KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Pisahkan Jenis Merek Kata Dan Logo Untuk Pendaftaran Sukses!

Pisahkan Jenis Merek Kata Dan Logo Untuk Pendaftaran Sukses

MEBISO.COM – Mau tahu cara sukses daftar merek? Dari artikel ini kamu bisa mendapatkan satu trik tambahan untuk melindungi merek kata dan logo sekaligus! 

Untuk bisa menambahkan kekuatan pembeda pada suatu merek, pengusaha bisa memainkan unsur kata dan logo pada merek. Apa yang membedakan unsur keduanya? 

Pertama, unsur kata, ada tulisan-tulisan, angka, dan juga simbol-simbol yang digunakan untuk menyebutkan produk. “Untuk menyebutkan produk” adalah kriteria paling mudah yang bisa kamu gunakan untuk menentukan jenis merek. 

Karena selanjutnya kamu harus memahami jenis yang berbeda, maka pastikan kamu sudah mengerti tentang fungsi utama dari pembedaan jenis pendaftaran merek. 

Kedua, ada unsur lukisan, fungsinya adalah untuk membedakan merek dari segi tampilan. Untuk itu, pada jenis ini bukan lagi terdiri dari susunan kata, kalimat, atau angka, tapi akan memainkan warna atau coretan.

Dari kedua jenis tersebut, DJKI memberikan fasilitas untuk mendaftarkan jenis tersebut secara sendiri-sendiri atau secara bersamaan sekaligus. Dan karena ada fasilitas itu, pemilik merek bisa menggunakannya sebagai strategi untuk mengamankan nama merek.

Pada formulir pendaftaran merek, kamu akan menemukan kolom khusus untuk menuliskan jenis merek. Pada bagian ini, kamu bisa mengisinya sesuai dengan kriteria merekmu. Kalau berdasarkan penjelasan di atas, kamu bisa menyesuaikan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apakah merek yang akan kamu ajukan itu memiliki fungsi untuk membedakan nama produk?
  2. Apakah merek yang akan kamu ajukan itu fungsi utamanya untuk menonjolkan visual produk?
  3. Apakah justru merek yang akan kamu daftarkan memiliki kedua fungsi tersebut?

Selesai dengan jawaban dari pertanyaan di atas, kamu bisa memasukkan jawabannya pada bagian jenis merek. Beberapa pilihan yang tersedia adalah:

  1. Merek kata
  2. Merek lukisan
  3. Merek kata dan lukisan
  4. Merek hologram
  5. Merek suara

Ketika, satu merek yang kamu miliki ternyata memiliki dua atau lebih unsur, katakan saja merekmu terdiri dari tulisan dan lukisan, mungkin kamu akan memilih huruf (c) untuk mendaftarkannya. 

Hal ini memang bukan yang salah, tapi untuk mendapatkan hasil yang lebih aman, kamu bisa mencoba satu trik pendaftaran. Ini satu-satunya trik yang ada pada artikel tentang pendaftaran merek. 

Untuk bisa memastikan merek kamu aman, kamu bisa mencoba mendaftarkannya ke dalam jenis yang terpisah. Misalnya, kamu memiliki nama merek “Pasti Sukses” dengan ciri khas tambahan logo singkatan nama merek tersebut dan kombinasi warna yang unik. 

Dengan menggunakan trik yang sudah disampaikan, maka pendaftaran merekmu akan menjadi:

  1. Merek Pasti Sukses dengan jenis merek kata
  2. Merek Pasti Sukses dengan jenis merek lukisan
  3. Merek Pasti Sukses dengan jenis merek kata dan lukisan

Memisahkan jenis pendaftaran masing-masing seperti contoh di atas fungsinya untuk memberikan perlindungan ekstra untuk merekmu. Karena kamu memiliki 3 pendaftaran yang berbeda, kalaupun ada pendaftaran yang bermasalah, maka pendaftaran lainnya tidak akan terpengaruh. 

Misalnya, pendaftaran di jenis merek kata milikmu ternyata mendapatkan usulan penolakan karena alasan-alasan tertentu. Sekalipun kamu mendapatkan penilaian buruk dari pendaftaran merek kata kamu, kedua jenis yang sudah kamu ajukan akan diperiksa secara masing-masing oleh pemeriksa merek. 

Dengan begitu, kamu juga meningkatkan kemungkinan keberhasilan perlindungan merek yang kamu miliki. Merek kata dan logo menjadi dua unsur paling populer yang digunakan oleh pengusaha. Untuk itu kamu perlu berhati-hati dalam memadukan dua jenis merek tersebut. Agar lebih yakin, pastikan kamu sudah mencoba Tools Cek Merek dari Mebiso.

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi