KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

10 Tanda Bahwa Anda Salah Menggunakan Media Sosial

10 Tanda Bahwa Anda Salah Menggunakan Media Sosial

MEBISO.COM – Sekarang ini, banyak pengusaha sudah mulai menggunakan media sosial sebagai ajang promosi. Selain banyak membantu proses promosi pengusaha, tetapi kamu perlu hati-hati juga. Karena ada aturan dalam menggunakannya. Berikut ini adalah 10 tanda bahwa Anda salah menggunakan media sosial!

Penawaran Spesial Di Waktu Biasa

Ternyata, membuat promo atau penawaran tertentu pun harus disesuaikan dengan waktu yang tertentu pula. Misalnya, seperti promo bulanan di tanggal kembar seperti yang dilakukan oleh Shopee. 

Kamu tidak bisa menggunakannya di sepanjang bulan berjalan. Dan hanya di tanggal-tanggal tertentu saja. Begitupun yang bisa kamu lakukan untuk perusahaanmu. 

Buatlah tanggal-tanggal khusus untuk memberikan penawaran spesial kepada pelangganmu. Dan jangan terapkan penawaran khusus itu sepanjang waktu. 

Pemberian Give Away Terlalu Sering

Give away yang terlalu sering juga ternyata tidak baik. Pelanggan akan menganggap hadiah-hadiah yang kamu berikan itu tidak spesial dan bisa didapatkan oleh semua orang. 

Kamu bisa membuatnya spesial dengan kuis-kuis tertentu dan berikan hadiah yang sepadan atas jawaban dari pelangganmu. Jangan lupa untuk membuat jadwal pemunculan kuis ini agar bisa dinantikan oleh pelangganmu. 

Tidak Menyampaikan  Tujuan Dengan Jelas

Di setiap postingan pada sosial media, tujuan selalu di tuliskan pada bagian call to action. Untuk bisa mencapai tujuan dengan tepat, arahkan pelanggan untuk melakukan  apa yang kamu inginkan. Misalnya, like, follow, atau sampaikan komentar. 

Tidak Memberikan Update Secara Teratur

Tujuan menggunakan media sosial itu untuk memberikan update secara teratur kepada para pelangganmu. Tanpa hal itu, pelanggan tidak akan mendapat manfaat untuk mengikuti akunmu. 

Tidak Berusaha Menambahkan Followers

Berikutnya, dari 10 tanda bahwa Anda salah menggunakan media sosial, adalah ketika tidak adanya upaya untuk menambahkan followers. Setelah memiliki akun media sosial, usahakan untuk mengelolanya dengan baik salah satunya adalah dengan cara menambahkan followers. 

Lebih Banyak Bicara Sendiri

Fungsi dari media sosial adalah agar kamu bisa berinteraksi dengan para pelanggan. Sehingga manfaatkan sebaik-baiknya agar kamu bisa berkomunikasi secara dua arah dengan pelangganmu. 

Balas secara rutin komentar-komentar dan juga pesan yang sudah masuk. Jangan lupa juga untuk sesekali menyapa pelanggan dengan fitur canggihnya. 

Hanya Menggunakan Media Sosial Untuk Iklan

Media sosial bisa membantu kamu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Tapi jangan hanya gunakan media sosial milikmu untuk sarana mengiklan. Terkadang, followers juga butuh informasi atau selingan yang bisa memberikan manfaat kepada mereka. 

Autopost Update Di Semua Sosial Media

Dari 10 tanda bahwa Anda salah menggunakan media sosial, salah satunya adalah dengan menggunakan autopost update di setiap akun media sosial yang kamu miliki. Usahakan untuk benar-benar memberikan informasi yang sesungguhnya sekaligus menarik bagi para followers. 

Belum Menentukan Merek

Agar pelanggan bisa mengenalmu dengan baik, tentunya kamu memerlukan sebutan. Kamu harus memiliki nama panggilan dulu sebelum menggunakan media sosial. Dan akan lebih baik lagi kalau kamu sudah mendaftarkan mereknya juga.

Belum Terhubung Dengan Followers

Daftarkan bisnismu pada fitur-fitur yang bisa dikenali oleh followers. Dengan begitu, setiap kali pelanggan mengunjungi lokasi bisnismu, mereka bisa menandainya pada sosial media masing-masing. 

Tentunya, hal itu bisa membuatmu semakin dikenal dengan followers dan bahkan lebih banyak orang lagi. Sempat disebutkan kalau salah satu dari 10 tanda bahwa Anda salah menggunakan media sosial adalah karena belum menentukan merek. Untuk bisa memudahkanmu segera menentukan nama merek yang aman, segera gunakan fitur Cek Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda