KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Usaha Semakin Sukses

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Usaha Semakin Sukses

MEBISO.COM – Mau tahu? Cara mengembangkan bisnis online dengan tepat agar usaha  semakin sukses. Faktanya, memperlakukan media elektronik khususnya untuk bisnis memang tidak bisa sembarangan. Karena itu, kamu perlu memahami tips dari penjelasan artikel berikut. 

10 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Memanfaatkan opsi media elektronik dalam menjalankan bisnis adalah suatu keharusan di jaman sekarang ini. Tapi karena semua pengusaha sudah mulai memanfaatkan kecanggihan ini, kamu harus bisa menjadi bisnis yang mencolok. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menarik pelanggan. 

1. Optimalkan Online Shop

Saat ini, pastinya kamu sudah memiliki online shop. Manfaatkan secara maksimal seluruh fitur yang ada. Kamu bisa menggunakan e-commerce atau website khusus untuk bisnismu sendiri. 

Mulailah dengan memperhatikan tampilan dari toko onlinemu. Usahakan agar pelanggan mudah mengaksesnya lalu perhatikan juga keindahan dari desainnya. Dengan begitu kamu akan menarik lebih banyak perhatian pelanggan. 

2. Cantumkan Testimoni Pelanggan

Apapun media yang kamu gunakan dalam bisnis online, usahakan untuk selalu mencantumkan testimoni dari pelanggan. Fungsinya, agar menumbuhkan kepercayaan calon pelangganmu nantinya. 

Kalau mau cara yang lebih ampuh, lakukan kerja sama dengan influencer agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. 

3. Tentukan Harga 

Karena kebanyakan bisnis saat ini sudah memanfaatkan cara mengembangkan bisnis online, kamu perlu kiat khusus dalam menentukan harga. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi karena pelanggan akan sangat mempertimbangkan dari faktor harga. 

4. Gencar Promosi

Selanjutnya, jangan biarkan bisnis onlinemu mati suri tanpa adanya interaksi dengan pelanggan. Buatlah beberapa promosi untuk bisa menarik pelanggan atau bahkan calon pelanggan. 

5. Manfaatkan Iklan

Kamu juga bisa memanfaatkan iklan untuk bisnis onlinemu. Tentunya iklan yang dimaksud bukan seperti iklan jaman dulu dengan menyebarkan pamflet atau brosur, tapi misalnya dengan Google Ads atau Facebook Ads. 

6. Berikan Pelayanan yang Baik

Bentuk pelayanan yang baik itu bukan hanya ketika pelanggan datang ke tokomu saja. Tapi, karena bentuk bisnismu merupakan bisnis online, usahakan untuk memperlakukan semua pelangganmu dengan baik mulai ketika masih mempertanyakan produk atau harga di akun media sosial. 

7. Pilih Platform Berjualan yang Tepat

Langkah ini merupakan cara penting dalam strategi membangun bisnis online. Kamu wajib menentukan platform yang paling tepat. Caranya, kamu bisa menyesuaikan dengan pelanggan yang ingin kamu tuju atau bisa juga dari jenis produk yang kamu pasarkan. 

8. Sesuaikan dengan Tipe Bisnis Online

Wajib bagi seluruh pengusaha untuk mengenali bisnis yang akan dijalankannya. Fungsinya agar kamu bisa menyesuaikan juga dengan tipe promosi nantinya. Misalnya, ketika kamu memilih jenis platform e-commerce, platform satu ini cocok untuk pebisnis yang sudah memiliki produknya sendiri. 

Beda lagi ketika kamu ternyata tidak memiliki produk sendiri. Karena menggunakan platform e-commerce tidak akan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Ketika kamu tidak memiliki produk sendiri, kamu bisa melakukan Affiliate Marketing

9. Paham Kebutuhan Target Pasar

Selanjutnya, salah satu kunci dari cara mengembangkan bisnis online adalah dengan memahami kebutuhan dari target pasar. Selain mengenali bisnis, kamu juga wajib mengenali target pasarmu. 

Dengan begitu kamu bisa mengerti apa yang menjadi kebutuhan dari pasar. Jangan sampai, produk yang sudah sangat berkualitas itu justru menjadi sia-sia hanya karena tidak dibutuhkan oleh pasar. 

10. Membangun Branding

Agar bisa menjadi produk yang melekat di benak pelanggan, kamu perlu mempunyai tanda pengenal dulu. Tanda pengenal ini biasanya berupa merek. Baru setelah memiliki merek, kamu bisa membangung branding seperti yang kamu inginkan. 

Tapi ingat, sebelum benar-benar memanfaatkan merek untuk bisnis onlinemu, kamu harus yakin kalau merekmu itu sudah benar-benar terlindungi. Tentunya banyak cara agar bisa mengamankan merek. Apalagi, kalau kamu ingin produkmu bisa terkenal sampai ke dunia luar. 

Mengamankan Merek untuk Bisnis Online

Setelah kamu menguasai cara mengembangkan bisnis online, saatnya kamu memperhatikan keamanan dari merek yang kamu miliki. Faktanya, agar proses membangun brandingmu bisa sukses, kamu harus memastikan keamanan mereknya lebih dulu. 

Caranya, mulai dari pengajuan perlindungan, sampai dengan membatasi adanya praktik pencurian merek atau penjiplakan. Tentunya hal ini akan memerlukan waktu yang panjang. Apalagi saat ini kamu juga sedang berusaha mengembangkan bisnis online. 

Agar perlindungan dan proses branding berjalan beriringan, kamu perlu setiap hari menyisihkan waktu untuk memantau perkembangan pendaftaran merek baru lalu selanjutnya menilai masing-masing merek tersebut. 

Nah, agar semua niat pengembangan bisnismu berjalan lancar, kamu perlu fitur canggih. 

Fitur Canggih Proteksi Merek

Tahukah kamu? Kalau permohonan perlindungan merek yang masuk ke DJKI dalam satu hari bisa mencapai ratusan. Artinya, bisa saja puluhan sampai ratusan pendaftar merek baru itu akan menjadi kompetitormu. Atau, yang lebih menakutkan adalah mereka yang secara terang-terangan menjiplak nama merek!

Nah, agar penerapan cara mengembangkan bisnis online seperti penjelasan di atas tidak sia-sia, inilah saatnya kamu mencoba fitur Perlindungan Merek dari Mebiso. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan bisnis dengan tenang dan merekpun aman.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda