KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Tepat Memilih Jasa HAKI Terpercaya untuk Pengusaha

Cara Tepat Memilih Jasa HAKI Terpercaya untuk Pengusaha

MEBISO.COM – Banyaknya pilihan jasa HAKI terkadang justru membuat pengusaha kesulitan untuk menentukan jasa yang bisa dipercaya. Bahkan beberapa pengusaha sengaja mencari bantuan yang paling dekat dengan domisili mereka saat ini. 

Saat ini, karena sudah ada bermacam-macam jasa pengurusan merek yang tersedia, kamu perlu skill khusus untuk memilihnya. Selanjutnya, mari kita temukan tips khusus dalam menentukan bantuan pengurusan HAKI.

Jasa HAKI Adalah

Jasa HAKI bisa juga disebut sebagai seorang ahli atau yang setidaknya punya kemampuan lebih dalam hal pengurusan HAKI. Pihak ini bisa berupa perorangan atau bisa juga sebuah perusahaan. Bahkan sekarang ini juga sudah banyak konsultan HKI yang bersedia membantu kamu secara pribadi. 

Kalau dari pengertiannya, jasa HAKI itu harus terdiri dari unsur berikut:

  1. Perorangan atau perusahaan
  2. Menyediakan layanan jasa tentang kekayaan intelektual
  3. Mempunyai pengetahuan yang lebih tentang kekayaan intelektual

Jasa yang ditawarkan oleh biro jasa ini juga beragam tergantung dari kebutuhan kamu. Secara umum, penyedia jasa pengurusan kekayaan intelektual adalah orang-orang yang memang mendalami ilmu tentang kekayaan intelektual.

Sehingga, menggunakan biro jasa di anggap lebih aman ketika kamu tidak mengerti tentang kekayaan intelektual sama sekali. Faktanya, walaupun kamu sudah mempercayakan kekayaan intelektual kamu kepada biro jasa, kamu tetap harus memiliki sedikit pengetahuannya. 

Minimal pengetahuan-pengetahuan dasar tentang kekayaan intelektual kamu. Hal ini agar setiap informasi yang diberikan selalu tepat dengan kebutuhan kamu. Kenyataannya, dengan banyaknya pilihan jasa pelayanan merek, banyak juga pengusaha yang merasa kurang percaya terhadap biro jasa itu.

Apalagi kalau mereka tidak bisa melihat kantor fisiknya secara nyata. Bukan tanpa sebab, keseluruhan proses yang saat ini sudah bisa di proses secara online, membuat mereka tidak bisa melihat secara langsung siapa yang akan mengerjakan kekayaan intelektualnya. 

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara memilih biro jasa, selanjutnya mari kita pahami lebih dulu tentang layanan yang ditawarkan dari masing-masing layanan jasa merek. 

Layanan Jasa HAKI

Seperti namanya, jasa HAKI adalah pihak yang menyediakan layanan pengurusan kekayaan intelektual. Apa saja layanan itu? Berikut adalah daftar layanan yang disediakan:

1. Merek

Menjadi jasa yang paling banyak disediakan, merek adalah jenis kekayaan intelektual yang paling dekat dengan dunia bisnis. Hal ini karena apapun jenis kegiatan usahanya, akan selalu bisa di lindungi oleh merek. 

Apa saja yang di tawarkan kepada konsumen merek? Rata-rata, jasa pendaftaran merek selalu menonjolkan layanan utama yaitu pendaftaran merek. Tapi tidak hanya itu saja, beberapa biro jasa juga menyediakan layanan pendukung, seperti:

  1. Perpanjangan merek
  2. Pengajuan banding
  3. Pengajuan keberatan
  4. Pengecekan merek
  5. Hak Cipta

Kekayaan intelektual yang juga tinggi peminat adalah hak cipta. Namun, karena masa berlakunya yang sangat panjang, maka layanan yang disediakan untuk kategori hak cipta menjadi sangat terbatas. 

Biro jasa yang menawarkan pengurusan hak cipta biasanya hanya sampai pada proses pencatatannya saja.

2. Paten

Karena proses pemeriksaannya yang rumit, berikut dokumen yang sangat banyak, membuat para pengusaha memilih menggunakan bantuan biro jasa dalam pengurusan paten. 

Sama halnya dengan merek, pengurusan paten ini bisa juga berupa pendaftaran dan pengecekan paten. 

Cara Memilih Jasa HAKI

Setelah mengetahui kebutuhan kamu dan menentukan pengurusan apa yang perlu di bantu oleh jasa HAKI, langkah selanjutnya adalah memilih siapa yang paling terpercaya dalam memproses kekayaan intelektual kamu. 

Perhatikan tips di bawah ini agar kamu tidak salah memilih ahli merek yang tepat:

1. Tidak harus sama dengan domisili kamu sekarang

Karena Ditjen KI juga tidak lagi menerima permohonan secara manual, kamu pun bisa memproses permohonannya dimana saja. Karena ketentuan yang sama juga, jasa bantuan perlindungan kekayaan intelektual juga tidak harus ada di kota kamu. 

Kamu hanya perlu menyesuaikan kebutuhan kamu dengan layanan yang disediakan, lalu memilih biro satu yang memang sudah terpercaya.

2. Terpercaya

Apa arti biro jasa yang terpercaya itu? Terpercaya bukan berarti kamu harus bisa melihat kantor fisiknya secara nyata. Melainkan dari penilaian terhadap hasil kerja dan juga cerita dari pengalaman para konsumen. 

Cara mencari tahu reputasi maupun penilaian itu sekarang juga sudah sangat dimudahkan. Hanya melalui review google atau bisa juga di lihat dari sosial media yang dioperasikan oleh si biro jasa. 

Cara lain, dan tidak kalah akurat adalah dengan meminta pendapat dari pihak-pihak yang sudah pernah menjadi pelanggan. 

“Penilaian terbaik adalah dari pengalaman seorang pelanggan”

3. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu

Selain kebutuhan untuk perlindungan kekayaan intelektual, kamu juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhanmu saat ini. 

Misalnya, apakah kamu butuh biro jasa yang murah? Atau justru yang kamu perlukan adalah yang paling cepat tidak peduli berapapun biaya yang dikenakan?

Setelah itu, kamu bisa mulai memasukkan kata kunci sesuai kebutuhan kamu dan mulai riset kamu dari halaman pertama hasil pencariannya. 

Kesalahan Pengusaha Dalam Menentukan Jasa HAKI

Tidak jarang, pengusaha juga melakukan kesalahan pada saat memilih jasa HAKI. Misalnya seperti kesalahan-kesalahan berikut:

1. Tidak punya pengetahuan dasar mengenai kekayaan intelektual

Pihak biro jasa kerap kali memberikan pertanyaan terkait usaha yang kamu jalankan. Pertanyaan yang diajukan ini bukan berarti mereka kurang kompeten, tapi untuk memastikan kembali pilihan dari pengusaha. 

Misalnya, untuk pengurusan merek, selalu ada pertanyaan mengenai barang atau jasa yang kamu pasarkan. Hal ini untuk menentukan kelas merek yang paling sesuai. Kalau pengusaha tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai kelas merek, akibatnya memilih kelas merek saja bisa menjadi hal yang sulit untuk seorang ahli.  

Pastikan kamu juga sudah paham terkait perbedaan masing-masing KI yang tersedia. Jangan sampai kamu salah menentukan jasa pengurusan karena tidak paham terkait jenis KI yang ada. 

2. Tidak tahu terkait kebutuhannya

Pengusaha harus paham dulu mengenai kebutuhannya. Minimal mengenai kepentingan memproses pendaftaran. Atau mengenai tujuan dari pengurusan kekayaan intelektual itu.

Hal ini agar biro jasa bisa turut memberikan pandangannya dan bahkan saran-saran terbaik untuk perlindungan kekayaan intelektual kamu.

Selain melindungi kekayaan intelektual kamu, kamu juga harus melindungi bisnis. Apa yang saat ini paling tepat untuk bisnismu? Apakah pendaftaran dengan segera? Atau justru ketepatan dalam perlindungannya?

Misalnya, kalau biro jasa menawarkan untuk mengecek merek dulu sebelum memproses pendaftarannya. Pengecekan ini fungsinya adalah untuk memastikan merekmu aman sepanjang pemeriksaannya.  

3. Asal memilih, lalu menyesal

Jangan sampai kamu memilih ahli hanya sekedar karena viral. Pastikan dulu pengalaman dan juga reputasinya. Apakah benar pilihanmu itu bisa memberikan pelayanan yang kamu harapkan?

Sebelum menetapkan pilihan, pastikan untuk selalu mendapatkan jawaban dari masing-masing pertanyaanmu karena memilih jasa HAKI juga tidak bisa sembarangan. Memilih jasa HAKI yang tepat memang tidak mudah, tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir karena sudah ada Jasamerek.com yang terbukti bekerja sama dengan Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda