya sudah banyak perusahaan yang mulai beralih ke pemanfaatan sosial media untuk mengembangkan bisnisnya. Karena itu, kamu perlu hal khusus agar bisa menjadi pusat perhatian dari banyaknya perusahaan lain. 

Caranya cukup mudah, yaitu dengan memastikan kamu sudah memiliki nama usaha yang unik. Pada penjelasan pertama mengenai cara mengembangkan bisnis di era digital menjelaskan mengenai kekuatan sebuah cerita. 

Untuk bisa menyampaikan sebuah cerita mengenai bisnismu, sebelumnya kamu harus memiliki nama merek lebih dulu. Tujuannya agar memudahkan kamu dan juga pelanggan dalam mendefinisikan produk atau bisnis yang kamu jalankan. 

Setelah kamu berhasil menjamin nama merek tersebut, langkah-langkah berikutnya akan lebih mudah. Dengan merek yang aman, kamu bisa tenang melakukan strategi bisnis termasuk menghindari tindakan curang dari kompetitor. 

Solusi Aman Mengembangkan Bisnis

Selanjutnya, agar kamu lebih tenang dalam menjalankan cara mengembangkan bisnis di era digital, kamu bisa menyerahkan urusan pengamanan merek kepada ahlinya melalui fitur Perlindungan Merek Usaha dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda