KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

10 Tips Untuk Meningkatkan Penjualan Di Masa Sulit

10 Tips Penjualan di Masa Sulit

MEBISO.COM – Penjualan yang menurun memang cukup menguras pikiran. Dan kalau kamu saat ini sedang mengalaminya, maka artikel tentang 10 tips untuk meningkatkan penjualan di masa sulit akan sangat membantu bisnismu. 

Tips Meningkatkan Penjualan

Berikut ini adalah 10 cara yang bisa kamu tiru untuk mempertahankan bisnis.

1. Perluas jangkauan pasar

Satu dari 10 tips untuk meningkatkan penjualan di masa sulit adalah dengan memperluas jangkauan pasar. Bisa saja saat ini adalah waktunya pelangganmu di belahan dunia lain untuk mencoba keunikan produkmu. 

2. Tingkatkan Kualitas Produk

Ketika penjualan menurun adalah waktu yang tepat untuk fokus peningkatan kualitas produk. Dan nantinya ketika kualitas produkmu sudah sempurna, kamu akan siap menyambut pelanggan baru. 

3. Kelola Pelanggan Yang Sudah Ada

Ingat, sebelumnya kamu pernah memiliki pelanggan yang setia. Jadi, inilah saat yang tepat untuk menghubungi mereka kembali dan menawarkan produkmu. 

4. Promo!

Satu langkah yang sudah sangat umum, tapi terbukti tidak pernah gagal. Kamu bisa melancarkan jurus promo ini untuk menggaet lebih banyak pelanggan. 

5. Maksimalkan Sosial Media

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memaksimalkan fungsi dari sosial media. Kamu pun bisa dengan mudah menjangkau pasar yang lebih luas.

6. Tambahkan Testimoni

Cara ini memang tidak bisa meningkatkan penjualan secara langsung, tapi setidaknya kamu sudah meningkatkan kepercayaan pelanggan yang bisa menciptakan penjualan-penjualan baru. 

7. Berikan Paket Baru

Percayalah kalau pelangganmu akan menyukai tawaran-tawaran baru yang menggiurkan. Dan inilah saatnya kamu untuk memamerkan paket baru agar pelanggan bisa membeli produkmu lebih banyak. 

8. Kenalkan Variasi Penjualan

Kalau penjualan secara online tidak berhasil, mungkin ini saatnya kamu melakukan variasi penjualan secara langsung. 

9. Garansi!

Faktanya, garansi bisa menjadi alasan seorang pelanggan memilih produk. Jadi, manfaatkan sistem garansi ini agar pelanggan tertarik memilih produkmu. Siapa yang tidak tertarik dengan barang yang berkualitas? Apalagi dijamin dengan garansi yang terpercaya. 

10. Amankan Aspek Legalitas

Ini dia langkah ke 10 tips untuk meningkatkan penjualan di masa sulit. Penurunan penjualan bisa menjadi alasan yang tepat dalam mereview aspek legalitas bisnis. Mulai dari perizinan bisnismu. Apakah semuanya sudah lengkap dan aman?

Lalu, lanjutkan dengan memantau perjanjian-perjanjian yang sudah ada dengan partner bisnismu. Bisa jadi, saat ini adalah waktu yang tepat untuk memperbarui atau justru mengakhiri perjanjian dengan partnermu itu. 

Jangan lupa juga perhatikan perlindungan KI dari bisnismu. Jika saat ini merekmu ternyata belum terdaftar, maka segeralah memproses pendaftarannya! Nantinya, ketika penjualan sudah kembali normal atau justru meningkat drastis kamu sudah tidak perlu mengkhawatirkan merekmu.

Setelah menerapkan 10 langkah di atas, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi bisnismu. Peningkatan atau penurunan penjualan itu sangat wajar terjadi, tapi sepanjang kamu sudah berusaha mengamankan bisnis melalui aspek legalitas, bisnismu dijamin aman sampai kapanpun. 

Begitupun dari segi merek, waktu yang paling tepat untuk melindunginya adalah ketika persebaran produk tidak begitu masif. Karena perlindungan merek sambil menyiapkan strategi pemasaran adalah salah satu cara yang cerdas. 

Nantinya, ketika produkmu sudah meluas dan dikenal banyak orang, kamu tidak perlu takut merekmu dicuri oleh orang lain. Jadi, masih ragu melindungi merek sebelum penjualan meningkat?Salah satu hal penting dari 10 tips untuk meningkatkan penjualan di masa sulit adalah dengan memastikan merekmu sudah aman. Pastikan keamanan merek dengan fitur Cek Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda