KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Manfaat Mendaftarkan Merek Dagang untuk Pengusaha Baru!

Manfaat Mendaftarkan Merek Dagang untuk Pengusaha Baru!

MEBISO.COM – Merek dulu atau untung dulu? Tapi, karena perlindungan merek perlu biaya, kebanyakan pengusaha terlalu fokus untuk mengejar keuntungan sampai lupa perlindungannya. Padahal, manfaat mendaftarkan merek dagang ternyata banyak sekali bagi pengusaha baru!

Mau tahu apa saja yang bisa kamu dapatkan setelah berhasil memberikan perlindungan terhadap merek? Cek rinciannya pada artikel berikut. 

Manfaat Mendaftarkan Merek Dagang

Bagi pengusaha baru, menimbang-nimbang keuntungan sebelum memutuskan sesuatu sangatlah penting. Misalnya, seperti keputusan untuk melindungi merek. Apalagi, ada biaya yang harus kamu keluarkan nantinya. 

Berikut ini adalah bahan pertimbangan yang bisa kamu gunakan sebelum membuat keputusan besar. 

1. Perlindungan Kelangsungan Usaha

Sudah bukan merupakan rahasia lagi kalau pendaftaran merek menjadi sebuah langkah perlindungan usaha. Utamanya, dari aksi-aksi kecurangan seperti pemalsuan atau pencurian merek. 

Dengan memproses pendaftaran, kamu akan mendapatkan jaminan perlindungan bahkan dari negara! Artinya, ketika terjadi sebuah kecurangan, maka negara juga akan terlibat untuk proses penyelesaiannya. 

2. Mencegah Kriminalisasi

Dengan melindungi merek sejak usaha baru saja berdiri, kamu akan mengurangi kemungkinan adanya tindakan kriminal dengan menggunakan merek. Secara otomatis kamu telah mendeklarasikan kalau nama tersebut adalah milikmu secara resmi dan telah diketahui oleh seluruh orang termasuk pemerintah. 

Alhasil, ketika ada yang berniat menggunakan nama yang sama, maka hal itu merupakan sebuah tindak kejahatan. Tentu, pada dasarnya setiap orang akan menghindari kejahatan. 

3. Sarana Promosi

Kebutuhan utama para pengusaha baru adalah meningkatkan penjualan melalui aktivitas promosi. Sebenarnya, kegiatan ini tidak bisa berjalan lancar kalau kamu ragu akan keamanan merek. 

Inilah yang kemudian menjadi manfaat mendaftarkan merek dagang berikutnya. Dengan perlindungan merek pertama kali, kamu tidak lagi perlu khawatir ketika melakukan promosi secara besar-besaran. 

Selain namanya sudah terlindungi, kamu pun bisa dengan leluasa menggunakannya tanpa takut ada perubahan nama di kemudian hari ketika produkmu sudah terkenal. 

4. Sebagai Identitas

Bisnis baru perlu berusaha keras untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat luas. Untuk itu, sebelumnya kamu perlu sebuah identitas yang bisa mendukung proses ini. 

Merek lah yang kemudian bisa menjadi sebuah identitas sederhana sekaligus kuat karena penyebutannya yang mudah dan juga unik. Perbedaan besar ini akan langsung melekat di benak para pelanggan ketika kamu memperkenalkan produk. 

Selanjutnya, kamu hanya perlu menjelaskan mengenai keunggulan di bawah nama yang unik tersebut apabila dibandingkan dengan produk-produk lain di luar sana. 

5. Sarana Peluang Bisnis yang Lebih Luas

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memproses perlindungan merek. Salah satunya adalah bisa mendatangkan peluang bisnis yang lebih luas lagi. Faktanya, sebelum bekerja sama dengan perusahaan besar, mereka akan menerapkan beberapa persyaratan legalitas. 

Salah satunya adalah bukti perlindungan merek masing-masing. Hal ini menjadi sebuah jaminan kalau produk yang menjadi objek kerja sama telah aman dan terlindungi. Bayangkan kalau kamu abai terhadap perlindungan merek? Tentu, kamu akan kehilangan banyak kesempatan untuk mengembangkan bisnismu. 

Bukan hanya yang berkaitan dengan perusahaan lain, manfaat mendaftarkan merek dagang lainnya adalah memudahkanmu berurusan dengan instansi pemerintahan. Ketika berbicara tentang bisnis, hampir seluruh instansi pemerintahan akan menanyakan “apa merek dagangnya?”

Identitas produk menjadi sebuah perhatian utama bahkan sebelum penggunaan bahan atau cara produksinya. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan. 

Tapi, hal ini bisa berbeda ketika kamu tidak memproses perlindungannya atau justru belum memiliki nama sama sekali! Bisa saja, kehilangan kesempatan untuk memproses perizinan tertentu melalui instansi pemerintahan, justru mengakibatkan produkmu gagal mendapatkan pasar yang lebih luas. 

6. Pembeda dari Pesaing

Manfaat nyata yang bisa langsung kamu rasakan adalah kekuatannya untuk membedakan dengan produk pesaing. Tentunya, kamu tidak perlu lagi susah payah menjelaskan dari A hingga Z tentang perbedaan pada produkmu dengan produk pesaing. 

Cukup sampaikan nama yang kamu tempelkan, lalu maksimalkan strategi pemasaran, sehingga pelanggan bisa langsung mengenali produk dengan mudah. 

7. Memudahkan Penjualan Produk

Selanjutnya, kamu juga bisa mendapatkan manfaat mendaftarkan merek dagang karena sangat memudahkan penjualan produk. Pasalnya, ketika terdapat berbagai produk sejenis di tempat yang sama, pelanggan akan merasa dimudahkan dengan adanya label dan nama. 

Sama halnya ketika kamu berada di dalam minimarket. Produk-produk serupa selalu berada di tempat yang berdekatan. Meski begitu, pelanggan selalu bisa menemukan perbedaan hanya dengan melihat dari label atau warnanya. 

Tanpa label atau sebuah nama, pelanggan justru akan ragu memilih produkmu karena kesulitan mengenalinya. 

Sudah Daftar Tetap Harus Dilindungi!

Kalau kamu sudah memahami berbagai manfaat dari pendaftaran merek, maka tidak ada alasan lagi untuk menunda perlindungannya. Tapi ingat, proses ini adalah tahap pertama. Masih ada tahap perlindungan lanjutan yang harus kamu antisipasi. Contohnya, dengan proteksi dari adanya bisnis tiruan. Jangan sampai, manfaat mendaftarkan merek dagang ini justru dinikmati oleh bisnis pesaing dengan cara yang tidak baik! Pantau selalu dan dapatkan updatenya secara real time melalui fitur Perlindungan Merek sebagai jalan pintas pengamanan merek secara ekstra!

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi
Deteksi & Lindungi Merekmu dari Plagiasi