KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ini Langkah Tambahan Cara Mendaftarkan Merek Di Lazada!

cara mendaftarkan merek di lazada

MEBISO.COM – Bagaimana cara mendaftarkan merek di Lazada? Pada beberapa marketplace, kamu bisa langsung memasukkan nama merek pada deskripsi produk yang ditampilkan. 

Ini adalah cara biasa yang bisa kamu lakukan, tapi di Lazada berbeda. Ada satu langkah tambahan yang bisa kamu lakukan agar nama merekmu tercantum pada aplikasi. 

Sebelum itu, mari kita pahami seluruh penjelasan yang ada di artikel ini tentang perlindungan merek pada sebuah marketplace. 

Pentingnya Perlindungan Merek Pada Marketplace

Sebelum mengetahui cara mendaftarkan merek di Lazada, kamu wajib paham tentang pentingnya perlindungan merek pada sebuah marketplace. Apalagi mayoritas kegiatan jual beli sejak pandemi sekarang sudah beralih melalui toko online. 

Tapi, ternyata banyak juga pemalsuan produk atau kecurangan lainnya yang terjadi melalui marketplace. Hal ini justru membuat kepercayaan konsumen menurun dan tentunya mempengaruhi kualitas dari marketplace. 

Karena masalah itulah, beberapa marketplace sudah mulai menyusun beberapa strategi untuk melindungi penjual dari tindakan pemalsuan. Bahkan lebih ekstrimnya lagi, ada juga yang sampai membuat program khusus penjual pemilik hak kekayaan intelektual yang sah.

Kamu pernah menjadi korban pemalsuan produk dari marketplace juga? 

Setelah membaca artikel ini, kamu akan punya langkah ampuh mencegah pemalsuan produk dari segi pelaku usaha. 

Cara Mendaftarkan Merek Di Lazada

Tidak cukup hanya dengan menempelkan gambar produk pada aplikasinya, saat ini pembeli sudah semakin cerdas. Sebelum melakukan pembelian, mereka akan lebih dulu meneliti suatu produk dari gambar yang ditampilkan. 

Tidak hanya itu, mereka bahkan membaca seluruh penjelasan maupun ulasan yang sudah di buat dari pembeli sebelumnya. Sehingga, celah untuk menjual produk palsu semakin kecil. Karena kemampuan pembeli semakin meningkat, kamu juga harus semakin kuat dalam melindungi produk. 

Salah satunya adalah dengan mendaftarkan merek. Apakah kamu bisa mendaftarkannya di Lazada? Sayangnya tidak. Lazada hanya sebuah tempat kamu bisa memasarkan produk secara virtual. 

Untuk bisa mendapatkan pengamanan ekstra, kamu perlu mendapatkan bukti pendaftaran merek dari pihak yang berwenang lebih dulu. Satu-satunya yang bisa memproses permohonanmu adalah DJKI.

Pastikan juga kamu benar-benar mendapatkan bukti permohonan yang di terbitkan dari DJKI. Lalu setelah itu kamu bisa membuat strategi perlindungan yang melibatkan Lazada. Setelah mendapatkan buktinya, kamu bisa menambahkan nama merek.

Sehingga saat ini, yang kamu tampilkan pada toko online bukan hanya foto produk tapi juga nama merek yang bahkan sudah benar-benar resmi terdaftar!

Untuk penjual-penjual yang ingin menambahkan nama merek pada aplikasi Lazada, kamu bisa langsung menuju halaman Produk yang kemudian pilih Tambah Produk untuk kemudian memasukkan nama merek pada menu Spesifikasi.

Jangan lupa, kamu akan di minta untuk memasukkan detail mereknya juga. Mulai dari nama merek, kategori merek, sampai nomor pendaftaran. Lazada juga akan meminta kamu mengisi logo merek yang kamu miliki. 

Setelah itu, Lazada akan melakukan verifikasi selama kurang lebih 48 jam untuk kemudian menerima atau menolak permohonanmu. Jangan lupa, ada kemungkinan Lazada menolak nama merek yang kamu ajukan.

Jadi pastikan merek kamu sudah sesuai dengan kaidah atau pedoman pendaftaran merek yang sudah di buat oleh pemerintah. 

Dengan memasukkan nama merek resmi yang terdaftar, kamu boleh menikmati keuntungan yang diberikan dari Lazada. Keuntungan itu adalah terhindar dari laporan pelanggaran merek sampai pemblokiran produk. 

Setelah mencatat cara mendaftarkan merek di Lazada, untuk mencegah penolakan yang timbul dari Lazada, kamu bisa coba juga fitur Cek Merek dari Mebiso.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah