KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Catat! Berikut Ini Cara Bikin Merek Sendiri Anti Gagal

Berikut Ini Cara Bikin Merek Sendiri Anti Gagal

MEBISO.COM – Siapa bilang bikin merek harus pakai jasa konsultan? Cukup pahami cara bikin merek sendiri dari artikel ini dan kamu akan berhasil menjadi pemilik merek. 

Cara Bikin Merek Sendiri

Bikin merek sendiri itu tidak harus dari seseorang yang sudah ahli. Tapi justru bermanfaat ketika seseorang sudah paham dengan produk. Orang-orang ini adalah si pemilik atau pengusaha itu sendiri. 

Itu adalah langkah pertama untuk kamu membuat merek. Mengenali produk sebelum menentukan namanya selalu ampuh untuk menciptakan pembeda. Sama seperti konsep merek itu sendiri. 

Dengan keunikan masing-masing produk, merek adalah sebagai alat bantu sehingga konsumen bisa menentukan pilihannya. Dengan begitu, cara paling mudah menentukan merek adalah dengan menggunakan dari keunikan produkmu. 

Kalau produk dan merekmu sudah unik, selanjutnya tentu akan lebih mudah. 

Langkah kedua, katakanlah kamu sudah berhasil menemukan keunikan dari produkmu. Selanjutnya kamu juga perlu membuat merek dengan unik. Caranya, hampir sama seperti ketika kamu mencari keunikan dari produk. 

Tanyakan, “apa yang tidak dipikirkan orang lain mengenai produk ini?” Salah satu rahasia sukses membuat merek sendiri adalah dengan berpikir secara berbeda dengan yang kebanyakan orang pikirkan. 

Misalnya, kalau produk utama kamu adalah air mineral. Apa yang pertama kali orang pikirkan mengenai produk ini? Beberapa kata yang secara otomatis muncul adalah “jernih”, “murni”, “segar”.

Bisa jadi saat ini semua produsen air minum menjanjikan hal yang sama. Apakah kamu akan menggunakan kata itu juga? Sebaiknya jangan. Karena kata-kata itu sangat dekat kaitannya dengan produk yang kamu pasarkan. 

Dan hal ini bukan merupakan cara membuat merek yang baik. Merek yang baik, justru adalah merek-merek yang jauh kaitannya dengan produk. Pertanyaannya, kenapa kamu harus membuat merek yang baik?

Karena sebuah merek itu harus melalui proses pemeriksaan, kriteria merek yang baik ini sudah ditentukan. Artinya, merek yang baik itu adalah merek yang pasti berhasil melalui pemeriksaan. 

Cara Bikin Merek Sendiri Berhasil

Setelah kamu membuat nama merek, hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana cara membuatnya berhasil. Karena tidak semua merek bisa berhasil dan beberapa juga sangat mungkin gagal. 

Kenapa sebuah merek bisa gagal?

Sederhananya, karena merek itu bukan merek yang baik. Tapi bagaimana suatu merek bisa menjadi merek yang baik? Untuk bisa mengetahui kalau merekmu sudah menjadi merek yang baik, coba terapkan langkah-langkah berikut ini.

1. Nama merek tidak sama dengan produk

Sudah dijelaskan di atas, kalau merek yang baik itu justru adalah merek yang tidak berkaitan dengan produk. Tapi, khusus untuk merek, penentuan produk itu tidak bisa sembarangan. Ada aturan tersendiri yang menentukan tentang produk itu. 

Aturan ini bahasanya adalah kelas merek. Jadi, untuk bisa mengetahui apakah ada kaitan atau tidak nama merekmu itu, kamu wajib cek di bagian kelas mereknya. 

2. Menyinggung atau tidak

Selain produk, kamu juga perlu memperhatikan apakah ada orang yang tersinggung atau tidak jika kamu menggunakan kata tersebut. Preferensi manusia memang sangat luas, tapi setidaknya kamu bisa menjawabnya dengan asal usul kata yang kamu gunakan itu. 

3. Cek dulu

Terakhir, berkaitan dengan merek lain. Untuk bisa menjadi merek yang berhasil, jangan lupa juga untuk melihat potensi kemiripan merekmu dengan merek yang sudah ada. 

Merek-merek yang sudah terdaftar itu juga ingin menjadi merek yang berhasil, jadi tanpa perlu mengganggu merek lain, kamu bisa membuat merekmu berhasil dengan keunikannya sendiri. 

Kamu sudah menguasai cara bikin merek sendiri, selanjutnya jangan lupa cek merekmu dulu dengan fitur Cek Merek dari Mebiso. 

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda