KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Branding UMKM: Ini Pentingnya dan Strategi Brandingnya

Branding UMKM: Ini Pentingnya dan Strategi Brandingnya

Branding UMKM adalah salah satu strategi yang sangat penting untuk dipahami oleh para pelaku usaha. Jika kamu juga menjadi salah satu pemilik UMKM, maka jangan sampai melewatkan strategi ini. 

Karena faktanya, branding UMKM yang efektif bisa memberikan dampak yang besar untuk penjualan dan perkembangan UMKM. Akan tetapi, untuk mewujudkan strategi tersebut, ada banyak hal yang harus kamu lakukan. 

Lantas, apa saja langkah strategi branding UMKM yang efektif itu? Yuk, cari tahu ulasan selengkapnya di artikel berikut ini!

Alasan Pentingnya Branding untuk UMKM 

Melansir dari laman American Marketing Association, branding adalah pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan merek di pasar dengan cara menciptakan identitas, nilai, dan persepsi yang berbeda dengan pesaing. 

Nah, dalam implementasinya branding juga tidak hanya penting untuk penjualan saja. Lebih dari itu, branding yang efektif juga akan membawa manfaat yang besar untuk UMKM. 

Inilah beberapa alasan pentingnya branding UMKM yang bisa kamu simak:

1. Membangun Loyalitas Konsumen 

Ketika kamu berhasil membangun branding yang efektif, maka loyalitas pelanggan pun akan terbentuk. Karena nantinya pelanggan akan jauh lebih memilih merk yang memang sudah dekat dengan mereka dan punya reputasi yang baik. 

Untuk jangka panjang, tentunya ini akan sangat berperan besar memastikan usahamu bisa selalu pelanggan kenali. 

2. Menguatkan Citra Usaha 

Citra usaha atau brand image adalah hal penting yang harus kamu perhatikan karena ini menyangkut pada kesan pertama pelanggan saat menilai usahamu. Tentunya kamu inginkan usahamu memiliki citra yang baik?

Pelanggan juga akan enggan untuk memilih produk dari UMKM yang citranya tidak baik. Untuk menciptakan citra yang baik inilah, kamu membutuhkan branding yang efektif dan juga konsisten. 

3. Membedakan Diri dengan Pesaing 

Dengan branding yang efektif, usaha yang kamu miliki bisa tampil beda dengan pesaing. Kamu bisa meyakinkan pelanggan agar mereka lebih memilih produk atau layanan yang kamu tawarkan daripada kompetitor. 

4. Melindungi Usaha 

Branding yang kuat juga bisa melindungi usaha secara hukum. Akan tetapi, kamu juga harus mendaftarkan merk dagang secara resmi ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dari Kementrian Hukum dan HAM RI. 

5. Mempermudah Pemasaran Produk 

Terakhir, branding UMKM yang kuat juga akan membantumu dalam pemasaran produk atau layanan. Karena ketika merek tersebut sudah konsumen kenal, maka minat mereka untuk membelinya juga akan menjadi jauh lebih besar. 

7 Strategi Branding UMKM yang Tepat 

Mengingat pentingnya membangun branding yang kuat, tentu kamu juga tidak bisa melakukannya secara asal-asalan. Ada beberapa tips branding UMKM yang tepat dan efektif untuk dilakukan, seperti: 

1. Tentukan dan Definisikan Identitas Brand 

Identitas merek umkm sangat penting untuk kamu miliki supaya UMKM bisa lebih terkenal dan melekat pada ingatan publik. Nah, identitas brand ini juga bisa terbentuk dari berbagai macam hal. 

Mulai dari pilihan gaya font, logo, color set, tagline, dan lain sebagainya yang bisa menggambarkan UMKM mu. Selain itu, pastikan juga nilai usaha juga kamu cantumkan pada identitas brand ini. 

2. Fokus Pada Konten 

Ketika membangun brand, maka jangan lupa untuk memberikan konten yang tidak hanya menarik, tapi juga bermanfaat untuk pelanggan. Di era digital marketing saat ini, konten adalah segalanya. 

Konten inilah yang akan menarik perhatian pelanggan sampai akhirnya mereka membeli produk atau menggunakan layananmu. Oleh karena itu, pastikan pada setiap konten yang kamu buat memiliki nilai manfaat bagi audiens. 

3. Buat Impresi UMKM Nomor 1  

Langkah membangun merek UMKM selanjutnya adalah dengan membuat impresi kepada pelanggan bahwa produk atau layanan yang kamu tawarkan adalah yang terbaik. 

Cara ini bisa membentuk impresi yang baik dan positif untuk usaha dalam jangka panjang. Untuk melakukannya juga tidak sulit. Kamu bisa memulainya dengan beberapa langkah seperti berikut:

  • Memberikan daftar kelebihan produk ataupun merk
  • Menampilkan produk dalam bentuk terbaik dan terlihat keren 
  • Cari kelemahan dari kompetitor dan tunjukkan bahwa produk atau layanan mu bisa menjawab kelemahan tersebut. Tapi ingat, jangan sampai terkesan merendahkan dan meremehkan pesaingnya
  • Tingkatkan keterjangkauan masyarakat terhadap brand dengan promosi yang luas

4. Pastikan Memberi Kualitas yang Baik 

Sebagus apapun strategi branding UMKM yang kamu miliki, tidak akan ada artinya jika produk atau layanan tidak berkualitas. Karena pada akhirnya, kualitas lah yang akan menentukan apakah pelanggan kembali atau tidak. 

Selain itu, kualitas yang baik juga akan membangun citra dan reputasi UMKM yang baik dalam jangka panjang. Jika sudah memiliki reputasi kualitas yang baik, maka akan jauh lebih mudah menarik pelanggan dan membangun loyalitas pelanggan. 

5. Menjalin Partnership

Salah satu strategi branding UMKM di era digital yang efektif adalah dengan menjalin kerjasama atau partnership. Bentuk dari partnership ini pun juga sangat bermacam-macam. 

Mulai dari social campaign, affiliate marketing, sponsorship, loyalty program, dan influencer. Kamu bisa memilih salah satu dari bentuk kerjasama tersebut yang paling sesuai dengan budget dan juga kebutuhan. 

Saat ini banyak orang yang memilih menggunakan influencer untuk mempromosikan UMKM mereka. Alasannya karena influencer bisa menjangkau audiens secara luas dan terbilang cukup efektif sebagai media pemasaran. 

Akan tetapi, rate card atau biaya promosi dengan influencer juga berbeda-beda tergantung dari jumlah followers yang mereka punya. Kamu bisa menentukannya sesuai dengan budget. 

6. Buat Promo yang Menarik 

Contoh branding UMKM lain yang bisa kamu terapkan adalah dengan memberikan promo yang menarik untuk pelanggan. Promosi ini bisa berupa potongan harga, cashback, gratis ongkir, dan lain sebagainya. 

Cara ini terbilang efektif sebagai media promosi. Karena siapa saja pasti menyukai promo dan sangat mudah menjangkau banyak pelanggan. 

7. Beri Pelayanan yang Maksimal untuk Pelanggan 

Terakhir, berikan pelayanan yang maksimal untuk para pelanggan. Ingat, kepuasan pelanggan adalah segalanya. Ketika pelanggan puas dan merasa senang membeli produk atau layanan UMKM mu, maka kemungkinan besar mereka akan kembali. 

Bentuk pelayanan maksimal ini juga terbilang beragam. Kamu bisa mewujudkannya dengan memberi pelayanan yang fast respon, ramah, atau menjawab semua pertanyaan dan keluhan mereka dengan baik. 

Lindungi Merk Dagang dengan Mebiso 

Branding UMKM memang sangat penting bagi para pelaku usaha. Mengingat betapa pentingnya merek dagang untuk usaha, maka pastikan kamu sudah mendapatkan perlindungan merek secara maksimal. 

Untuk perlindungan tersebut, kamu bisa mempercayakannya kepada Mebiso. Mebiso akan membantu melindungi merek dagang dari tiruan ataupun plagiasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang bisa membawa kerugian untuk usaha. 

Jadi, tunggu apalagi? Jangan sampai terlambat, segera dapatkan perlindungan merek dagang bersama Mebiso sekarang juga!

FAQ 

Apa itu branding? 

Branding adalah pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan merek di pasar dengan cara menciptakan identitas, nilai, dan persepsi yang berbeda dengan pesaing. 

Apa alasan pentingnya branding untuk UMKM?

Branding sangat penting untuk UMKM karena bisa membentuk loyalitas konsumen, menguatkan citra usaha, melindungi usaha, membedakan diri dengan pesaing, serta mempermudah pemasaran produk. 

Apa saja strategi branding UMKM yang efektif? 

Strategi branding UMKM yang efektif adalah dengan menentukan identitas brand, fokus pada konten, menjalin partnership, membuat impresi nomor satu, membuat promo menarik, sampai memberikan pelayanan yang maksimal untuk pelanggan. 

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu