KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ini Dia, Cara Mudah Strategi Riset Produk 

strategi riset produk

Sebelum memulai bisnis, setiap calon pengusaha harus memahami strategi riset produk. Tujuannya, untuk menentukan produk atau jasa yang ditawarkan berdasarkan permintaan pasar.

Hal ini diulas secara mendalam pada BIT Corner bertajuk ‘Strategi Mudah Pilih Produk yang Laris Untuk Bisnis’ bersama Research and Development Produk Mebiso, Zahra Margautami. Selengkapnya, baca sampai habis, yah!

Kenapa Riset Produk Penting?

Saat ini, tak sedikit masyarakat yang ingin memulai usaha, tak tahu harus mengawali darimana. Ini merupakan hal yang wajar bagi calon pebisnis pemula. Untuk itu, diperlukan riset produk yang tepat sesuai keinginan pasar.

Riset ini penting bagi calon pengusaha pemula untuk memahami kebutuhan pasar, mengurangi resiko kegagalan, mendapatkan keunggulan kompetitif, efisiensi biaya dan waktu, memahami tren pasar. Serta, dapat validasi ide produk. 

Riset produk memungkinkan mereka mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen, tren pasar, dan potensi persaingan. Dengan informasi ini, mereka dapat mengembangkan produk yang lebih tepat sasaran dan memiliki nilai jual yang tinggi. 

Selain itu, riset produk membantu pengusaha mengenali kelebihan dan kekurangan produk serupa yang sudah ada di pasaran, sehingga mereka bisa menawarkan solusi yang lebih baik atau berbeda. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa produk yang dikembangkan memiliki peluang sukses yang lebih besar dan mampu memenuhi ekspektasi pelanggan.

Cara Riset Mudah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk riset bagi orang-orang yang ingin melakukan jual beli online. Cara pertama, yakni riset melalui platform Aliexpress. Melalui cara ini, calon pengusaha bisa mengetahui produk apa saja yang sedang tren di luar negeri.

Cari pada pilihan best seller produk. Kemudian, pilih produk yang jumlahnya terjual banyak. Meskipun produk global, ada peluang untuk berjualan di Indonesia. Sebab, tak menutup kemungkinan, produk yang saat ini sedang tren di luar negeri, satu atau dua bulan lagi menjadi tren di Indonesia. 

Kedua, lakukan riset melalui platform Jakmall, pilih top 100 produk yang laris di all categories. Namun, jika calon pengusaha sudah memiliki pasar atau kolam tertentu, bisa disesuaikan. Misalnya, sebelumnya sudah pernah mencoba berjualan alat rumah tangga, maka kategori yang dipilih, tidak jauh dari produk tersebut. Sebab, sudah memiliki kolam kuat untuk pasar.

Ketiga, yakni melalui ads library meta. Pada platform ini, bisa riset produk apa yang dijual. Selain itu, melalui laman tersebut, calon pengusaha juga bisa sekaligus belajar atau riset inspirasi iklan, copywriting hingga konten. 

Selain ketiga platform di atas, ada rekomendasi platform lain, namun berbayar. Pertama, yakni Dropship.io yang merupakan marketplace global seluruh dunia dan dapat info supplier juga.

Kedua, Pipiads, merupakan platform yang lebih detail daripada ads library. Ketiga, Tokpee, yakni marketplace lokal tokopedia dan shoppe. Platform ini memiliki fitur lengkap.

Tentukan Harga dan Promo yang Tepat

Kalau produknya sudah winning, tapi penentuan harga dan promonya tidak menarik, maka saat diiklankan tidak winning alias boncos. Setiap platform, misalnya TikTok atau Meta, memiliki cara masing-masing dalam penentuan harga dan promo. Sebab, behavior-nya berbeda.

Jika kesulitan melakukan riset atau penentuan harga, calon pengusaha online juga bisa menggunakan sistem dropship. Hal ini lebih memudahkan calon pengusaha untuk berjualan
Artikel tersebut merupakan cara mudah melakukan strategi riset produk. Ikuti event kami lainnya.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu