KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Catat! Cara Membangun Brand Yang Kuat Untuk UMKM Berikut

Cara Membangun Brand yang Kuat Cover

MEBISO.COM – Pengusaha UMKM juga sangat memerlukan cara membangun brand yang kuat. Apalagi dengan perkembangan bisnis yang sangat pesat, persaingan antar usaha pun menjadi sangat ketat. Menjadi biasa-biasa saja tidak akan cukup untuk memenangkan persaingan antar pengusaha. 

Untuk itu, dari artikel ini kamu akan mendapatkan kiat atau cara khusus yang bisa kamu terapkan dalam menjalankan branding bisnismu. 

Data Dan Fakta

Menurut keterangan dari Kementerian Koperasi dan UKM, usaha-usaha UMKM sudah menyumbangkan sebesar 60% produk domestik bruto (PDB). Tidak hanya itu saja, karena selain menyumbang mayoritas persebaran produk, ternyata UMKM juga berhasil menarik 97% tenaga kerja dalam negeri. 

Berdasarkan data terakhir, usaha UMKM di Indonesia pada tahun 2022 mencapai sampai dengan 65,5 juta unit. Bahkan hanya dalam 2 tahun terakhir, Kementerian Investasi berhasil mencatat sekitar 5,2 juta permohonan untuk pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB). 

Sayangnya, dengan prestasinya yang begitu mumpuni, UMKM sampai saat ini masih banyak menghadapi tantangan untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya.

Salah satu tantangan yang sampai saat ini sedang dihadapi adalah persaingan usaha yang semakin ketat antar masing-masing pebisnis. Dengan tingginya jumlah unit UMKM yang tercatat, akan berbanding lurus pula terhadap produk yang tersebar di pasaran. Alhasil, pelaku usaha UMKM juga perlu kiat tersendiri agar usahanya bisa terus berjalan seiring dengan persaingan yang semakin ketat. 

Salah satu kiat yang selalu menjadi fokus utama pelaku usaha adalah tentang strategi membangun brand yang kuat. Untuk itu, melalui pembahasan selanjutnya kamu akan menemukan cara membangun brand yang kuat untuk usahamu!

Cara Membangun Brand Yang Kuat

Branding adalah sebuah cara untuk bisa menunjukkan posisimu di pasaran. Sehingga untuk bisa menjadi menonjol dibandingkan dengan bisnis-bisnis serupa yang sudah ada kamu memerlukan satu ciri khas. Dengan begitu, konsumen atau pelanggan bisa dengan mudah memilih produk yang kamu pasarkan. 

Mulai dari menentukan ciri khas, kamu harus paham apa yang ingin kamu sampaikan kepada para konsumenmu kelak. Apalagi kalau bisnis yang kamu jalankan memang sudah banyak dijalankan oleh pebisnis lainnya. Sekedar memamerkan barang dan memasarkannya melalui portal online maupun offline akan sulit menjadikannya pilihan utama. 

Setelah kamu yakin dengan ciri khas yang bisa membedakan produk atau usahamu dengan pebisnis lainnya, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan nama yang paling tepat! Pastinya, konsumen akan lebih mudah mengingat produk kamu dengan menyebutkan nama atau karakter dari suatu produk. 

Tapi, tahukah kamu kalau menentukan nama untuk menonjolkan ciri khas dari produkmu itu tidak bisa sembarangan? Ada kiat-kiat tertentu dan juga batasan dari peraturan agar pelaku usaha UMKM tetap sesuai di jalurnya dalam menentukan nama usaha. 

Mau tahu apa saja kiat sukses membangun branding yang kuat? Kamu bisa menyimak penjelasan lengkap dari pakarnya langsung melalui Online Talkshow BIP Corner: Cara Ciptakan Brand Yang Aman Dan Meledak Di Pasaran yang diadakan oleh Mebiso, bekerja sama dengan Smeshub dan juga Legalku pada tanggal 11 Agustus 2023 nanti. 

Dari online talkshow ini, pengusaha akan mendapatkan insight-insight mengenai pentingnya strategi branding dan perlindungan merek dalam bisnis. Sekaligus, mendapatkan juga tips mengenai cara-cara yang bisa membantu pengusaha dalam bersaing di bidang merek dagang. Tertarik untuk mengadakan event perlindungan Kekayaan Intelektual selain cara membangun brand yang kuat? Segera diskusikan melalui nomor berikut: 082111123465.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda