KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

CEO Mebiso Beri Tips Membuat Pitch Deck Untuk Mahasiswa UWIKA 

CEO Mebiso Beri Tips Membuat Pitch Deck Untuk Mahasiswa UWIKA

CEO Mebiso, Hesti Rosa memberikan tips membuat pitch deck bagi mahasiswa Universitas Widya Kartika (UWIKA) Surabaya. Selengkapnya, kegiatan tersebut akan diulas pada artikel ini.

Kesempatan Mentoring di UWIKA

Setelah berhasil menyabet gelar sebagai Most Progressive Challenger pada DSC Season 14, Hesti Rosa merupakan bagian dari Diplomat Entrepreneur Network (DEN). Sebagai alumnus program tersebut, ia mendapatkan kesempatan untuk melakukan mentoring di UWIKA.

Selama satu semester, Hesti Rosa memberikan materi dan mentoring bagi para mahasiswa melalui mata kuliah Pengantar Entrepreneurship. Mereka diminta untuk membuat tugas akhir semester.

Setiap mahasiswa diminta untuk membuat produk, melakukan riset market, BMC, perencanaan keuangan dan dokumen tahapan startup awal yang dituangkan pada pitch deck yang siap untuk dipresentasikan.

Penjurian

Setelah memberikan mentoring, Hesti Rosa juga berkesempatan untuk menjadi juri dalam penilaian tugas akhir semester itu. Dari 20 kelompok mahasiswa, terdapat enam kategori pemenang, antara lain:

  •  Most Progressive Group : Honey Lemon Refresher
  •  ⁠Most Inspiring Group : Mochi Dreams
  • ⁠Most Unique Business : DefMyUV
  • ⁠Most Innovative Business : Locapu
  • Most Solutive Business : Smell Good
  • Most Dedicated Business (Social) : Donat Kangkung

Pentingnya Mahasiswa Mendapat Mentoring dari Pengusaha 

Mentoring langsung dari pengusaha dapat memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, baik dalam hal pengetahuan dan pengalaman praktis, bimbingan dan dukungan, jaringan dan koneksi, motivasi dan inspirasi, maupun pengembangan keterampilan. 

Bagi mahasiswa yang ingin mempersiapkan diri untuk masa depan mereka dan mencapai potensi penuh mereka, mentoring dari pengusaha adalah peluang yang sangat berharga.

Mentoring langsung dari pengusaha dapat memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, di antaranya:

1. Pengetahuan dan Pengalaman Praktis:

Pengusaha memiliki pengetahuan dan pengalaman langsung di dunia bisnis yang tidak selalu diajarkan di kelas. Mereka dapat berbagi cerita tentang keberhasilan dan kegagalan mereka, memberikan wawasan berharga tentang dunia nyata, dan membantu mahasiswa memahami realitas dunia kerja.

Mahasiswa dapat belajar tentang tantangan dan peluang yang dihadapi pengusaha, dan bagaimana mereka mengatasinya. Pengalaman ini dapat membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk masa depan mereka sendiri.

2. Bimbingan dan Dukungan:

Pengusaha dapat membimbing dan mendukung mahasiswa dalam perjalanan mereka mencapai tujuan. Mereka dapat memberikan saran tentang pengembangan karir, pengembangan bisnis, dan pengembangan diri.

Mentoring dapat membantu mahasiswa meningkatkan kepercayaan diri mereka, mengatasi keraguan mereka, dan tetap fokus pada tujuan mereka.

3. Jaringan dan Koneksi:

Pengusaha dapat membantu mahasiswa membangun jaringan dengan profesional lain di bidangnya. Koneksi ini dapat membuka peluang baru bagi mahasiswa untuk magang, pekerjaan, atau kemitraan bisnis.

Mentoring dapat membantu mahasiswa memperluas jaringan profesional mereka, yang dapat bermanfaat bagi mereka di masa depan.

4. Motivasi dan Inspirasi:

Pengusaha dapat memotivasi dan menginspirasi mahasiswa untuk mengejar impian mereka. Mereka dapat berbagi kisah sukses mereka dan menunjukkan kepada mahasiswa apa yang dapat dicapai dengan kerja keras dan dedikasi.

Mentoring dapat membantu mahasiswa meningkatkan motivasi mereka dan mencapai potensi penuh mereka.

5. Pengembangan Keterampilan:

Pengusaha dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan yang penting untuk kesuksesan di dunia kerja, seperti keterampilan komunikasi, keterampilan interpersonal, dan keterampilan pemecahan masalah.

Mentoring dapat membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan mereka dan menjadi individu yang lebih siap untuk dunia kerja.
Artikel di atas merupakan ulasan singkat saat tips membuat pitch deck. Baca artikel kami lainnya yah!