KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Perbedaan Label dan Merek, Jangan Sampai Salah Kaprah!

Perbedaan Label dan Merek, Jangan Sampai Salah Kaprah!

MEBISO.COM – Sudah tahu apa perbedaan label dan merek? Meskipun saling berkaitan, ternyata keduanya berbeda, lho! Agar kamu tidak salah memahaminya, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai kedua istilah tersebut. 

Apa Itu Label?

Arti dari label adalah salah satu irisan dari produk yang terdapat keterangan mengenai informasi untuk memudahkan penjualan produk. Informasi ini bisa berupa tulisan atau gambar. Menurut beberapa ahli, label memiliki artian sebagai berikut. 

1. Menurut Swasta

Swasta menjelaskan mengenai label yang berarti bagian dari pembungkus produk. Bukan hanya sekedar pembungkus karena label berisi keterangan dari produk berupa kata-kata atau penjelasan produk. 

2. Tjiptono

Label menjadi sebuah bagian yang bertugas menyampaikan informasi. Jadi, memiliki fungsi utama untuk menjadi jembatan antara produk dan penjual. Biasanya, label ini menjadi bagian dari kemasan yang terdapat pada produk. 

3. Kotler

Seorang ahli pemasaran juga turut menyampaikan pendapatnya mengenai label. Menurutnya, label merupakan tampilan sederhana dari produk dengan tambahan rancangan gambar dengan warna tertentu yang kemudian dilekatkan pada kemasan. Biasanya, isi dari label ini berupa nama dengan informasi produk. 

4. Marinus

Marinus berpendapat bahwa label merupakan sebagian kecil dari produk. Label juga memiliki fungsi khusus untuk memuat informasi secara verbal. 

Jenis Label

Ternyata, tidak hanya terdapat satu jenis, melainkan label terdiri dari berbagai jenis dengan fungsi yang beragam pula. 

1. Jenis Label Produk

Bukankah semua label itu untuk produk? Ternyata, label produk merupakan satu diantara banyaknya jenis dari sebuah informasi pada kemasan. Arti dari jenis pertama ini adalah sebuah informasi yang menjelaskan mengenai karakter produk. 

Misalnya, apabila produknya merupakan makanan. Pada produk makanan biasanya akan memuat informasi tentang bahan utama dan bahan tambahan, kemudian nilai gizi yang terdapat pada produk, sampai dengan batas konsumsi. 

Label dengan jenis satu ini perlu memuat informasi secara lengkap. Contohnya, nomor izin edar atau sertifikasi dari produk. Penting juga untuk menempatkannya pada lokasi yang mudah dilihat oleh pelanggan. 

2. Label Merek

Selanjutnya adalah jenis yang sangat familiar di kalangan pengusaha. Jenis ini menjadi sebuah media untuk menampilkan nama berikut logo. Bukan lagi menjelaskan tentang bahan utama dan bahan pendukung makanan, melainkan berfungsi untuk menunjukkan identitas dari produk. 

Penempatannya juga sangat penting. Meskipun bisa diletakkan dimanapun sesuai dengan dimensi label tersebut, tapi usahakan untuk meletakkannya di tempat yang mudah diakses pelanggan. 

Selain agar lebih mudah menunjukkan identitas produk, juga bisa menunjukkan identitas dari perusahaan . Inilah yang menjadi perbedaan label dan merek dalam suatu produk. 

3. Label Tingkat

Jenis berikutnya, memiliki fungsi untuk menunjukkan tingkatan mutu dari suatu produk. Khususnya adalah produk hasil produksi secara industrial. Tujuan utamanya adalah agar pelanggan lebih mudah dalam menentukan pilihan produk berdasarkan tingkatannya. 

4. Label Deskriptif

Selanjutnya adalah jenis yang umum digunakan dalam beberapa produk. Hal ini karena fungsi utamanya yang bertujuan untuk memberikan penjelasan terhadap produk. Misalnya, penjelasan mengenai ciri-ciri atau cara pemakaian produk. 

Selain itu, bisa juga berfungsi untuk menjelaskan mengenai cara pemakaian atau pemanfaatan produk. Termasuk bahan-bahan yang mengandung alergen pada produk makanan. 

Apa Itu Merek?

Sempat disinggung di atas kalau merek merupakan salah satu bentuk dari label yang melekat pada produk. Alhasil, dari penjelasan di atas, maka merek itu menjadi sebagian kecil dari label.  

Secara lebih spesifik, merek merupakan penanda dari produk agar pelanggan mudah mengenalinya. Terdiri dari satu atau beberapa unsur seperti nama, gambar atau logo, dan juga angka. 

Lebih lanjut, merek merupakan sebuah identitas dari produk. Pembeda dari produk lain yang sejenis. Inilah yang menjadi perbedaan label dan merek. Ketika label bisa berfungsi dengan menjelaskan informasi mengenai apapun, merek terbatas hanya pada identitas.  

Fungsi Label Berikut Merek

Meski berbeda, ternyata kedua unsur ini memiliki fungsi dan tujuan yang sama pentingnya. Karena jenisnya yang banyak, fungsi dari label pun beragam. Mulai dari menyampaikan informasi sampai dengan menentukan kualitas produk. Ini dia beberapa fungsi yang bisa kamu dapatkan dari label dan juga merek.  

1. Identifikasi Produk

Dari penjelasan mengenai perbedaan label dan merek di atas, terdapat fungsi yang sangat mencolok yaitu sebagai identifikasi produk. Fungsi berikut dapat kamu nikmati dari sebuah label merek. 

Bahkan hampir seluruh produk yang beredar di pasaran mengutamakan fungsi satu ini. Terutama menjadi bentuk usaha pebisnis dalam memperkenalkan produk kepada pelanggan melalui sebuah label. 

2. Menentukan Kelas Produk

Selain itu, melalui label pengusaha juga bisa mengenalkan kelas dari produk. Contohnya adalah dari label bertingkat yang bisa menunjukkan jenis berikut tingkatan kualitas dari produk.  

3. Sarana Promosi

Sudah menjadi rahasia umum kalau perusahaan rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk menciptakan sebuah desain label. Pasalnya, ketika pertama kali melihat suatu produk, pelanggan akan lebih dulu mencurahkan perhatian kepada label. 

Sebaik apapun bahan yang kamu campurkan atau secanggih apapun kualitas dari inovasi yang kamu lakukan, pelanggan tidak akan langsung mencari informasi secara mendalam mengenai hal itu kecuali melalui sebuah label. 

Alhasil, agar bisa menarik banyak pelanggan, perusahaan perlu pertama kali menarik perhatian pelanggan melalui labelnya. 

4. Sumber Informasi 

Hanya ada beberapa menit sebelum pelanggan menjatuhkan pilihannya. Dalam beberapa menit ini akan lebih efektif apabila pelanggan bisa mendapatkan seluruh informasi produk dari sebuah label.  

Melindungi Label dan Merek Perusahaan

Sayangnya, semakin tenar sebuah label dan merek dari produk maka semakin mudah pula kompetitor melakukan penjiplakan. Jadi, dari perbedaan label dan merek satu hal yang wajib kamu lakukan adalah memberikan pengamanan ekstra. Fitur Proteksi Merek dari Mebiso bisa menjadi jawaban dari kebutuhan pengamanan ekstra tersebut.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda