KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

5 Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen Bagi Pebisnis

5 Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen Bagi Pebisnis

MEBISO.COMKunci agar para pelanggan setia terhadap produkmu adalah dengan cara mendapatkan kepercayaan mereka. Sayangnya, hal ini terkadang masih menjadi tantangan oleh para pengusaha. Untuk kamu yang saat ini masih kesulitan dalam mendapatkan kepercayaan pelanggan, artikel ini akan menyediakan 5 tips mendapatkan kepercayaan konsumen. 

Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

1. Menunjukkan Kredibilitas

Pelanggan akan percaya padamu kalau perusahaan pun berhasil menunjukkannya. Kamu bisa mulai dengan cara memenuhi seluruh janji yang kamu buat dengan pelanggan. 

Misalnya, janji untuk bertemu, atau bisa juga janji mengenai ketepatan waktu dalam memberikan produk. Hal ini ketika kamu berhasil melakukannya secara terus menerus, bisa menumbuhkan kepercayaan pada pelanggan. 

Pastikan, kamu juga benar-benar menguasai produk yang dipasarkan. Maka selanjutnya kamu bisa lebih mudah untuk meyakinkan pelanggan. 

2. Pastikan Kualitas Produk

Dari 5 tips mendapatkan kepercayaan konsumen, cara ini adalah cara wajib yang harus kamu lakukan. Adalah memastikan kualitas dari produk. Bisa dibilang cara paling ampuh untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen adalah dari kualitas produk. 

Yang perlu kamu lakukan mengenai hal ini adalah dengan menyampaikan keadaan yang sebenarnya. Tidak perlu melebih-lebihkan kualitas dari produkmu dan cukup sampaikan kondisi produk saat ini. 

Dengan begitu, pelanggan akan percaya dengan apa yang sudah kamu sampaikan dan tidak ragu untuk memilih produkmu.

3. Perkuat Dengan Bukti

Kalau dengan cara di atas ternyata kamu masih kesulitan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, maka selanjutnya adalah waktu yang tepat untuk memperkuat dengan bukti. 

Apa yang bisa dibantu dengan produkmu? Masalah apa yang bisa diselesaikan dengan produk yang kamu jual? Kalaupun perlu waktu untuk bisa membuktikannya, maka sampaikan hal itu pada pelanggan. 

Misalnya, dengan menggunakan kata-kata “manfaat dapat dirasakan setelah 7 hari penggunaan”.

4. Selesaikan Masalah Secara Profesional

Tips selanjutnya dari 5 tips mendapatkan kepercayaan konsumen adalah dengan menyelesaikan masalah secara profesional. Tidak selamanya bisnis akan lancar, suatu waktu kamu akan menemukan permasalahan dalam proses bisnismu. 

Hal itu sangat normal ketika seseorang memutuskan untuk menjalankan suatu bisnis. Untuk itu, yang perlu kamu lakukan adalah tetap tenang dan memikirkan solusi secara tepat. 

Ketika terjadi masalah atau kamu tiba-tiba mendapatkan komplain dari pelanggan, akan menjadi langkah yang tepat untuk meminta maaf pada langkah pertama. Pelanggan akan sedikit merasa tenang ketika kamu meminta maaf pertama kali. 

Selanjutnya, mulai untuk mendengarkan keluhan pelanggan. Temukan bagian yang salah dari cerita pelangganmu lalu mulai pikirkan solusi untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. 

Dengan begitu, perusahaan dan bisnismu akan terlihat lebih profesional dalam menghadapi permasalahan. Dan tentunya hal itu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

5. Membangun Komunikasi Yang Baik

Membangun komunikasi yang baik, bisa menjadi jaminan kepercayaan konsumen pada perusahaanmu. Dengan banyaknya orang yang menjadi konsumen, hal ini tetap tidak boleh terlewat. 

Caranya cukup mudah, mulai dengan membuat website atau sosial media khusus untuk pelangganmu. Dari situ kamu bisa mulai melemparkan beberapa interaksi kecil dengan pelanggan atau sekedar menanyakan kabar mereka. 

Lebih jauh lagi, kamu juga bisa mengelola keluhan pelanggan dengan lebih baik. Selanjutnya, dari interaksimu dengan pelanggan, juga bisa menjadi masukan atau evaluasi dalam memperbaiki kualitas produk. Salah satu tips yang terlewat dari 5 tips mendapatkan kepercayaan konsumen adalah dengan cara memiliki nama merek terdaftar. Dan untuk bisa mendapatkannya, kamu bisa mulai dengan menggunakan fitur Cek Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda