KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Manfaat Merek untuk Pengusaha yang Wajib Kamu Pahami!

Manfaat Merek untuk Pengusaha yang Wajib Kamu Pahami!

MEBISO.COM – Kebanyakan produk sudah menempelkan nama panggilannya, tapi apa sebenarnya manfaat merek sehingga para pengusaha perlu segera memutuskan penggunaannya?

Ini dia sebuah rujukan yang tepat untuk kamu yang masih ragu dalam pembuatan merek produkmu. 

Manfaat Pemberian Merek

Bayangkan sebuah produk yang baru muncul tiba-tiba berusaha menarik perhatian pelanggan tanpa adanya pengenal. Kira-kira apakah produk tersebut akan berhasil? Ini dia salah satu dari banyaknya manfaat pemberian nama produk. 

Untuk bisa meyakinkanmu agar segera membuat panggilan khusus pada produk, berikut adalah uraiannya. 

1. Menjadi Pembeda

Masing-masing produk memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Tapi, tanpa ada keterangan atau penjelasan mengenai cara membedakannya maka produk tersebut akan kehilangan kekuatan pembedanya. 

Misalnya, ketika kamu berusaha meluncurkan produk baru yang jauh lebih sempurna dari produkmu sebelumnya. Meskipun kedua produk tersebut sama-sama berasal dari produsen yang sama, kamu tetap membutuhkan cara khusus untuk memanggil keduanya. 

Meskipun panggilan keduanya sangat sederhana seperti produk “a” dan “b”, panggilan ini adalah juga merupakan merek. 

Atau, pernahkah kamu melihat penjelasan mengenai perbedaan produk palsu dan asli? Keterangan mengenai palsu dan asli ini juga merupakan contoh dari manfaat merek. 

2. Daya Dukung dari Bisnis

Apa yang kamu harapkan ketika pertama kali menjalankan bisnis? Sudah pasti mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari kegiatan yang kamu jalankan. Namun faktanya, untuk bisa mendapatkan keuntungan 1% lebih banyak, kamu perlu usaha yang maksimal. 

Ini dia manfaat merek berikutnya yang bisa kamu dapatkan. Faktanya, menempelkan sebuah panggilan khusus pada produk justru bisa menjadi penyebab terjadinya kenaikan pada penjualan bisnis. 

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk bisnismu. Dari alasan itu, merek bisa menjadi daya dukung bisnis yang terpercaya. 

3. Alat Promosi

Selanjutnya adalah khusus manfaat merek bagi perusahaan. Untuk bisa mendapatkan lebih banyak transaksi dan menjual lebih banyak produk, perusahaan perlu melakukan kegiatan promosi secara gencar. 

Jauh sebelum kamu memasang promo besar-besaran atau mengumumkan adanya potongan harga yang fantastis, jangan lupa untuk mempertimbangkan kekuatan dari merekmu lebih dulu. 

Pasalnya, mencantumkan sebuah nama pada produk merupakan salah satu langkah mudah untuk melakukan promosi. Hanya dengan menonjolkan nama atau unsur lain yang bisa menjadi alat pengenal pada saat menjual produk, pada dasarnya kamu sudah berusaha untuk membuatnya semakin banyak dikenal. 

4. Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Bukan hanya berusaha untuk menjaring pelanggan baru, tapi kamu juga bisa tetap mempertahankan pelanggan lama sembari mencetak penjualan baru. Ini dia yang menjadi manfaat merek dagang bagi pengusaha. 

Menampilkan nama atau sedikit pembeda, akan membuat pelanggan merasa lebih dekat dengan produkmu. Mereka akan merasa lebih mudah mengenali produk sehingga lebih terikat secara emosional. 

Alhasil, pelanggan akan terus memilih produkmu meskipun sudah ada produk baru yang menjadi pembanding. Karenanya, jangan sampai kamu melewatkan manfaat merek yang satu ini. 

5. Menambah Jumlah Transaksi

Terkadang, peningkatan jumlah transaksi menjadi target pengusaha dari setiap periodenya. Namun, belum banyak yang tahu kalau salah satu manfaat merek adalah kemampuannya untuk meningkatkan jumlah transaksi masing-masing produk. 

Hal ini karena pelanggan cenderung memilih produk-produk yang mereka kenali. Kemudian cara untuk bisa dengan mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah pertama kali kamu harus menempelkan sebuah identitas. 

Identitas ini adalah merek atau panggilan pada produkmu. Dengan memberikan nama pada produk, kamu bisa sekaligus mendapatkan kepercayaan pelanggan yang kemudian melakukan transaksi. 

Manfaat Merek untuk Konsumen

Selain beberapa keuntungan di atas, ternyata tanda pengenal ini juga bisa memberikan manfaat merek bagi produsen dan konsumen sekaligus. Ini dia penjelasan lengkapnya. 

1. Memudahkan Penentuan Keputusan

Banyaknya pilihan terkadang membuat pelanggan menghabiskan banyak waktu hanya untuk membeli satu benda kebutuhan. Bahkan terkadang karena memilih dengan terburu-buru konsumen justru bisa mendapatkan barang yang salah. 

Tapi, dengan adanya pembeda berupa nama atau tanda, konsumen bisa langsung menentukan pilihan sesuai dengan kualitas dan juga keunggulannya. Ini dia yang menjadi manfaat merek menurut pelanggan. 

2. Media Komunikasi

Terkadang pelanggan membutuhkan perbandingan atau pertimbangan dari orang lain mengenai produk yang akan mereka beli. Sayangnya, hal ini akan menjadi sulit ketika tidak ada tanda pengenal dari produk tersebut. 

Inilah yang menjadikan pelanggan sangat membutuhkan adanya tanda sederhana yang bisa membedakan satu produk dengan produk yang lain. 

3. Motivasi Pembelian Produk

Ketika pertama kali melewati produk, mungkin kamu tidak benar-benar membutuhkannya, namun setelah melihat merek yang tertera pada produk kamu menjadi berubah pikiran. 

Inilah yang menjadi daya tarik dari merek itu sendiri. Kekuatan dari sebuah merek bisa menjadi motivasi bagi pelanggan untuk melakukan pembelian produk meskipun pada awalnya pelanggan tidak membutuhkan produk tersebut. 

Langkah Pertama Memanfaatkan Pembeda

Sayangnya, kamu belum bisa mendapatkan seluruh keuntungan di atas tanpa memproses pendaftaran merek. Kemudian agar proses pendaftarannya sendiri juga sukses, jangan lupa untuk lebih dulu memastikan tanda pilihanmu sudah aman. 

Mulailah mencari tahu siapa saja yang sudah menggunakan nama produkmu dan yang sudah mendapatkan bukti perlindungan lebih dulu. 

Memastikan Merek Aman dengan Mudah

Untuk bisa mendapatkan manfaat merek di atas secara instan, kamu bisa memastikan keamanan merek secara instan pula. Caranya, dengan Cek Merek Mebiso yang sudah menggunakan teknologi AI!

Cek Keberhasilan Daftar Merek Hanya 1x KLIK!