KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Brand Recognition: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Brand Recognition: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

MEBISO.COM – Apa itu brand recognition dalam sebuah proses pemasaran? Istilah ini memiliki artian seberapa mudah pelanggan bisa mengenali merek yang kamu gunakan. Lebih jelasnya, kamu bisa menyimak artikel berikut. 

Pengertian Brand Recognition

Brand recognition adalah salah satu aspek penting dalam pemasaran. Istilah ini kerap kali digunakan untuk menunjukkan seberapa mudah dan cepat pelanggan mengenali merek. Atau, seberapa kuat pelanggan membedakan produkmu dengan produk lain yang sejenis. 

Istilah ini juga bisa diartikan sebagai kemampuan konsumen untuk mengenali merek dari produk atau layanan tertentu yang kamu tawarkan. Biasanya, konsumen akan mengenali produk hanya dengan nama, logo, atau gambar dan warna yang terdapat pada kemasan. 

Dengan begitu, brand recognition memiliki fungsi untuk meningkatkan pengetahuan umum konsumen terhadap merek sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen kepada merek. 

Dari penjelasan di atas, terdapat perbedaan brand recognition vs brand awareness yang mana, brand awareness hanya mencakup pengetahuan umum terhadap suatu merek, sedangkan recognition artinya terdapat keterlibatan kemampuan konsumen untuk bisa mengenali merek tersebut. 

Contoh Brand Recognition

Karena tahap pertama dari adanya transaksi mulai dari pengenalan suatu produk, banyak brand-brand besar yang fokus meningkatkan recognition mereknya. Misalnya, seperti merek di bawah ini. 

1. Apple

Pertama adalah perusahaan teknologi yang berhasil meyakinkan pelanggan dengan inovasinya. Usaha keras Apple untuk mendapatkan recognition dari pelanggannya hingga berhasil dikenali sebagai produk dengan desain yang sederhana dan elegan berikut logonya yang ikonik. 

2. Nike

Merek satu ini terkenal dengan produk sepatu dan pakaian olahraganya. Bukti bahwa produsen pakaian olahraga ini memiliki brand recognition yang kuat adalah saat ini pelanggannya sudah sangat mengenali merek bahkan hanya dengan melihat dari logonya yang sederhana. 

3. Coca Cola

Selanjutnya ada brand minuman yang berhasil menjadi top of mind dari para konsumennya. Hanya dengan warna merah dan putihnya, merek ini bisa dengan mudah dikenali oleh para pelanggannya. 

Manfaat Brand Recognition

Lalu mengapa para pengusaha harus melakukan banyak upaya agar mereknya bisa dikenali dengan baik? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika pelanggan berhasil mengenali merekmu dengan mudah. 

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan adalah meningkatkan kesadaran terhadap merekmu khususnya di kalangan konsumen. Kamu bisa mendapatkan kesadaran merek ini melalui iklan atau media sosial. 

2. Meningkatkan Kepercayaan

Setelah berhasil mendapatkan perhatian dari konsumen, tugas kamu selanjutnya adalah membuat konsumen percaya. Dengan terus mengenalkan produk kepada pelanggan, kamu bisa mendapatkan kepercayaan yang kuat dari pelanggan. 

Melalui kepercayaan inilah nantinya produkmu akan menjadi pilihan utama para konsumen walaupun sudah ada pilihan lainnya. 

3. Meningkatkan Loyalitas

Setelah berhasil mendapatkan kepercayaan pelanggan, selanjutnya kamu masih harus bisa membuat pelanggan loyal. Hal ini agar pelanggan bisa terus memilih produkmu walaupun ada produk lain yang bermunculan. 

Hal ini bisa kamu dapatkan dengan pengelolaan brand recognition yang baik. Dengan begitu, pelanggan selalu setia dengan merekmu. 

4. Meningkatkan Reputasi Merek

Yang tidak kalah penting, cara ini juga bisa meningkatkan reputasi merek secara keseluruhan. Alhasil, kamu bisa selalu mendapatkan penilaian yang baik dari pelanggan mengenai kualitas produk atau layanan. 

Tips Menjaga Brand Recognition

Berikutnya, agar kamu berhasil mendapatkan perhatian pelanggan, coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Buat Desain Logo yang Unik

Beberapa contoh di atas, tidak menggunakan logo yang rumit. Meski begitu, mereka berhasil mendapatkan perhatian pelanggan dan bahkan berhasil menjaga pelanggan tetap loyal. 

Kamu pun bisa meniru kesuksesan beberapa merek besar di atas dengan membuat desain logo yang sederhana namun unik sehingga pelanggan bisa terus mengingatnya. 

2. Terus Tingkatkan Kualitas Produk

Agar pelanggan bisa bertahan lama terus memilih produkmu, jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas dari produk. Dengan membuka masukan dari pelanggan, kamu akan mendapatkan saran-saran perbaikan produk setiap harinya. 

Dari sini, kamu bisa mulai menilai apa-apa saja yang perlu kamu perbaiki dan segeralah susun rencana perbaikan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa didengar dan diperhatikan pendapatnya. 

3. Manfaatkan Iklan

Sekarang ini, semua perusahaan pasti sudah memanfaatkan iklan sebagai sarana pengenalan produk dan promosi. Tapi, kamu perlu sebuah iklan yang unik dan bisa tetap melekat di benak para pelanggan. 

Kamu bisa membuat cerita mengenai produk sebagai bahan iklan untuk menarik minat pelanggan.

4. Aktifkan Media Sosial

Setelah kamu berhasil membuat akun sosial media khusus bisnis, usahakan untuk selalu rutin membuat postingan-postingan yang berkaitan dengan produk. Konten yang kamu buat pun harus menarik perhatian pelanggan. 

Jadi, jangan sekedar informasi saja, tapi selipkan beberapa hiburan yang sedang banyak diminati. 

5. Promosi dan Sponsorship

Pelanggan selalu menyukai promosi. Bahkan dengan menggunakan kata ini, postingan yang kamu buat bisa lebih mudah ditemukan dengan mudah. 

Kemudahan pelanggan dalam menemukan merekmu, justru bisa jadi bumerang ketika kompetitor mengetahui merekmu. Karena mereka bisa merebut nama merek menjadi merek mereka!

Lindungi Merekmu dari Kompetitor!

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir strategi brand recognition milikmu direbut kompetitor. Karena sekarang sudah ada tools Perlindungan Merek Bisnis dari Mebiso untuk notifikasi pendaftaran merek baru setiap harinya.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah