KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ide Nama Merek Makanan Yang Anti-Mainstream Dan Pasti Aman

Ide Nama Merek Makanan Yang Anti-Mainstream Dan Pasti Aman

MEBISO.COM – Sebelum kamu pusing menentukan ide nama merek makanan untuk bisnismu. Sekarang saatnya kamu memperhatikan penjelasan pada artikel berikut. Dari artikel ini kamu akan mendapatkan ide untuk bisnis makanan kamu. 

Nama Merek Juga Harus Aman

Mencari ide nama merek makanan itu memang tidak mudah. Karena selain kamu perlu nama yang unik, kamu juga harus bisa menjamin nama mereknya sudah aman. Bagaimana kategori aman itu?

Kalau diterapkan pada bisnis makananmu, kamu hanya perlu mengingat ketentuan berikut:

1. Jangan gunakan nama bahan dasar makananmu

Ada sebuah cerita penolakan merek Tortilla yang nama mereknya juga menggunakan kata yang sama itu. Beruntungnya, karena dalam pendaftaran merek ini untuk beberapa jenis makanan lainnya dan tidak hanya Tortilla saja, maka DJKI hanya memberikan penolakan sebagian saja. 

Arti dari penolakan sebagian itu adalah DJKI meminta pemilik merek untuk menghilangkan jenis Tortilla pada pendaftaran mereknya itu. Hal ini karena pemilik merek menggunakan nama yang berkaitan dengan produk saja. 

Untuk itu, satu hal yang bisa memastikan nama merek itu aman adalah dengan tidak menampilkan nama produk pada merekmu. 

2. Gunakan kata yang baik

Cerita lainnya, ada sebuah nama merek yang sempat menimbulkan kontroversi. Produk dari merek ini adalah sebuah makanan ringan dengan bahan dasar bihun. Bukan bermasalah karena menampilkan nama produk pada merek. 

Tapi, masalahnya adalah karena merek ini menggunakan kata yang dianggap kurang baik. Merek itu adalah Snack Bikini. Alhasil setelah melakukan produksi yang tidak sedikit, pengusaha pembuat makanan ringan ini justru harus menjadi seseorang yang dianggap melakukan pelanggaran hukum. 

Jadi, dari dua tips di atas, kamu sudah menemukan cara untuk membuat nama merek yang aman. 

Setelah menjalankan kedua tips di atas, kamu akan bisa menikmati keuntungan mendapatkan merek yang anti-mainstream dan juga aman. Berikut adalah keuntungan mendapatkan nama merek yang aman. 

Keuntungan Nama Merek Yang Aman

Kamu sudah menemukan ide nama merek makananmu? Pastikan nama itu memang adalah nama yang unik dan juga aman. Karena, kalau nama merekmu aman, kamu bisa mendapatkan keuntungan berikut:

1. Lebih lama dikenal pelanggan

Salah satu keinginan pengusaha dalam membuat nama merek adalah agar produknya lebih lama dikenal oleh para pelanggannya. Tapi, kalau merekmu bermasalah, maksimal kamu hanya bisa memasarkan produkmu dalam satu tahun saja. 

Hal ini karena setelah DJKI menerbitkan surat penolakan, kamu hanya bisa segera mengganti merek dengan nama yang baru. Dan tentunya, kamu juga harus memulai proses pemasaran dari awal. 

2. Menjalankan bisnis dengan tenang

Dari kasus merek Snack Bikini di atas, pengusaha harus menyelesaikan masalahnya dengan aparat hukum. Tidak hanya cukup dengan mengganti nama merek saja, tapi pengusaha juga perlu menjalani masa hukuman termasuk juga membayar denda kepada petugas. 

Dengan begitu, kamu pasti tidak akan bisa tenang menjalankan bisnis apabila selalu terbayang masalah hukum yang mungkin muncul. 

3. Nama merekmu akan awet

Sudah tahu kalau merek itu akan berlaku sepanjang kamu masih menggunakannya? Dengan nama yang unik, kamu bisa terus menggunakannya sepanjang bisnismu masih berjalan. 

4. Bebas melindungi produk

Kalau kamu menggunakan nama produk untuk nama merekmu, dan berakhir seperti cerita merek Tortilla di atas, kamu tidak bisa melindungi produk yang kamu inginkan. Di atas adalah cara untuk memudahkanmu mendapatkan ide nama merek makanan. Dan setelah itu, pastikan kamu juga sudah mengecek merek dengan fitur Cek Merek Dagang dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda