KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

10+ Logo Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

10+ Logo Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Ternyata ada beberapa logo termahal di dunia. Benar, beberapa perusahaan rela mengeluarkan dana yang begitu banyak untuk membuat sebuah logo demi menarik perhatian konsumen.

Memang, logo bukan sembarang kumpulan elemen grafis yang menekankan huruf dan warna, melainkan sebuah image bagi sebuah perusahaan atau entitas. Maka dari itu, logo sudah menjadi salah satu bagian terpenting untuk branding.

Tak heran, cukup banyak perusahaan atau entitas sangat rela menghabiskan dana fantastis hanya untuk membuat sebuah logo.

Logo Termahal di Dunia

Lantas, apa saja logo termahal yang ada di dunia. Berikut adalah daftarnya diurutkan dari terendah hingga tertinggi.

1. Olimpiade London 2012

Pertama, ada logo Olimpiade London 2012. Logo ini terkenal sebagai salah satu logo Olimpiade terkontroversial bagi publik. Beberapa menilai desain logo tersebut sama sekali tidak menonjolkan nilai budaya London.

Ironisnya, tampaknya desainer berupaya untuk mereplikasi gaya arsitektur London. Logonya sendiri bergaya seni kubik dengan pilihan varian warna-warni.

Dana pembuatan logo Olimpiade London 2012 tercatat mencapai kurang lebih US$625 ribu atau kurang lebih Rp9 miliar.

2. Kota Melbourne

Selanjutnya, pemerintah kota Melbourne juga rela menghabiskan dana fantastis untuk membuat logo. Dengan begini, Melbourne juga memiliki salah satu logo paling mahal di dunia, lho.

Dananya kurang lebih sama seperti logo Olimpiade London 2012, yakni US$625 ribu atau Rp9 miliar. Pihak pemerintah kota Melbourne mengandalkan Lander Associated sebagai desainer logo.

Logo kota Melbourne itu debut di hadapan publik pada tahun 2009. Terlihat desainnya banyak menggunakan nuansa hijau dan biru beserta lines tajam untuk merepresentasikan kesan dinamis.

3. Pepsi

Pepsi terkenal sebagai salah satu brand minuman berkarbonasi terkenal di dunia. Persaingannya melawan Coca-Cola sudah sangat ikonik. Jadi, Pepsi melakukan rebranding dengan anggaran US$1 juta atau kurang lebih Rp14 miliar.

Dari sekilas, logonya tidak jauh berbeda dari logo lama, yaitu tiga bentuk gelombang warna merah, putih, dan biru tergabung menjadi satu bola. Tidak heran, ini menjadi upaya untuk menantang Coca-Cola dalam pasar minuman berkarbonasi.

Desain logo ini sangat sukses hingga publik bisa mengetahuinya. Banyak dari mereka mengingat logo itu menonjol bahkan jika tanpa nama.

4. Citibank

Selanjutnya, ada logo Citibank yang tentu sudah tidak asing lagi bagi publik. Debut pada tahun 1999, logo ini dibuat oleh Paula Scher dari Pentagram. Tentunya, logo ini sangat catchy, mudah teringat, dan relevan.

Harga pembuatan logo ini juga begitu fantastis, yakni US$1,5 juta atau kurang lebih 21 miliar rupiah. Ini menjadi upaya Citibank untuk melakukan rebranding setelah Citicorp merger dengan Traveler’s Group untuk membentuk Citigroup.

Fakta menariknya, logo ini pertama kali dibuat dalam bentuk sketsa di sebuah serbet. Maka, secara harfiah, sketsa tersebut mendapat julukan serbet senilai US$1,5 juta.

5. BBC (British Broadcasting Corporation)

Logo BBC juga sangat ikonik dan tidak asing lagi bagi publik. Desainnya terlihat sederhana, yakni kombinasi huruf balok putih dengan background hitam. Terlebih, terdapat beberapa variasi lain dari logo tersebut.

Meski menonjolkan minimalis, desain menghabiskan anggaran US$1,8 juta atau Rp25 miliar, menjadikannya harga logo termahal. Logo ini benar-benar melambangkan entitas broadcasting publik Inggris itu di panggung global.

Logo tersebut debut di kalangan publik pada tahun 1998. Tercatat mereka masih menggunakan logo lama tahun 1971 dalam waktu sangat lama hingga memutuskan untuk melakukan perubahan.

6. ANZ (Australia & New Zealand Banking Group)

ANZ ternyata juga merupakan salah satu perusahaan dengan logo termahal di dunia. Memiliki anggaran US$15 juta atau Rp200 miliar, logo ini menekankan aturan psikologi klasik dengan menggunakan kombinasi antara warna putih dan biru.

Kedua warna itu terkait dengan stabilitas dan keamanan. Benar elemen tersebut sangat relevan dengan dunia perbankan. Banyak sekali bank menekankan stabilitas dan keamanan agar nasabah merasa aman untuk menabung di sana.

Hal menonjol dari logo itu adalah penggunaan font biru yang tampak seperti bergerak. Pasalnya, penggunaan huruf ANZ tampil dengan elemen grafis berkesan dinamis.

7. Enron

Enron terkenal sebagai salah satu perusahaan terkontroversial di Amerika Serikat. Saking kontroversialnya, perusahaan tersebut tersandung skandal besar yang membuatnya bangkrut.

Pembuatan logonya pun ikut melibatkan dana yang sangat besar, yakni US$33,9 juta. Mengandalkan ahli branding Paul Rand, logo tersebut memiliki elemen minimalis dan halus.

8. Posten Norge

Berikutnya, Posten Norge adalah perusahaan publik Norwegia yang berfokus pada pengantaran logistik dan pos. Dana pembuatan logonya pun bukan main, yakni US$55 juta atau Rp792 miliar.

Meski begitu, logo tersebut mengutamakan kesederhanaan. Terlihat nama “posten” tercantum bersama dengan gambar dua setengah lingkaran bersama sebuah lubang putih. Ketiga elemen gambar itu tampak seperti sebuah bulan sabit.

Pesan dalam logo itu sangat gamblang, yakni mereka akan mengantarkan surat dari pengirim sampai tiba ke penerima. Terlebih, logo ini sudah banyak mendapatkan pujian dari publik.

9. Accenture

Accenture juga memiliki salah satu logo perusahaan termahal di dunia. Tercatat dana pembuatannya mencapai US$100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun.

Makna di balik logo itu adalah ambisi perusahaan agar terus bekerja menuju pertumbuhan dan perbaikan pada masa depan. Memang, perusahaan Accenture sendiri merupakan singkatan dari frasa Accent of the Future.

Meski logo tersebut awalnya mendapat kritik, publik sudah sangat mengingatnya. Bahkan, Accenture sudah sangat sukses sebagai perusahaan konsultasi manajemen di Amerika Serikat.

10. British Petroleum

British Petroleum merupakan salah satu perusahaan dengan logo beranggaran fantastis, yakni US$210 juta atau Rp3 triliun. Logo ini menjadi upaya untuk rebranding setelah image mereka tercemar karena terkait polusi lingkungan.

Mereka menekankan psikologi warna dalam marketing dengan logo mirip bunga seakan tumbuh dari matahari menyerupai Helios (dewa matahari). Gagasan yang ingin tersampaikan adalah untuk menyampaikan pelanggan akan ramah lingkungan.

Dari logo ini, mereka ingin melakukan sebaik mungkin untuk meyakinkan produknya bisa ramah lingkungan. Tidak heran, terdapat warna hijau dan kuning sebagai upaya menggunakan psikologi warna.

11. Symantec

Terakhir, logo termahal di dunia dipegang oleh Symantec dengan biaya produksi US$1,28 miliar atau kurang lebih Rp18,4 triliun. Terlihat sangat mahal, tetapi logonya sangat sederhana untuk membawa kesan impresif.

Elemen terpenting dalam logo itu adalah tanda centang, menandakan sebuah keberhasilan. Sedangkan, lingkaran warna kuning melambangkan kontinuitas dan perlindungan.

Mengingat kedua elemen tersebut, tidak mengherankan Symantec merupakan sebuah perusahaan pemilik brand antivirus yang sangat besar. Tercatat mereka sudah memiliki Norton, AVG, Avira, dan Avast.

Demikianlah informasi tentang logo termahal di dunia. Tentunya, logo menjadi identitas dari merek agar bisa menonjol.

Berbicara tentang merek, Mebiso bisa membantu kamu melakukan pengecekan merek mudah dan praktis. Biarkan teknologi AI kami untuk menilai kepastian dan potensi keberhasilan agar merek kamu sukses.

Tunggu apa lagi? Cek merek kamu di Mebiso sekarang dengan sekali klik! Khusus pengguna pertama kali, dapatkan cek merek setengah harga!

FAQ

Berapa lama pengecekan merek di Mebiso?

Berkat teknologi AI canggih, kami mampu mengecek setiap mereka 1000 kali lebih cepat dari penyedia jasa serupa lainnya.

Kapan saya bisa mengecek merek di Mebiso?

Kapan saja! Tak perlu menunggu hari kerja untuk melihat hasil analisis kami.

Berapa harga cek merek di Mebiso?

Mulai dari Rp50.000, kamu bisa melakukan pengecekan merek sangat mudah.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu