KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Brand Image: Pengertian, Ciri dan Manfaatnya untuk Pengusaha

Brand Image: Pengertian, Ciri dan Manfaatnya untuk Pengusaha

MEBISO.COM – Apa itu brand image? Sebagai pengusaha, kamu wajib paham mengenai istilah satu ini. Apalagi manfaatnya yang luar biasa dalam meningkatkan penjualan produk. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai istilah tersebut. 

Pengertian Brand Image

Citra atau image merupakan pendapat masyarakat terhadap produk tertentu atau secara merek tertentu. Bahkan lebih luas lagi bisa menjadi sebuah penilaian terhadap perusahaan tertentu. 

Sebuah penilaian yang baik terhadap suatu produk akan membuat konsumen merekomendasikan produk tersebut kepada konsumen lainnya. Lalu berbanding terbalik dengan citra yang buruk, hal ini juga bisa membuat konsumen mempengaruhi konsumen lain untuk tidak membeli produk. 

Salah satu ahli yang menyampaikan pendapatnya mengenai citra dari suatu produk ini adalah Freddy Rangkuti yang memberikan penjabaran sebagai berikut:

“Citra dari suatu merek adalah persepsi sekaligus asosiasi dari suatu merek yang melekat dalam ingatan konsumen.”

Selanjutnya, komponen yang bisa menjadikan suatu citra dari merek meliputi kemasan, yang di dalamnya juga termasuk nama dan logo merek, kemudian kombinasi warna dan juga skema pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. 

Artinya, citra dari suatu merek ini berkaitan dengan penilaian konsumen terhadap suatu produk yang muncul seiring berjalannya waktu akibat interaksi dari sebuah brand dengan konsumen. 

Indikator Brand Image

Agar dapat menentukan citra dari suatu merek, terdapat beberapa indikator sebagai berikut. 

1. Rekognisi

Pertama adalah mengenai bagaimana pelanggan bisa mengenali produk. Proses pengenalan produk ini bisa dari logo sebagai aset visual. Jadi, kamu perlu memiliki identitas yang kuat agar dapat menarik pelanggan sehingga mudah mengenali produkmu. 

Mengenalkan produk kepada pelanggan merupakan langkah awal untuk mendapatkan citra yang baik. 

2. Reputasi

Setelah pelanggan berhasil mengenali produk maka indikator berikutnya adalah melalui reputasi. Agar mendapatkan penilaian mengenai reputasi yang akurat, kamu bisa melakukan beberapa survei atau riset opini publik secara langsung.

Tanyakan mengenai pendapat pelanggan terhadap produkmu dan dapatkan penilaian dari pelanggan secara objektif. Untuk bisa mendapatkan reputasi yang baik, kamu perlu meningkatkan kinerja dari buyer journey

3. Kultur

Indikator selanjutnya dari brand image adalah kebiasaan dari karyawan, termasuk nilai dan norma yang berlaku pada perusahaan tersebut. Budaya yang ada pada perusahaan juga berpengaruh besar terhadap penilaian dari pelanggan. 

Jadi kamu bisa mulai membangun budaya yang baik di perusahaan agar meningkatkan reputasi perusahaan di masyarakat. Bergabunglah ke dalam beberapa kegiatan sosial sehingga mendukung citra baik perusahaan. 

Inilah yang menyebabkan perusahaan perlu menerapkan tanggung jawab sosial. Selain menjadi kewajiban bagi perusahaan kegiatan ini juga berperan dalam meningkatkan penilaian masyarakat terhadap perusahaan.  

4. Kualitas

Indikator selanjutnya berkaitan dengan kualitas dari produk maupun jasa yang kamu tawarkan. Dengan mempertahankan kualitas yang baik dari produk, pelanggan akan memberikan penilaian yang baik pula. 

Hal inilah yang kemudian sangat mempengaruhi brand image produk maupun perusahaanmu. Jadi, segeralah memperbaiki kualitas dari produk apabila kamu menemukan kekurangan. 

5. Pengalaman Pelanggan

Indikator terakhir adalah dari pengalaman pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk maupun jasamu. Dari pengalaman pelanggan inilah kamu bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan baru. 

Ingat, dari cerita pelanggan yang puas dengan kualitas produkmu, bisa mendatangkan pelanggan lain yang belum pernah mencoba produkmu. 

Manfaat Brand Image

Lalu, apa yang bisa kamu peroleh setelah mendapatkan citra yang baik dari pelanggan? Berikut ini manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah berhasil citra yang baik terhadap produk. 

1. Mendapatkan First Impression yang Baik

Hal pertama yang menjadi perhatian pelanggan pada saat memilih produk adalah kemasan atau logo. Dari sini, kamu bisa mendapatkan penilaian pertama kali sebelum pelanggan benar-benar mencoba produk. 

Untuk itu, kamu perlu membuat merek yang berkualitas. Pastikan kamu sudah mengamankan satu nama agar menjadi sebuah penilaian yang baik bagi pelanggan. 

2. Meningkatkan Kemampuan Pelanggan Mengenali Produk

Produk yang kamu pasarkan akan dianggap kuat ketika pelanggan bisa mengenalinya dengan mudah. Misalnya, ketika melihat simbol atau warna yang kamu gunakan, pelanggan bisa langsung mengerti produkmu bahkan apabila dibandingkan dengan produk lainnya. 

Ketika pelanggan sudah bisa mengenali produk hanya melalui logo, artinya produkmu sudah kuat di pasaran. 

3. Meningkatkan Kredibilitas

Dengan penilaian yang bagus dari pelanggan, kamu akan bisa meyakinkan pelanggan untuk memilih produkmu walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan produk lainnya. 

Hal ini karena pelanggan sudah memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap produkmu. Bahkan dengan brand image yang baik, kamu bisa lebih unggul dari produk lain meskipun kompetitor melakukan berbagai inovasi. 

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat lainnya, dengan memaksimalkan citra dari merekmu, kamu bisa mendapatkan loyalitas pelanggan. Artinya, seberapa banyak munculnya kompetitor baru tidak akan mempengaruhi minat pelanggan dalam memilih produkmu. 

Meski begitu, kamu tetap harus menjaga keamanan produk melalui perlindungan ekstra merek. Jangan sampai kamu melewati pendaftaran merek kompetitor begitu saja, apalagi kalau merek tersebut berpotensi mengganggu bisnismu. 

Yuk, Amankan Merek Sekarang Juga!

Kalau kamu sudah berhasil mendapatkan brand image sesuai harapan, jangan lupa untuk melindungi merekmu dari segala sisi. Sekarang, kamu sudah bisa memanfaatkan fitur khusus Perlindungan Nama Merek dari Mebiso untuk proses pengamanan merek yang lebih mudah.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda